Minggu, 26 November 2023

Essay Prestasi Mengikuti Lomba Futsal HMJM antar Fakultas UP 45

Syahrul Rizqi 

Nim : 22310410077

Mata Kuliah : Psikologi Lingkungan 

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundanti Shinta, MA

Universitas Proklamasi 45 YK

 


Topik

Kegiatan Perlombaan OlahragaFutsal HMJMUniversitas Proklamasi 45

Sumber

Syahrul Rizqi, Pelle Futsal, JI. Babarsari, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, 20 Juli 2023.

Ringkasan

Hmjm ( Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen) adalah sebuah wadah untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler jurusan Manajemen, akan tetapi pada acara kali ini HMJM mengdakan lomba Futsal di kampus Universitas Proklamasi, sebagai bentuk merayakan ulang tahun organisasi HMJM.

Perlombaan yang saya ikuti khusus Mahasiswa Univesitas Proklamasi. Organisasi ini baru menyelenggarakan di tahun ini, Jumlah tim ini terdiri dari 12 tim yang dimana peraturanya satu kali bermain jika kalah maka akan gugur di waktu itu juga. Jadi setiap anggota tim harus konfirmasi dulu sebelum bermain untuk mengikuti lomba,dengan membawa KTM ( Kartu Tanda Mahasiswa ) ataujuga bisa menunjukkan siakadup45 sebagai bentuk bahwa Mahasiswa Up 45.

Di Jurusan Psikologi sendiri terkait olahraga futsal jarang sekali mengadakan latihan futsal, dan jika ada lomba saja mahasiswa psikologi ingin berlatih bermain futsal, Oleh karena itu Permainan mahasiswa khususnya saya sangat bersntskan, akan tetapi sebelum perlombaandi mulai kami mengadakan pertemuan sebanyak 2 kali untuk membahas terkait lomba futsal tersebut, pertemuan yang pertama sekedar latihan dan bermain futsal bareng agar terjalin komonikasinya anatara saya dan rekan tim saya, pertemuan kedua membahas terkait startegi untuk menghapi lawan yang akan bertanding di perlombaan hmjm, yakni mendapati lawan Jurusan Hukum.

Ringkasan

(lanjutan)

Pada awal perlombaan melawan anak hukum berjalan dengan lancar dengan skor telak yakni 4-2 dimenangkan oleh tim saya, pada saat bertandingan berlangsung saya bermain di awal dengan posisi di depan, dengan kurangnya latihan fisik dan kurangnya stamina membuat saya harus berhenti di babak pertama karena kelelahan, pada waktu itu tim psikologi pada babak pertama dengan score 3-1, dan pada babak kedua dengan score 4-2,  kemenengan mutlak di pegang oleh tim psikolog.

Kemudian lolos untuk lanjut di tim berikutnya yakni melawan tim Teknik Lingkungan, pada melawan ini saya dan rekan tim saya kelelahan dikarenakan pada awal pertandingan tadi saya dan rekam tim saya sudah dikerahkansemua, jadinya di pertandingan ini kami kalah telak dengan score 9-1, dan anak teknik lingkunagn terkenal dengan futsalnya yang konsisten dan pandai dalam bermain bola. Dan akhirnya tim saya gugur saat itu juga

Permasalahan

Kurangnya persiapan seperti Latihan dan Olahraga Fisik sehingga ketika pertandingan membuat tim saya merasa kelelahan dalam waktu yang lama.

Break yang sangat cepat. Dari pertandingan satu ke pertandingan selanjutnya hanya diberi waktu sekitar setengah jam untuk beristirahat.

Opini saya

-       Dengan adanya perlombaan ini para mahasiswa Up45 menjadi saling bedekatan dan saling mengenal satu sama lain dan mengganti waktu luang menjadi kegiatan yang positif  dengan cara mengadakan lomba futsal.

Saya berharap semoga acara seperti Lomba Futsal antar Fakultas Universitas Proklamasi Diadakan secara konsisten agar menjadi habit yang positif bagi mahasiwa Universitas Proklamasi 45,




0 komentar:

Posting Komentar