Minggu, 26 November 2023

Esai 5 Belajar di TPST Randu Alas Vina Milatul Azka Psikologi Lingkungan SP

 

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA

ESSAY 5 BELAJAR DI TPST



Mengenal Lebih Dalam TPS 3R Randu Alas

Vina Milatul Azka (SP)

21310410181

Sabtu, 14 Novemeber 2023 kelas Psikologi SP melakukan kunjungan ke Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) Randu Alas yang berlokasi di Candi Karang, Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, didampingi dosen mata kuliah Psikologi Lingkungan. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen pengelolaan sampah di TPS tersebut.

TPS 3R Randu Alas dibangun pada 2015 dan mulai beroperasi pada 16 Ferbruari 2016. Latar belakang berdirinya TPS ini adalah adanya tanah kas desa yang tidak dimanfaatkan atau dipelihara dengan baik dan dijadikan tempat pembuangan sampah liar sehingga baunya tercemar. Melihat kondisi tersebut, pengurus RT dan RW yaitu Bapak Tujono dan Bapak JokoTri Waluyo tergerak untuk mengajukan proposal pembuatan TPS ke Dinas Lingkungan Hidup.

TPS Randu Alas terus mengalami perkembangan sejak awal didirikan. Kini, TPS 3R Randu Alas telah mengembangkan berbagai aktivitas untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Aktivitas tersebut meliputi pengelolaan sampah, pembuatan pupuk organik cair, budidaya magot dan pembuatan kompos.

TPS Randu Alas memiliki visi yaitu “Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat diikuti dengan peningkatan taraf ekonomi masyarakat di sekitar TPS 3R Randu Alas” serta misi yaitu “Mengelola sampah secara efektif dan efisien untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Membuka lapangan pekerjaan kerja baru untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.”

Diketahui hingga Februari 2021, TPS 3R Randu Alas memiliki kurang lebih 250 KK mitra dan 4 karyawan dengan 2 unit motor pengangkut sampah. Sampah diambil dua kali seminggu dengan iuran sebesar Rp25.000-Rp30.000/bulan. Jumlah sampah yang masuk perbulannya kurang lebih 16,37 ton dengan 2,17 ton diantarannya sampah organik. Terdapat satu unit mesin pencacah dan satu unit mesin pengoyak sampah di TPS Randu Alas. Sedangkan biaya operasional yang harus dibayarkan TPS sebesar Rp6.500.000/bulan.

Mekanisme kerja dalam proses pengolahan sampah di TPS 3R Randu Alas dimulai dengan pengumpulan sampah rumah tangga dari warga yang dikumpulkan dua kali dalam semingg. Lalu, sampah akan dipilah sesuai dengan jenisnya sebelum nantinya diolah. Jenis sampah dikelompokkan dalam kategori sampah organik, anorganik, bahan berbahaya dan beracun(B3), dan sampah residu.

Sampah organik akan diolah menjadi kompos, pupuk organik cair dan sisanya digunakan sebagai pakan. Sampah anorganik yang masih layak dijual kembali kepada pengepul untuk didaur ulang. Limbah residu yang sudah tidak dapat diolah akan dibawa ke TPST Piyungan. Pengurus TPS masih belum bisa mengolah limbah residu seperti popok bayi, pembalut wanita dan sampah B3. Sedangkan sampah B3 akan ditampung oleh TPS dalam tempat khusus.

TPS 3R Randu Alas merupakan TPS pertama di DIY yang membudidayakan maggot dengan memanfaatkan sampah organik. Saat ini, budidaya maggot di TPS sudah berjalan mandiri dan telah menerima pesanan maggot maupun prepura dari luar. Pada tahun 2021, mulai dikembangkan produk turunan maggot yaitu maggot kering dengan pendampingan dari salah satu tim PKM-PM Kontingen UGM.

TPS Randu Alas bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bremen Overseas Research & Development Association (BORDA). Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sleman, Pemerintah Desa Sardonoharjo, Paguyuban TPS Sleman, warga sekitar dan juga para Mahasiswa.

0 komentar:

Posting Komentar