Senin, 17 Juni 2024

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Edukasi Kesehatan Mental

 Laporan Pelaksanaan Kegiatan Edukasi Kesehatan Mental 

Dosen Pengampu :

Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA.

Disusun oleh :

Bagus Wijaya ( 22310410149)

Ellenia Ika Apriliani (22310410174)

Elvira Febrian (22310410187)

Rafiqoh Novembria (22310410181)

Rizky Liana Dewi (22310410171)


Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

2024


Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kesehatan mental merupakan komponen mendasar untuk membentuk hubungan sosial, menjaga produktivitas, keseimbangan hidup sehari hari serta hubungan seimbang dengan lingkungan. Namun masyarakat masih menganggap kesehatan mental bukan sesuatu yang penting, banyak juga stigma negatif akan kesehatan mental ini. Untuk menghilangkan stigma negatif terhadap adanya gangguan kesehatan mental, keterbukaan masyarakat mengenai gangguan kesehatan mental ini sangat diperlukan. Maka dari itu sangat dibutuhkan edukasi masyarakat bahwa menjaga kesehatan mental ini merupakan hal yang sama pentingnya seperti saat kita menjaga kesehatan fisik.

Seperti halnya yang telah kami lakukan pada tanggal 11 juni 2024 kami memberikan edukasi kesehatan mental pada siswa dan siswi di SMP dan SMA di SLB D/SLB-D1 Surakarta, pada kegiatan tersebut kami memilih topik materi self esteem. Namun selain memberikan edukasi kesehatan mental ini kami juga melakukan kegiatan lain seperti ice breaking penguin dance dan bernyanyi bersama untuk lebih membangun bonding dengan para siswa dan siswi. Kami juga melakukan sesi tanya jawab saat melakukan edukasi dan memberikan reward sebagai motivasi siswa agar lebih percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Adapun tujuan dari kegiatan Edukasi Kesehatan Mental dengan Tema Self-Esteem di SLB-D/SLB-D1 YPAC SURAKARTA antara lain:

  • Untuk meningkatkan kualitas hidup siswa dengan lebih berfokus pada kelebihan dan potensi diri.

  • Mampu menerima diri serta mengembangkan rasa keberhargaan dirinya.

  • Meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa pentingnya memperkuat harga diri dan menjaga kesehatan mental.

  • Untuk membantu siswa dalam menciptakan dan mempertahankan ikatan sosial yang kuat.

  • Untuk membantu siswa dalam penerimaan diri.

  • Mampu menjadi pribadi yang percaya diri.

Edukasi kesehatan mental ini mempunyai peranan yang penting. Dengan meningkatkan self-esteem maka setiap individu dapat mempunyai pribadi yang lebih positif dan tangguh dalam setiap kondisi yang sedang dihadapi. Self esteem juga mempunyai hubungan yang sangat erat dengan penerimaan diri seseorang. Penerimaan diri adalah kemampuan individu untuk menerima dirinya sendiri yang ditandai dengan kepercayaan diri dan keberhargaan diri. Menerima diri berarti individu menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Penerimaan diri penting guna mencapai kondisi mental yang sehat. Dengan penerimaan diri akan memudahkan remaja dalam melakukan penyesuaian sosial serta dapat menghargai dirinya sendiri dalam segala hal apapun. Penerimaan diri yang rendah berpotensi memunculkan depresi pada remaja penyandang cacat fisik.

Dengan kegiatan edukasi ini diharapkan siswa-siswi mampu meningkatkan kualitas kesehatan mental pada dirinya serta menerima dan mampu meningkatkan rasa keberhargaan pada dirinya. Kami juga sangat bersyukur dan mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya telah diberi kesempatan untuk bisa bertemu dan berinteraksi dengan para adik-adik siswa dan siswi di SLB-D/SLB-D1 YPAC SURAKARTA.


0 komentar:

Posting Komentar