Sabtu, 29 Juni 2024

ESSAY 5 PSIKOLOGI INOVASI PARTISIPASI LOMBA: DESTI FITRIA SUCI (21310410157)

 

ESSAY 5 BERPARTISIPASI LOMBA

MENGIKUTI LOMBA PUISI DI BULAN PUASA

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 



 

Nama : Desti Fitria Suci

NIM : 21310410157

Kelas : Psikologi SJ

 

 

PROGAM STUDI PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

 

Kuliah mengikuti berpartisipasi dalam berbagai lomba telah mengajarkan saya banyak hal tentang bagaimana mengendalikan hidup dan meraih tujuan. Salah satu strategi yang diajarkan adalah dengan berpartisipasi dalam kompetisi. Kompetisi ini tidak harus selalu tentang menang, tetapi juga tentang prosesnya yang dapat membantu saya untuk belajar, berkembang, dan membangun kepercayaan diri.

Pada bulan Maret 2024 tanggal 31, saya berkesempatan untuk mengikuti dua lomba yaitu poster digital dan puisi online. Lomba pertama adalah "Lomba Cipta Puisi " yang diadakan oleh Delana.co. Lomba ini diikuti oleh puluhan hingga ratusan peserta dari seluruh Indonesia. Tema lomba adalah "Nostalgia Bulan Ramadhan". Saya terinspirasi oleh kegiatan ramadhan tahun sebelumnya. Saat mengikuti lomba tersebut, saya mendapatkan piagam penghargaan karena telah mengikutinya

Lomba kedua adalah "Lomba Poster Digital" yang diadakan oleh Rohis FEB Al Jihad. Lomba ini diikuti oleh banyak peserta dari berbagai daerah. Tema lomba adalah "Solidaritas Global untuk Palestina".

Dalam mata kuliah psikologi, ada cabang psikologi inovasi adalah cabang psikologi yang mempelajari proses kreatif dan inovatif. Partisipasi dalam kompetisi dapat membantu kita untuk mengembangkan beberapa keterampilan yang penting dalam psikologi inovasi, seperti: Kreativitas:  Menulis puisi membutuhkan kreativitas untuk menghasilkan ide-ide baru dan unik. Keberanian: Berani untuk menunjukkan karya kita kepada orang lain dan menerima kritik. Ketekunan: Terus berusaha untuk memperbaiki karya kita meskipun tidak selalu berhasil. Ketahanan:  Mampu bangkit dari kegagalan dan terus maju.

Mengikuti lomba puisi online dan poster digital adalah pengalaman yang berharga bagi saya. Saya belajar banyak tentang diri saya sendiri dan bagaimana mengembangkan keterampilan yang penting dalam psikologi inovasi. Saya percaya bahwa partisipasi dalam kompetisi adalah salah satu cara untuk merancang keberuntungan dalam hidup.

Saya harap kegiatan ini dapat menginspirasi saya maupun orang lain untuk mengikuti kompetisi dan mengembangkan diri mereka sendiri. Dengan kerja keras dan dedikasi, kita semua dapat merancang keberuntungan dalam hidup.

Kunci dalam berpartisipasi dalam lomba bisa di terapkan di kehidupan kita, seperti harus kerja keras dan tekad adalah kunci untuk mencapai kesuksesan, jangan pernah menyerah pada mimpimu, no matter how difficult it may seem. Kemudian dukungan dari orang-orang di sekitar kita sangatlah penting untuk mencapai tujuan.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar