Selasa, 28 November 2023

E5 Psi.Ling DESTI FITRIA SUCI "Belajar di TPST Randu Alas"

 

KURANGI MASALAH SAMPAH DAN WUJUDAKAN KOTA YOGYAKARTA

 TANPA SAMPAH  

Psikologi Lingkungan Essay 5 Melakukan Belajar di TPST Randu Alas

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

 

Oleh:

DESTI FITRIA SUCI

21310410157

Psikologi SJ

 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Sampah menjadi masalah yang sangat serius di zaman sekarang. Banyak manusia tidak luput dari menghasilkan sampah, baik sampah mudah di urai atau sulit diurai. Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata terbaik yang dikunjungi baik warga lokal maupun asing atau manca negara. Jika, banyak sampah bertumpukan di setiap tempat, tentu wisatawan akan mengecap buruk hal itu. Terlebih lagi kita tahu bahwa akhir-akhir ini TPA di Piyungan sedang ditutup, tentu ini membuat warga Yogyakarta cemas, lalu dimana akan membuang sampah rumah tangga? Sehingga banyak di jumpai di sekitar jalan raya menjadi tempat pembuangan sampah oleh pihak yang tidak bertanggang jawab.

Mahasiswa UP45, akan mendatangi beberapa TPS, TPST terdekat untuk belajar tentang pengelolaan sampah. Saya mengunjungi TPS terdekat di tempat saya yaitu di TPS3R Mandiri Makmur yang bertempat di Minggiran RT 3 RW 10, Sendangtirto, Berbah pada hari Senin tanggal 27 November 2023 pada pukul 09.00. Tempat pengelolaan sampah 3R (TPS3R) merupakan tempat pembuangan sampah dengan konsep mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur  ulang (recycle). Pengelolaa sampah yang ramah lingkungan dan berkelanjutan mutlak dilakukan oleh semua sector. Jika, sampah yang tidak terkelola dengan baik akan mengotori Kawasan dan akan menjadi sumber penykit. Untuk itu perlu disediakan sarana dan prasrana persampahan serta teknologi yang ramah lingkungan dalam pengelolaan sampah.  TPS3R dengan pendekan reuse, reduce, dan reycle dilaksanakan mulai dari mengambil sampah dari tiap-tiap rumah, pemilahan sampah organic dan anorganik, sampai pengelolaan sampah organic yang dijadikan kompos. Dengan adanya TPS3R ini, tidak hanya persoalan pencemaran lingkunagan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang dolah tersebut.

Manajemen tingkat pengelolaan sampah di tempat penampungan sementara melibatkan beberapa langkah penting untuk menangani sampah dengan efisien dan eko-friendly. Berikut adalah beberapa poin penting dalam manajemen pengelolalan sampah TPST:

Pengumpulan sampah, sampah di kumpulkan dari berbagai nasabah bank sampah atau sumber lain seperti rumah tangga, perusahaan, sekolah, dan lain-lainnya.

Pemilahan sampah, sampah dipilah sesuai dengan jenisnya, jumlah, dan sifatnya.

Pengangkutan sampah, sampah yang telah dipilah diangkut ke TPS.

Pengelolaan sampah, sampah diangkut ke tempat pemrosesan akhir (TPA) untuk proses pengembalian sampah ke media lingkungan secara aman. 

Pemrosesan akhir, sampah yang telah diolah di TPA dikembalikan ke lngkungan dengan cara yang tepat. Seperti pembuangan sampah yang sudah di jadikan pupuk kompos.

Dari banyaknya wilayah di Yogyakarta tentu tidak cukup jika semua sampah masyarakat di olah di TPS, TPST. Maka, dari itu di himbau kepada selurah masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah madiri yang dimulai dari keluarga masing-masing, dimana setiap keluarga melakukan pemilahan sampah sejak dalam rumah tangga. Sampah anorganik di kelola di bank ampah, dan sampah organic dikelola dengan pembuatan kompos rumah tangga.



0 komentar:

Posting Komentar