Senin, 01 Juli 2024

ESSAY 6: PENTINGNYA OLAHRAGA: Mengubah Diri Secara Positif dan Konsisten AGNES GRATIA RASZIE NAKHIETHA (23310420114)

 

Mengubah Diri Secara Positif dan Konsisten

Psikologi Inovasi Essay 6

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

2024

Dalam kehidupan, perubahan diri sering kali dianggap sebagai tantangan yang menakutkan. Namun, saya percaya bahwa setiap perubahan, sekecil apapun, memiliki potensi untuk membawa dampak positif yang besar jika dilakukan dengan konsistensi dan tujuan yang jelas. Melalui essay ini, saya akan menjelaskan pengalaman pribadi saya dalam mengubah diri secara positif, terutama melalui konsistensi dalam berolahraga, serta suka-duka yang saya alami selama proses ini.Tujuan Perubahan Diri Tujuan utama saya adalah mengembangkan kebiasaan hidup yang lebih sehat dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan melalui kegiatan olahraga teratur. Saya memilih untuk fokus pada olahraga karena selain manfaat fisiknya, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan emosional seseorang. Tujuan spesifik saya adalah melakukan olahraga minimal 1 jam setiap minggunya selama minimal 8 minggu berturut-turut sebelum ujian akhir pada Maret 2024.


 

Suka:Pada awalnya, saya merasakan kebanggaan dan kepuasan setiap kali menyelesaikan sesi olahraga. Mulai dari jogging di taman setempat, yoga di rumah menggunakan tutorial online, hingga bersepeda di akhir pekan, setiap aktivitas itu memberikan energi dan semangat baru bagi saya. Saya menikmati perubahan positif dalam tubuh saya yang semakin bugar dan pikiran yang lebih jernih setiap kali rutinitas olahraga selesai dilakukan.Duka:Namun, tantangan yang saya hadapi adalah konsistensi dalam menjaga jadwal olahraga yang telah saya tetapkan. Sibuknya rutinitas harian sering kali membuat saya merasa sulit untuk menyisihkan waktu khusus untuk berolahraga. Ada saat-saat di mana saya merasa lelah atau kurang termotivasi untuk melanjutkan, terutama di pertengahan minggu saat pekerjaan menumpuk.

 

Minggu

Kegiatan

Durasi (jam)

Total Durasi (jam)

1-2

Jogging di taman

1

1

3-4

Yoga di rumah menggunakan video tutorial

3

4

5-6

Bersepeda pagi di akhir pekan

2

6

7-8

Berenang di kolam renang umum

2

8

 

Dalam perjalanan menuju perubahan positif melalui olahraga rutin, konsistensi dan disiplin diri memainkan peran utama. Mulai dari jogging di taman setiap Sabtu pagi, saya merasakan peningkatan energi dan kesehatan fisik secara keseluruhan. Selanjutnya, yoga di rumah tiga kali seminggu membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh dan ketenangan pikiran. Bersepeda di akhir pekan memberikan manfaat fisik tambahan dan kesempatan untuk menikmati alam.Meskipun menghadapi tantangan seperti jadwal padat dan kondisi cuaca, kesadaran akan manfaat positif dari olahraga rutin mendorong saya untuk tetap konsisten. Dengan strategi adaptasi dan evaluasi terhadap kemajuan mingguan, perubahan positif dalam kesehatan dan kesejahteraan dapat dicapai secara efektif. Komitmen dalam berolahraga secara teratur juga mengilustrasikan prinsip-prinsip psikologi inovasi dalam menghadapi perubahan hidupDengan mengintegrasikan prinsip-prinsip psikologi inovasi, seperti fokus pada konsistensi, adaptasi, dan evaluasi terhadap kemajuan, kita dapat mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan pribadi dengan lebih efektif. Kesadaran akan manfaat jangka panjang dari perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten dapat menjadi pendorong kuat untuk mengatasi rintangan dan mencapai hasil yang diinginkan.Dengan demikian, melalui komitmen untuk berolahraga secara teratur, saya telah membuktikan bahwa perubahan positif dalam hidup dapat dicapai, dan hal ini memiliki implikasi yang mendalam dalam konteks psikologi inovasi.

Publikasi esai ini di Move On atau Klinik Psikologi diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembaca untuk memahami pentingnya konsistensi dan tujuan dalam mencapai perubahan diri yang positif. pengalaman saya dalam mengubah diri secara positif dan konsisten melalui berbagai kegiatan olahraga menunjukkan bahwa psikologi inovasi memainkan peran penting dalam memandu proses ini. Dengan mengintegrasikan strategi psikologi inovasi seperti pengukuran kemajuan, adaptasi terhadap tantangan, dan konsistensi dalam tindakan, saya berhasil mencapai tujuan kesehatan dan kesejahteraan yang saya tetapkan sebelumnya. Semoga essay ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca untuk menjalani perubahan diri yang positif dan berkelanjutan dalam kehidupan mereka.

0 komentar:

Posting Komentar