Senin, 24 Juni 2024

ESSAY 6 PSIKOLOGI INOVASI: MELAKUKAN PERUBAHAN DIRI OLEH ALIF YUGO WICAKSONO (21310410184)

 

Melakukan Perubahan Diri

Psikologi Inovasi Essay 6 Perubahan Diri Secara Positif

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 



 Alif Yugo Wicaksono

21310410184

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Manusia bisa bertahan hidup dari berjuta-juta tahun lalu hingga saat ini karena mampu melakukan perubahan dan penyesuaian diri terhadap lingkungan tempat mereka tinggal atau bertahan hidup. Atas dasar ini, perubahan harus terus dilakukan guna mampu mengikuti perkembangan zaman yang semakin dinamis dan berubah-ubah dengan tempo yang cepat. Pada kesempatan ini, saya melakukan perubahan diri secara positif dengan melakukan olahraga lari secara teratur dengan waktu perubahan yang sudah saya tetapkan selama 10 minggu. Selama masa perubahan ini, saya selalu mencatat setiap perubahan yang terjadi.

Pada minggu pertama sampai dengan minggu ke empat, saya berhasil melakukan perubahan pada jarak yang tidak terlalu signifikan. Hal ini karena tubuh saya masih mengalami adaptasi terhadap perubahan ini. Selama empat minggu dengan waktu olahraga kurang lebih selama satu jam.

Memasuki minggu ke lima, saya berhasil tembus dengan menyelesaikan jarak 5 kilometer. Pada minggu ini, saya mulai mengalami merasakan perubahan, dibuktikan dengan penambahan jarak yang dapat selesaikan. Pada minggu ini saya mengalami rasa malas yang luar biasa. Rasa malas yang sangat memberatkan langkah saya untuk bergerak melakukan olahraga. Kebosanan yang datang, tidak henti-hentinya menahan tubuh saya untuk tidak bergerak keluar rumah. Meskipun begitu, saya tetap memaksa diri saya untuk bergerak, sesuai dengan tujuan awal saya yaitu hidup sehat.


Minggu ke enam sampai dengan minggu kesepuluh (terakhir) saya berhasil mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada minggu-minggu ini saya sudah mulai terbiasa akan perubahan ini dengan merasakan badan saya lebih sehat, ringan, dan sangat nyaman setelah melakukan olahraga lari. Walaupun dalam beberapa  kesempatan saya merasakan kebosanan akan aktivitas saya yang baru ini, tetapi saya berusaha untuk menyelesaikan target yang sudah saya buat.

Setelah selesai, saya tetap berusaha melanjutkan aktivitas ini untuk hidup lebih sehat lagi. Saya yakin dan percaya saya dapat membuat orang lain mengikuti langkah saya untuk hidup lebih sehat dengan mulai melakukan perubahan diri secara positif. Saya telah membuktikan bahwa perubahan itu bisa dilakukan, dan saya berhasil.

 

M

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

W

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

J

4

4,2

4,35

4,5

5

5,1

5,4

5,7

5,9

6,2

Keterangan::

M : Minggu

W : Waktu (Jam)

J : Jarak (Kilometer)



0 komentar:

Posting Komentar