Selasa, 21 November 2023

Essay 4 Psikologi Lingkungan Eksperimen Sampah Ahmad Setiawan

 PEMBUATAN KOMPOS DAN ECO ENZYME DARI PENGELOLAAN SAMPAH

Essay Psikologi Lingkungan Eksperimen

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Disusun oleh :

Ahmad Setiawan (22310410094)

Psikologi SJ

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Kompos adalah bahan-bahan organik yang sudah mengalami proses pelapukan karena terjadi interaksi antara mikroorganisme atau bakteri pembusuk yang bekerja di dalam bahan organik tersebut. Pada dasarnya, proses pelapukan ini merupakan proses alamiah yang biasa terjadi di alam. Namun, proses pelapukan secara alami ini berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama, bahkan bisa mencapai puluhan tahun. Untuk mempersingkat proses pelapukan, diperlukan adanya bantuan dari manusia. Jika proses pengomposan dilakukan dengan benar, proses hanya berlangsung selama 1—3 bulan saja, tidak sampai bertahun-tahun. Pupuk organik telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Peningkatan kesadaran akan pentingnya pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan telah mendorong penggunaan dan pengembangan pupuk organik.Sementara itu, pupuk organik dapat diproduksi melalui proses pengomposan, fermentasi, atau dekomposisi bahan organik. Adapun jenis bahannya seperti daun, alang-alang, rumput, kotoran hewan, dedak padi, batang jagung, sulur, sampah sayur dan buah, ampas kopi, dan bahan organik lain. Bahan-bahan tersebut sangat mudah didapatkan di rumah, itulah yang membuat banyak orang bisa membuatnya sendiri.

KOMPOS

Mengupload: 242653 dari 242653 byte diupload.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam pembuatan kompos dari sampah organik yang sudah tidak digunakan. Pembuatan pupuk kompos ini dilakukan di kediaman rumah Dosen Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A beralamat Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman.

Langkah – langkah pembuatan kompos tersebut yaitu  :

1. Siapkan bahan dan peralatan sebelum proses pembuatan pupuk kompos

2. Kemudian campurkan merang/abu bekas bakaran ke dalam bak

3. Masukkan cairan zat ke dalam bak yang sudah dicampur

4. Aduk hingga merata 1 – 2 menit

5. Masukkan adonan sampah yang sudah disiapkan dari sampah buah – buahan dll.

6. Aduk hingga merata 1 – 2 menit

7. Lalu kemas pupuk kompos yang sudah jadi ke dalam plastik.

ECO ENZYME

Kegiatan tersebut adalah pembuatan eco enzyme. Berikut langkah – langkah pembuatannya ;

1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan

2. Pastikan wadah tersebut bersih

3. Masukkan semua limbah sayuran atau buah, gula dan air ke dalam wadah sesuai dengan takaran

4. Aduk hingga merata, lalu tutup rapat

5. Letakkan pada tempat sirkulasi udara yang baik dan tidak terkena sinar matahari

6. Simpan wadah tersebut di tempat yang aman

Kesimpulan

Dalam proses pembuatan kompos ini dapat Meningkatkan kesuburan tanah: Pupuk kompos organik memiliki nutrisi alami yang dapat meningkatkan kualitas dan kesuburan tanah. Nutrisi ini akan memberikan nutrisi penting bagi tanaman yang ditanam, sehingga menghasilkan pertumbuhan yang lebih baik .

Referensi

Cara pembuatan rumahan sederhana – Dinas lingkungan hidup kota semarang. (n.d.). Retrieved May 10, 2022, from https://dlh.semarangkota.go.id/cara-pembuatan-kompos-rumahan- sederhana/

Yuliananda, S., Utomo, P. P., & Golddin, R. M. (2019). Pemanfaatan Sampah Organik Menjadi Pupuk Kompos Cair Dengan Menggunakan Komposter Sederhana. Jurnal Abdikarya?: Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, 03(02), 159-165

 

0 komentar:

Posting Komentar