Kamis, 04 Juli 2024

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Edukasi Kesehatan Mental - ‘’LAPORAN PELAKSANAN KEGIATAN EDUKASI KESEHATAN MENTAL PADA PENYAKIT MENULAR DAN HIV/AIDS ’’

Dosen Pengampu :

Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA.


Di Susun Oleh :

1.Finda Pensiuna Wati (22310410189)

2.Nadi Asmara (22310410156)


Program Studi Psikologi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2024


Kesehatan mental merupakan kondisi Dimana seseorang memiliki kesejahteraan emosional yang baik. Ini mempengaruhi bagaimana seseorang berfikir, merasakan, dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan mental juga membantu menentukan bagaimana seseorang menangani stress, berhubungan dengan orang lain, dan membuat Keputusan. 

Kesehatan mental yang baik penting untuk kualitas hidup secara keseluruhan, memungkinkan seseorang untuk menikmati hidup dan mengatasi tantangan dengan lebih baik. 

Dan kami, berkesempatan untuk hadir dan mengisi di acara “ Tanggap Sehat Mental dan Jasmani untuk penyakit menular dan HIV/AIDS” yang di selenggarakan bersama Dinas Kesehatan Kota Magelang dengan Komite Penangulangan AIDS (KPA). 


Kesehatan mental sangat penting bagi mereka yang terkena penyakit menular dan HIV/AIDS. Kondisi ini dapat memberikan tekanan psikologi yang signifikan, dan perhatian terhadap Kesehatan mental mereka adalah kunci untuk keseluruhan kesejahteraan dan manajemen penyakit. Berikut beberapa alasan mengapa Kesehatan mental sangat penting bagi mereka yang terkena penyakit menular dan HIV/AIDS :

  • Dukungan Emosional

Diagnosis penyakit menular atau HIV/ADIS bisa menjadi sangat menakutkan dan menimbulkan perasaan seperti kecemasan, depresi,atau bahkan stigma sosial. Dukungan emosional dari professional Kesehatan mental,keluarga, dan komunitas dapat membantu mereka mengatsi emosi tersebut. 

  • Kepatuhan dan Pengobatan

Kesehatan mental yang baik membantu pasien tetap patuh akan pengobatan mereka. Depresi dan kecemasan bisa mengurangi motivasi untuk mengikuti regimen pengobatan yang di perlukan untuk mengendalikan penyakit.

  • Pengelolaan Stigma

Stigma sosial terhadap penyakit menular dan HIV/AIDS lainnya dapat menyebabkan isolasi sosial dan penurunan harga diri. Intervensi Kesehatan mental dapat membantu individu tersebut agar dapat mengembangkan strategi untuk menghadapi stigma ini. 

Strategi untuk mendukung Kesehatan mental pada mereka yang terkait dengan penyakit menular dan HIV/AIDS, sebagai berikut :

  1. Edukasi dan Peningkatan Kesadaran 

Memberikan informasi yang akurat tentang penyakit dan perawatan bisa mengurangi ketakutan dan kesalahpahaman yang terkait dengan penyakit menular dan HIV/ADIS lainnya.

  1. Dukungan sosial 

Mendorong partisipasi dalam kelompok dukungan atau komunitas bisa memberikan rasa persahabatan dan dukungan emosional.

  1. Terapi psikologis

Layanan konseling dan psikoterapi bisa sangat membantu dalam mengatasi depresi,kecemasan, dan masalah emosional lainnya.

  1. Akses kelayanan Kesehatan mental

Menyediakan akses mudah ke layanan Kesehatan mental bagi mereka yang membutuhkan, termasuk terapi,konseling, dan program bantuan lainnya.

  1. Pendekatan holistic

Mengintegrasikan perawatan Kesehatan mental ke dalam perawatan medis secara keseluruhan, memastikan bahwa aspek psikologis dan emosional juga di perhatikan. 

Dengan demikian memperhatikan Kesehatan mental, individu yang terkena penyakit menular dan HIV/ADIS bisa memiliki kualitas  hidup yang lebih baik dan kemampuan yang lebih baik untuk mengelola penyakit mereka.

Untuk mencegah penyakit menular dan HIV/AIDS dinas Kesehatan dan Komite Penganggulangan AIDS ini mengadakan Pendidikan dan kesadaran bagi mereka yang rawan terkena. Dengan memberikan pengecekan Kesehatan berupa cek darah dan Urine,pembagian alat kontrasepsi, dan penyuluhan yang memberikan informasi tentang pencegahan dan pengobatan bagi yang terindenfikasi positif. 

Dengan demikian secara signifikan mengurangi resiko tertular penyakit menular dan HIV/AIDS. Pencegahan adalah kunci dan kesadaran serta Tindakan proaktif adalah bagian penting dalam menjaga Kesehatan diri sendiri dan orang lain, dan tentunya benar adanya menjaga Kesehatan mental pun harus wajib.

            

dokumentasi

Kata penyemangat 


“ Sejuta orang meganggap mustahil, sedangkan Tuhan membuat berhasil. Tak terbesit untuk menyerah, walaupun hanya secuil. Melewati masa sakit, manusia akan mengambil hikmah bahwa tidak ada yang lebih penting selain menjaga Kesehatan Mental kita dengan baik.”


dokumentasi


0 komentar:

Posting Komentar