Kamis, 02 November 2023

Essay UTS. Psikologi Lingkungan. Nazarudin Latif. 22310410082. SP


Persepsi dan Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

Essay Demi Memenuhi Ujian Tengah Semester

Psikologi Lingkungan

Nazarudin Latif

22310410082

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

    Sampah umumnya dihasilkan dari berbagai kegiatan manusia sehari-hari. Saat ini, sampah telah menjadi masalah yang cukup berbahaya bagi kehidupan. Bencana alam banjir seringkali terjadi akibat perilaku manusia yang membuang sampah sembarangan. Walaupun petugas kebersihan telah menjalankan tugasnya dengan optimal, namun bila perilaku masyarakat tidak mendukung penanganan sampah secara baik dan benar, maka lingkungan tetap tidak terjaga. Atas dasar itu, timbul pertanyaan serta pemikiran mengenai perilaku masyarakat terhadap sampah sebenarnya dan faktor apa yang mempengaruhi perilaku masyarakat, dengan tujuan untuk memperoleh gambaran perilaku masyarakat akan sampah beserta pengelolaannya serta mengidentifikasi faktor -faktor yang menjadi penyebab serta berpengaruh terhadap belum pedulinya masyarakat akan keberadaan sampah.

Persepsi Mengenai Kesimpulan Sampah Sangat Berkaitan dengan;

1. Persepsi Masyarakat tentang bidang tugas dan pekerjaan seseorang pengelolaan Sampah sekaligus menunjukkan domain- domain yang harus diperhatikan dalam penanganan sampah yaitu sumber/asal sampah, penyebab menumpuknya sampah, dampak dan upaya pengelolaan sampah. 

2. Kedua, Adanya pergeseran persepsi mengenai sampah yaitu semula lebih dilihat sebagai bahanbahan yang harus segera dibuang, sekarang justru dipandang sebagai bahan-bahan yang bernilai ekonomis. 

3. Ketiga, adanya komitmen yang kuat dan semua pihak tanpa kecuali dalam penanganan sampah, karena dampak yang ditimbulkannya sangat bersentuhan dengan seluruh masyarakat tanpa memandang siapa; juga diperlukan upaya konkrit dan semangat untuk menata persepsi dan perilaku masyarakat itu sendiri ke arah yang lebih balk. 

Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah

1.Pertama, Ada dua kelompok perilaku masyarakat, yaitu kelompok yang cenderung tidak mau tahu dengan aturan atau larangan yang ada, dan kelompok masyarakat yang telah menyiapkan tempat pembuangan sampah (hole) tersendiri, juga mengikuti aturan untuk mengumpulkan sampah pada jam tertentu di bak yang telah disiapkan. 

2. Kedua. Perilaku masyarakat dalam penanganan sampah dipengaruhi oleh pengetahuan dan kesadaran individu, contoh dan teladan para pemimpin, tersedianya fasilitas penampung dan pengangkut sampah, serta regulasi yang adapatif dan efektif.

0 komentar:

Posting Komentar