Kamis, 04 Juli 2024

Essay 5 - Partisipasi Lomba - Nurul Ari Hidayah


PSIKOLOGO INOVASI

ESSAY 5  PARTISIPASI LOMBA

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A



Nurul Ari Hidayah

21310410173

 SJ

Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Dalam Kamus Bahasa Indonesia perlombaan itu berasal dari kata “lomba” yang berarti adu kecepatan (berlari, berenang, dan sebagainya) sedangkan perlombaan adalah kegiatan mengadu kecepatan (keterampilan, ketangkasan kepandaian, dan sebagainya). Sedangkan secara terminologi, perlombaan adalah suatu kegiatan yang sengaja diadakan untuk mencari pemenang dan pemenang tersebut diberikan hadiah Dengan demikian yang menjadi pokok inti dalam sebuah perlombaan adalah suatu kegiatan yang diadakan yang bertujuan untuk mencari pemenang dan pemenang tersebut diberikan hadiah, yang tentunya dilakukan dengan ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh peserta perlombaan maupun penyelenggara perlombaan dan harus jauh dari segala bentukperjudian.

Dalam kesempatan kali ini, saya mencoba berpartisipasi lomba yang diadakan secara online yaitu lomba menulis puisi yang saya ikuti melalui media sosial instagram.



Sebelumnya memang saya jarang sekali dan bahkan hampir tidak pernah yang namanya mengikuti lomba lomba online seperti menulis puisi, cerpen dan lain lain. Dalam perlombaan itu sendiri yang terpenting bukanlah soal menang atau kalah. Karena dalam perlombaan, sudah pasti akan ada yang menang, dan juga ada yang akan kalah.

Ada kalanya kita harus berlomba dengan diri kita sendiri. Berjuang untuk mencapai hasil yang lebih baik dari pencapaian pribadi kita sebelumnya: untuk menjadi lebih baik dari diri kita sebelumnya. Prinsipnya, kita harus tumbuh dan berkembang menjadi insan dan pribadi yang lebih baik, setiap harinya.

Bahkan, saat kita kalah pun belum tentu kita gagal dalam menjadi insan yang lebih baik karena sesungguhnya tidak ada usaha yang sia-sia. Dari usaha dan kekalahan itu, kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran yang dapat memperkaya strategi kita dalam berusaha di perlombaan berikutnya.







 

0 komentar:

Posting Komentar