Sabtu, 29 Juni 2024

ESSAY 6 PSIKOLOGI INOVASI PERUBAHAN DIRI: DESTI FITRIA SUCI (21310410157)

 

ESSAY 6 MELAKUKAN PERUBAHAN DIRI

Jogging Bersama Setiap Pagi atau Sore Hari Sabtu dan Minggu

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 



 

Nama : Desti Fitria Suci

NIM : 21310410157

Kelas : Psikologi SJ

 

PROGAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

 

 

 

Di era modern ini, kesibukan dan gaya hidup yang tidak sehat seringkali membuat kita mengabaikan kesehatan fisik dan mental. Hal ini dapat berakibat pada berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas, diabetes, dan depresi. Untuk mengatasi masalah tersebut, banyak orang mulai mencari cara untuk mengubah gaya hidup mereka menjadi lebih sehat. Salah satu cara yang efektif dan mudah dilakukan adalah dengan jogging.

Saya memutuskan untuk melakukan perubahan diri dengan memulai aktivitas jogging. Awalnya, saya merasa ragu dan cemas. Saya tidak yakin apakah saya mampu melakukan jogging secara konsisten selama delapan minggu. Namun, tekad untuk menjadi pribadi yang lebih sehat dan bahagia mendorong saya untuk terus maju. Seiring berjalannya waktu, saya mulai merasakan manfaat jogging. Saya merasa lebih energik, fokus, dan bahagia. Jogging juga membantu saya untuk tidur lebih nyenyak dan mengurangi stres. Namun, di tengah perjalanan, saya juga mengalami beberapa kendala. Ada kalanya saya merasa malas dan ingin menunda jogging. Cuaca buruk juga menjadi hambatan untuk jogging di luar ruangan.

Memulai jogging pada bulan April, Minggu pertama jogging cukup menantang. Saya merasa lelah dan sakit pada otot-otot kaki. Namun, saya tidak menyerah. Saya terus berlatih dan perlahan-lahan tubuh saya mulai terbiasa. Saya melakukan jogging tiga kali seminggu, yaitu pada hari sabtu minggu ( tergantung cuaca). Durasi jogging setiap minggunya bertambah. Berikut adalah rincian kegiatan jogging saya selama delapan minggu:

Minggu 1: 2 kali jogging, masing-masing 10 menit

Minggu 2: 3 kali jogging, masing-masing 10 menit

Minggu 3: 3 kali jogging, masing-masing 15 menit

Minggu 4: 3 kali jogging, masing-masing 20 menit

Minggu 5: 3 kali jogging, masing-masing 23 menit

Minggu 6: 3 kali jogging, masing-masing 25 menit

Minggu 7: 3 kali jogging, masing-masing 27 menit

Minggu 8: 3 kali jogging, masing-masing 30 menit

Jogging adalah salah satu cara yang efektif untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Olahraga ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, jogging tetaplah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas hidup. Dengan disiplin dan komitmen, kita dapat merasakan perubahan positif dalam diri setelah melakukan jogging secara rutin. Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, seperti:

·         Meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru

·         Membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan

·         Meningkatkan mood dan mengurangi stres

·         Meningkatkan kualitas tidur

Namun, jogging juga memiliki beberapa kekurangan, seperti:

·         Membutuhkan waktu dan komitmen

·         Berisiko cedera jika tidak dilakukan dengan benar

·         Membosankan bagi sebagian orang

·         Penjelasan Kegiatan Jogging Setiap Minggunya

Pada saya mulai melakukan jogging secara rutin awalnya, saya jogging mengajak bersama dengan teman-teman saya. Menurut saya jogging bersama teman lebih menyenangakan dan menambah semangat. Saya selalu mencari waktu saat senggang dan cerah pagi atau sore hari. Pertama-tama saya hanya jogging selama 20 menit.

Salah satu permasalahan yang saya hadapi saat jogging adalah rasa malas. Terkadang, saya merasa tidak ingin berolahraga dan lebih memilih untuk beristirahat. Untuk mengatasi masalah ini, saya mencoba beberapa strategi, seperti mencari teman jogging, menentukan target yang realistis dan achievable dan memberikan reward kepada diri sendiri setelah jogging.

Strategi-strategi tersebut terbukti efektif untuk membantu saya tetap konsisten dalam jogging. Hal ini menunjukkan bahwa psikologi inovasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencapai tujuan.

Perubahan diri melalui jogging dapat dihubungkan dengan konsep psikologi inovasi. Psikologi inovasi menekankan pentingnya kreativitas, fleksibilitas, dan ketahanan dalam menghadapi perubahan. Jogging membantu saya untuk mengembangkan ketiga kualitas tersebut. Melalui jogging, saya belajar untuk menjadi lebih kreatif dalam mencari solusi untuk mengatasi rasa malas dan kendala lainnya. Saya juga belajar untuk lebih fleksibel dalam menyesuaikan jadwal jogging dengan kesibukan saya. Selain itu, jogging membantu saya untuk membangun ketahanan mental dan fisik. Saya belajar untuk tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan. Saya juga belajar untuk lebih menghargai kesehatan dan kebugaran fisik.

0 komentar:

Posting Komentar