Kamis, 02 November 2023

Esai UTS Psikologi Lingkungan Rizky Candra Heryana 21310410155 Psikologi SP

 

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DAN PERILAKU

ORANG-ORANG TERHADAP SAMPAH DENGAN 3R BEHAVIORS

 

Psikologi Lingkungan Essay

Dosen pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


 

Nama : Risky Candra Heryana

NIM : 21310410155

Kelas : Psikologi SP

 

Fakultas Psikologi

 Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

 

Permasalahan sampah merupakan masalah lingkungan yang sangat serius dan membutuhkan perhatian serius dari berbagai pihak terutama masyarakat. Sampah menjadi persoalan yang sering kali gagal dalam hal penangannya. Perilaku konsumtif dan kurangnya kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik telah menyebabkan peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan. Namun, dengan adanya persepsi yang positif terhadap sampah dan adopsi prinsip-prinsip 3R, kita dapat mengubah perilaku kita menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

 

Persepsi terhadap sampah dapat mempengaruhi perilaku kita terhadap pengelolaan sampah. Jika kita melihat sampah sebagai sesuatu yang bernilai dan dapat dimanfaatkan kembali, kita akan cenderung lebih memilih untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah. Sebaliknya, jika kita melihat sampah sebagai sesuatu yang tidak berharga dan hanya menjadi beban, kita cenderung akan membuang sampah sembarangan tanpa memikirkan dampaknya.

 

Prinsip 3R adalah pendekatan yang dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan memaksimalkan penggunaan kembali dan daur ulang bahan. Prinsip ini melibatkan tiga langkah, yaitu mengurangi penggunaan bahan yang tidak perlu (reduce), menggunakan kembali bahan yang masih dapat digunakan (reuse), dan mendaur ulang bahan yang tidak dapat digunakan lagi (recycle). Dengan menggunakan prinsip 3R, kita dapat mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

 

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan adanya hubungan positif antara persepsi yang positif terhadap sampah dan penggunaan prinsip-prinsip 3R. Dalam penelitian ini, responden yang memiliki persepsi yang positif terhadap sampah cenderung lebih sering mengurangi penggunaan bahan yang tidak perlu, menggunakan kembali bahan yang masih dapat digunakan, dan mendaur ulang bahan yang tidak dapat digunakan lagi. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi yang positif terhadap sampah dapat mendorong perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

 

Kesimpulannya, Persepsi yang positif terhadap sampah dapat mempengaruhi perilaku orang-orang terhadap pengelolaan sampah. Dengan adopsi prinsip-prinsip 3R, seperti mengurangi penggunaan bahan yang tidak perlu, menggunakan kembali bahan yang masih dapat digunakan, dan mendaur ulang bahan yang tidak dapat digunakan lagi, kita dapat mengubah perilaku kita menjadi lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya persepsi yang positif terhadap sampah dan adopsi prinsip-prinsip 3R.

 

Daftar Pustaka

Asmara, Bunga Hendra., & Kurniawan, Andri. Persepsi masyarakat terhadap sampah dan pengelolaan sampah di Kabupaten Karanganyar. https://media.neliti.com/media/publications/222979-persepsi-masyarakat-terhadap-sampah-dan.pdf. Diakses pada 2 november 2023

Widyaningsih, Ni Ketut Ayu., & Meitriana, Made Ary. (2022). Persepsi dan partisipasi masyarakat terhadap penerapan program bank sampah pertiwi lestari di desa penyariningan. Jurnal pendidik ekonomi Vol. 10 No. 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/EKU/article/download/33863/22249. Diakses pada 2 november 2023

0 komentar:

Posting Komentar