Rabu, 26 Juni 2024

ESSAY 5 PSIKOLOGI INOVASI: PARTISIPASI LOMBA DIAN FADJARINI (21310410011)

ESAI 5 – Partisipasi Lomba

“Partisipasi Lomba Karya Tulis

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

 



 

 

Oleh:

Nama: Dian Fadjarini

NIM: 21310410011

Kelas: Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

 

Puisi adalah salah satu bacaan kesukaan saya. Sajak puisi disusun dengan indah dan menggunakan kata-kata bermakna konotatif. Selain suka membaca puisi, saya juga suka menulisnya, meskipun tidak untuk dibuat menjadi sebuah karya tulis. Puisi dapat melatih otak kanan yang berhubungan dengan kreativitas, inovasi, imajinasi, intuisi, dan daya cipta. Tidak heran bahwa menulis puisi merupakan salah satu hal menarik untuk dijadikan sebagai hobi. Seorang penulis puisi berusaha menyampaikan ide dan gagasannya ke dalam kalimat yang membuat para pembaca merasakan emosi yang sama. Puisi ditulis sedemikian rupa supaya mencapai estetika bahasa yang baik. Teknik pemilihan kata dapat mendorong penulis untuk berfikir kreatif dan inovatif yang diluapkan dalam sebuah tulisan. Hal ini sejalan dengan psikologi inovasi bahwa inovasi merupakan aplikasi dari kreativitas tentang ide gagasan yang di wujudkan dalam suatu hal yang nyata. Dengan kata lain, puisi merupakan salah satu wujud karya yang nyata dari proses berfikir kreatif inovatif oleh seorang penulis.

 

Pada bulan Maret-April 2024 saya mencari informasi tentang lomba puisi online. Ternyata banyak lomba puisi online yang ada di Instagram, lalu saya memutuskan untuk mengikuti lomba puisi online dari Instagram @Lumiere Publishing serta @Harasi Publisher. Ini adalah untuk pertama kalinya saya mengikuti lomba puisi. Lomba ini boleh diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan, salah satu syaratnya peserta wajib follow Instagram, like postingan, dan share informasi mengenai lomba puisi tersebut, lalu pengiriman naskah atau karya tulis dikirim lewat email.

Berikut adalah detail lomba puisi online yang saya ikuti:

 

1.      Lomba menulis puisi tema: Pulih dari Patah Hati

Penyelenggara.                            : Lumiere Publishing

Waktu pengumpulan karya.        : 4 Maret – 7 April 2024

Waktu pengumuman pemenang : 15 April 2024

Hasil.                                          : Mendapatkan e-sertifikat sebagai penulis terpilih             dengan hadiah voucher penerbitan Rp.100.000.



2.      Lomba menulis puisi tema: Lebaran di Kampung Halaman

Penyelenggara                             : Harasi Publisher 

Waktu pengumpulan karya         : 4-30 April 2024

Waktu pengumuman pemenang : 16 Mei 2024

Hasil.                                          : Mendapatkan e-piagam sebagai penulis terpilih dengan hadiah voucher penerbitan Rp.100.000.



 

 

0 komentar:

Posting Komentar