Senin, 27 November 2023

Essay Prestasi “Berbagi Kebaikan: Aksi Pelayanan Masyarakat Untuk Perubahan Positif”

 

“Berbagi Kebaikan: Aksi Pelayanan Masyarakat Untuk Perubahan Positif”

Psikologi Lingkungan Essay Prestasi Kegiatan Pelayanan Masyarakat

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Nama : Bastian Jan Bona Tua Siringoringo

Nim : 22310410069

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

“Berbagi kebaikan” adalah tindakan atau sikap memberi, membantu, atau memberi manfaat kepada orang lain tanpa mengharapkan imbalan atau imbalan apa pun. Ini mencakup berbagai jenis tindakan kebaikan, seperti: Contohnya termasuk dukungan emosional, membantu mereka yang membutuhkan, tindakan kecil yang  membuat orang lain bahagia, dan berpartisipasi dalam kegiatan amal dan filantropi. Berbagi kebaikan dapat diwujudkan dalam berbagai cara, baik secara individu maupun kelompok. Hal ini mencerminkan sikap empati, kasih sayang dan kebaikan  terhadap orang lain. Tindakan  kebaikan bersama dapat menciptakan ikatan sosial yang lebih kuat di antara anggota masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan kolektif. Konsep berbagi kebaikan sering kali mencakup gagasan untuk berkontribusi positif kepada dunia dan masyarakat  luas. Tindakan tersebut dapat berupa berdonasi ke badan amal, berpartisipasi dalam proyek pelayanan sosial, atau memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. Secara keseluruhan, berbagi kebaikan adalah upaya sadar untuk meningkatkan kehidupan orang lain dan menyebarkan kebaikan  tanpa pamrih apa pun. Ini adalah bagian penting dari nilai-nilai sosial dan kemanusiaan yang memperkuat hubungan antar individu dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Menurut saya berbagi makanan gratis adalah cara terbaik untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Saya merasa bahwa saya harus melakukan sesuatu  untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Inilah awal  perjalanan saya menyelenggarakan kegiatan berbagi makanan gratis. Bersama  sekelompok teman dekat, kami mengumpulkan ide dan semangat untuk mewujudkannya. Dalam berbagi kebaikan ini, saya membagikan sekitar 50 bungkus makanan secara gratis kepada beberapa Masyarakat seperti pengendara ojek online, pemulung dan pedagang pedagang kecil yang sudah tua, dan tukang parkir yang sedang beristirahat di pinggir jalan. Saya melakukan kegiatan tersebut tentunya tidak sendirian saya di bantu beberapa teman saya. Kegiatan tersebut saya lakukan mulai pukul 12.00 WIB sampai 17.55 WIB, pada tanggal 11 November 2023. Saya menyadari bahwa tindakan kebaikan yang sederhana dapat memberikan dampak yang besar.

Saat matahari mulai terbenam dan acara berbagi makanan gratis berakhir, saya merasakan rasa puas dan bahagia. Ini bukan sekedar menyediakan makanan, tapi juga membawa harapan, kehangatan dan kasih sayang kepada orang-orang yang sering  terlupakan. Sesampainya di rumah, saya teringat hari itu. Saya menyadari bahwa kegiatan sederhana seperti ini membawa kebahagiaan tidak hanya bagi penerimanya, tetapi juga bagi kita sebagai pemberi. Inilah kekuatan berbagi kebaikan, membangun hubungan yang otentik, dan menginspirasi kegembiraan dalam memberi.



0 komentar:

Posting Komentar