Kamis, 30 November 2023

Essay 6 Psikologi Lingkungan "Bank Sampah" Bima Mahardika

Manfaat Indah Menjadi Nasabah Bank Sampah 

Psikologi Lingkungan Essay 6 Nasabah Bank Sampah 

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Disusun Oleh:
Bima Mahardika
 21310410189

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

 Yogyakarta


Bank Sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering dan dipilah serta memiliki manajemen layaknya perbankan tapi yang ditabung bukan uang melainkan sampah. Pada tanggal 30 November 2023 kali pertama saya mengunjungi bank sampah gemah ripah yang pada mulanya saya mencoba mencari bank sampah terdekat dari tempat saya tinggal. Ketika sampai disana saya pun mendaftarkan diri diruanh administrasi nasabah bank sampah. Sembari menunggu saya melihat beberapa karya seni dan kerajinan yang terpajang serta dijual disamping ruang administrasi, tidak hanya kesan bersih dan rapi saat berada di bank sampah gemah ripah, tetapi juga keindahan karya yang disuguhkan pun membuat mata terpana seperti tas yang terbuat dari bungkus makanan kucing dan anjing dengan tampilan gambar kucing didepan setelah di lihat ternyata terbuat dari bungkus cat food, sangat inovatif sekali. Bank sampah Gemah Ripah Bantul berlokasi di Jl. Urip Sumoharjo Dk, Jl. Badegan No.RT 12, Bejen, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55711.



Bank sampah ini mulai beroperasi sejak 2008 lalu. Kesadaran untuk dapat mengelola sampah rumah tangga secara mandiri, membuat pak Bambang Suwerda mendirikan pengelolaan sampah secara terstruktur. Melalui Bank Sampah Gemah Ripah inilah, sampah rumah tangga khususnya di Bantul kota dikelola. Cara kerja bank sampah ini cukup sederhana. Bank Sampah Gemah Ripah menerima segala macam jenis sampah rumah tangga, baik organik, non-organik, hingga minyak jelantah. Masyarakat umum dapat menjadi nasabah dengan menyetor sampah jenis apa pun, kemudian berdasarkan jenis sampah dan berat sampah yang disetorkan, kemudian mendapatkan nilai harga yang sesuai dalam buku tabungan yang dapat dicairkan ataupun ditabung kembali. Sampah-sampah yang diterima oleh Bank Sampah Gemah Ripah ini kemudian dipilah kembali.

Selanjutnya saya pun telah menabung dua kali disana yaitu menabung botol plastik dan menabung kertas karung semen, setelah memberikan barang tersebut pada petugas bank sampah selanjutnya kami diberikan struck harga hasil dari sampah tersebut yang bisa dicairkan setelah terkumpul banyak sembari menabung melalui sampah. Kami juga akan mendapat buku tabungan apabila telah mencapai 5000 rupiah penjualan dari sampah yang kita salurkan. Dari kesan asing berubah menjadi kesan menarik untuk menyalurkan sampah ke bank sampah yang saling memberi manfaat. Nasabah jadi open terhadap sampah sekaligus mendapatkan feedback dari hasil pengumpulan sampah yang sudah disalurkan di bank sampah gemah ripah Bantul.

Bank sampah gemah ripah pun mengelola sampah yang terkumpul menjadi batamg yang memiliki nilai jual kembali seperti Sampah non-organik akan diolah menjadi aneka kreasi hiasan, sampah organik akan diolah menjadi pupuk kompos. Sedangkan, untuk sampah minyak jelantah, bank sampah menggandeng pihak ketiga untuk mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel. pengelolaan bank sampah ini dapat menjadi solusi jangka panjang mengenai permasalahan sampah, terutama sampah di daerah Yogyakarta. Pengelolaan sampah rumah tangga secara mandiri terbukti ampuh untuk mengurangi beban sampah yang harus dibuang di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST), sehingga umur TPST dapat lebih panjang.

Banyak manfaat yang kita dapat ketika berkunjung dan berkontribusi dalam bank sampahsampah. Menjadi lebih sadar lagi untuk mengelola sampah mandiri serta berkontribusi kepada lingkungan untuk lebih tanggungjawab terhadap sampah yang kita ciptakan serta menyalurkannya bukan untuk membuang sampah sembarangan yang ternyata dari sampah juga bisa mendpatkan manfaat yang indah disamping rasa cinta lingkungan yang tertanam juga ada peluang penghasilan yang bisa didapatkan. tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Dalam menjalankan program bank sampah ini, ada beberapa manfaat yang dirasakan oleh masyarakat yakni membuat lingkungan menjadi bersih, menambah pendapatan sehingga masyarakat bisa menabung dan dapat membiayai pendidikan anak serta masyarakat aktif dalam mengikuti organisasi/kegiatan sosial.

0 komentar:

Posting Komentar