Minggu, 14 Juli 2024

 


UAS Psikologi Inovasi

Berpikir Kreatif dan Perilaku Inovatif pada Mahasiswa

 Analisis dari Film MacGyver

Mata kuliah : Psikologi Inovasi

 


Oleh:

Muhammad Arba’an

21310410199

SJ

 

Dalam Mata Kuliah Psikologi Inovasi mahasiswa di tuntut menjadi individu yang berbeda dari orang lain seperti berpikir kritis, Inovatif, dan mempunyai karakteristik yang positif dimanapun berada. Banyak sekali tugas yang di berikan kepada mahasiswa agar memiliki kesibukan dan membuka pikiran dalam melihat lingkungan atau sekitar dari berbagai sudut. Hal ini membuat mahasiswa yang rajin semakin tambah rajin dan yang tidak begitu rajin menambah jenuh kesibukan tambahan.

Mungkin beberapa mahasiswa yang membuat tugas hanya asal-asalan karena memang baru di fase yang sangat sibuk dan tidak bisa mengatur waktu seperti membuat prakarya atau pengumpulan sampah kemudian di buat menjadi suatu hal yang berguna bagi kita dan orang di sekitar. Namun tidak bisa di benarkan juga apabila mahasiswa tersebut hanya asal-asalan untuk membuat tugas dan harusnya menyicil tugas tersebut agar tidak terlalu ribet. Karena kita juga harus memanfaatkan waktu untuk berfikir kreatif dan menjadi contoh bagi sekitar dalam membuat suatu karya inovatif yang bisa bernanfaar untuk sekitar.

Dalam Psikologi Inovasi mahasiswa di haruskan memiliki pola pikir kritis dan selalu ikut dalam suatu diskusi sebagai wadah atau tempat untuk saling beradu argumen agar kita bisa sama-sama belajar dan menambah ilmu serta pemahaman kita.

MacGyver dikenal sebagai pria cerdik yang bisa menyelesaikan masalah dengan alat-alat sederhana. Tokoh tersebut diperankan oleh Richard Dean Andreson.MacGyver memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah secara cerdik dan memiliki kreatifitas yang sangat tinggi. Namun dia sangat lihai dalam memahami masalah tersebut kemudian di analisis dan mencoba memecahkan masalahnya. Intinya adalah pentingnya pemahaman suatu masalah agar mudah untuk menyelesaikannya.

MacGryver memiliki kreatifitas yang tinggi untuk mensupport dirinya dalam menyelesaikan suatu masalah atau hal agar bisa lebih efektif dan mudah. Meskipun banyak sekali halangan dan rintanganya tetapi ketika memiliki niat yang sungguh-sungguh maka akan bisa di lalui.

Seperti halnya mahasiswa yang hanya asal-asalan dalam mengerjakan tugas dan mahasiswa yang sungguh-sungguh. Maka mahasiswa yang sungguh-sungguh akan mengerjakan tugasnya dengan kreatif dan memiliki inovasi dalam mengerjakan tugas yang akan mendorong diri menjadi individu yang baik.

 Daftar Pustaka

 Patimah, N., & Sarwono, S. W. (2024). *Psikologi Inovasi: Teori dan Praktik*. Yogyakarta: Penerbit Andi.

 Bell, P. A., & rekan-rekan. (1995). *Perception and Behavior: The Role of Cognitive Processes*. New York: Psychology Press.

 Anderson, R. D. (1985). *MacGyver: The Art of Problem Solving*. Los Angeles: ABC Television.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar