Kamis, 09 November 2023

Essay Prestasi Ikut Serta dan Memenangkan (Lomba Hari Batik Nasional)

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA





Topik

Keikutsertaan Lomba Poster Hari Batik Nasional yang diselenggarakan oleh Creativity Competition dan mendapatkan juara kategori karya kreatif.

Sumber

Pamflet lomba :

https://www.instagram.com/p/CycaFd4B9YP/?igshid=dDRxZXQwdjh4a29y

Permasalahan

Permasalahannya adalah deviasi positif dan juga negatif. Positifnya dengan mengikuti lomba ini kita bisa mengetahui kemampuan kita dan juga mendapatkan relasi sesama teman lomba dari luar daerah. Negatif nya susahnya mendapatkan desain yang sesuai dengan tema ini dan juga admin dari perlombaan ini kurang fastrespon.

Ringkasan

- Hari Batik Nasional adalah perayaan yang diadakan setiap tanggal 2 Oktober di Indonesia untuk menghormati keanekaragaman dan budaya batik yang khas. Pada hari ini, masyarakat Indonesia diharapkan mengenakan batik atau setidaknya mengenakan kain dengan motif batik sebagai bentuk apresiasi terhadap warisan budaya yang penting ini. Perayaan ini juga diadakan untuk mempromosikan dan melestarikan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Takbenda Manusia.

- Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional, Creativity Competition mengadakan lomba poster digital dan lomba lainnya dengan tema hari batik nasional. Lomba ini diselenggarakan pada tanggal 16 Oktober - 25 Oktober 2023 kemaren dan pengumuman lomba pada tanggal 27 Oktober.

 

Ringkasan

(Lanjutan)

- Dalam mengikuti lomba poster ini, langkah pertama yang saya lakukan adalah menentukan latar yang akan dipakai dan juga desain. Desain yang saya gunakan yang sekiranya belum ada di google dan belum ada di template, karena supaya lebih terlihat lagi keasliannya.

- Motivasi saya mengikuti lomba ini adalah untuk mengetahui kemampuan saya dalam mendesain poster dan juga menambah relasi. Dengan mengikuti lomba ini saya menjadi paham bahwa kreativitas juga diperlukan untuk menciptakan suatu karya.

- Suka dan duka saya dalam mengikuti lomba ini yaitu sukanya saya bisa mendapatkan hasil yang menurut saya sudah maksimal dan saya bisa memenangkan lomba ini walaupun hanya kategori karya kreatif, namun suatu kebanggaan untuk saya jika karya saya adalah salah satu awal keberhasilan. Dukanya kurangnya ilmu desain yang saya miliki menjadikan saya minder untuk mengumpulkan karya saya dan juga takut dengan saingan yang pasti lebih mahir dalam membuat desain.

Diskusi

- Untuk mengikuti lomba selanjutnya saya berharap bisa lebih mengetahui desain lebih mendalam lagi dan meningkatkan kualitas karya yang saya buat.

- Seharusnya panitia lomba bisa lebih fastrespon lagi untuk membalas pesan dari peserta karena ini sudah tanggung jawab mereka untuk aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar