Jumat, 12 Juli 2024

Esai 5 Psikologi Inovasi : Partisipasi Lomba Prabawati Tresnaning Jati (21310410175)

 

PSIKOLOGI  INOVASI

ESSAY 5  PARTISIPASI LOMBA

Prabawati Tresnaning Jati (21310410175)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

 

Keterampilan adalah kemampuan manusia untuk menggunakan pikiran, ide, dan kreativitas dalam mengerjakan sesuatu, sehingga sesuatu tersebut memiliki nilai yang lebih bermakna. Dibalik keterampilan selalu ada yang namanya proses kreatifitas, kreatifitas ini muncul dari pikiran yang kreatif. Menurut teori Wallas terdapat beberapa proses berpikir kreatif. Teori ini menekankan pentingnya asosiasi dengan ketidaksadaran dan proses yang tidak disadari. Sedangkan menurut teori Gestalt melihat kreativitas dalam konteks pemecahan masalah. Teori Gestalt mempertentangkan antara pemikiran kreatif dan pemikiran konvensional.

Salah satu cara seseorang untuk berpikir kreatif adalah dengan mengikuti ajang perlombaan. Dqri sebuah perlombaan individu akan dituntut untuk selalu berpikir kreatif untuk menuangkan segala ide yang ada di kepalanya. Berpikir kreatif melibatkan kemampuan untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menghubungkan ide-ide yang tidak terkait. Dengan berpikir kreatif, kita dapat menemukan cara baru untuk mengatasi masalah, menghasilkan produk dan layanan yang inovatif, dan menciptakan perubahan positif dalam kehidupan kita.

Pada esai kali ini saya akan sedikit menceritakan pengalaman saya dalam menuangkan ide dan gagasan saya dalam perlombaan menulis puisi. Ajang perlombaan ini memberikan kesempatan  kepada para pesertanya untuk dapat mengeksplorasi berbagai gaya kepenulisan, tema, dan gaya penyampaian yang berbeda-beda. Dalam lomba puisi peserta akan belajar menuangkan kata-kata terbaiknya pada sajak puisi yang indah.

Lomba puisi ini bukanlah yang pertama kali saya ikuti. Sejak saya duduk di bangku sekolah menengah pertama saya sudah sering mengikuti perlombaan ini. Pada kesempatan kemarin saya kembali mengikuti 2 perlombaan menulis puisi.

Perlombaan pertama yang saya ikuti adalah lomba cipta puisi yang diselenggarakan oleh Menyapa Rindu Publisher pada 26 Juni - 1 Juli 2024. Lomba ini diselenggarakan secara online dan diikuti oleh beberapa peserta dari berbagai daerah. Lomba ini pesertanya terbatas, hanya 35 orang. Pada lomba ini saya berada pada peringkat 5 dengan kategori penulis terbaik dengan judul puisi saya adalah "Tunggu Aku Pulang Sayang".



Selanjutnya pada lomba kedua ini diselenggarakan oleh PT Bara Pustaka Group, saya mengetahui informasi lomba ini dari instagram. Pada lomba kali ini pesertanya jauh lebih banyak dari lomba sebelumnya, bahkan mencapai ribuan peserta dari seluruh Indonesia. Namun karena banyaknya peserta yang mengikuti lomba ini, membuat pihak penyelenggara membutuhkan waktu yang cukup lama dalam membagikan e-sertifikat para peserta. Tema yang di angkat dalam lomba cipta puisi kali ini adalah "Rindu". Saya mengirimkan puisi dengan judul "Jarak Kita" yang berisi tentang alur kisah cinta saya yang selama ini bertarung dengan hubungan jarak jauh. Dari hubungan jarak jauh ini membuat hubungan kami berdua menjadi lebih dewasa karena harus selalu berkomitmen menjaga hubungan walaupun hanya bertemu dalam satu satun sekali.

 

 





 

 

 

 

Daftar pustaka :

Hidayati, T. N. (2011). Implementasi teori belajar Gestalt pada proses pembelajaran. Jurnal Falasifa, Vol. 2, No. 1, 1-19.

Sari, A. P., Ikhsan, M., & Saminan. (2017). Proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan model Wallas. Creativity Research Journal, Vol. 10 No. 1: 18–32.

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar