Selasa, 28 November 2023

Essay 5 Belajar di TPS Randu Alas - Rosita

 

BELAJAR PENGELOLAAN SAMPAH DI TPS 3R RANDU ALAS

Psikologi Lingkungan

Essay 4 Kunjungan ke TPS Randu Alas

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA 

 

Oleh :

Rosita

22310410108


Fakultas Psikologi

UNiversitas Proklamasi 45

  

Mahasiswa semester tiga fakultas psikologi Universitas Proklamasi 45 kunjungi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) 3R Randu Alas yang berlokasi di RW.09 Dusun Candi Karang, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Minggu (04/11/2023). Selain mahasiswa dari Universitas Proklamasi 45 (UP45)  yang telah melakukan kunjungan, sebelumnya ada juga mahasiswa dari kampus Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengadakan kunjungan di TPS 3R Randu Alas ini. 

Tempat pengelolaan sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) Randu Alas adalah salah salah satu TPS 3R yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja Penyehatan Lingkungan Permukiman Berbasis Masyarakat (Satker PLPBM), Direktorat Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (Dit.PPLP), Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum. 

Sebelum berdirinya TPS 3R Randu alas, lahan TPS merupakan lokasi pembuangan sampah liar. Melihat kondisi tersebut pengurus RT dan RW tergerak untuk mengajukan proposal pembuatan TPS ke DInas Lingkungan Hidup pada tahun 2015. Setahun kemudian yaitu pada tanggal 16 Februari tahun 2016 TPS mulai beroperasi. sebelumnya pengurus RT dan RW yaitu Bapak Tujono dan Bapak Joko Tri Waluyo telah mengelola bank sampah di dusun Candi Karang. Pada awalnya, warga setempat sebenarnya belum siap untuk pendirian TPS dan masih terpaku pada sistem bank sampah, karena pengelolaan TPS harus terus berjalan sehingga dibentuklah pengurus tetap TPS. Adapun Visi dan Misi TPS 3R Randu Alas yaitu seperti pada tabel dibawah ini. 

VISI

MISI

Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat diikuti dengan peningkatan taraf ekonomi masyarakat di sekitar TPS 3R Randu Alas.

Mengelola sampah secara efektif dan efisien untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Membuka lapangan kerja baru untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki TPS Randu Alas saat ini  ada enam orang yaitu tiga orang bertugas dalam pengambilan sampah dan tiga orang bertugas memilah sampah. Proses pengolahan sampah di TPS Randu Alas diawali dengan pengumpulan sampah rumah tangga. Sampah dikumpulkan dari warga, setelah itu sampah akan diolah di TPS Randu Alas dilakukan dengan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. 


Jenis-jenis sampah yang dikelompokkan dalam kategori sampah organik, anorganik, bahan berbahaya dan beracun (B3), dan limbah residu. adapun sampah organik di TPS Randu Alas sebanyak 20% sampai 30% yang diolah menjadi kompos, pupuk organik cair (POC), dan digunakan sebagai pakan. Sampah anorganik yang masih layak dijual kepada pengepul untuk didaur ulang, hasil penjualannya digunakan untuk operasional TPS Randu Alas. jenis sampah B3 ditampung oleh TPS dalam tempat khusus. sedangkan limbah residu yang sudah tidak dapat diolah akan dibawa ke TPST Piyungan. 

TPS 3R Randu Alas memiliki jejaring dan kerjasama yaitu dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Bremen Overseas Research dan Development Association (BORDA), Dinas lingkungan hidup kabupaten Sleman, pemerintah desa Sardonoharjo, paguyuban TPS Sleman, warga sekitar, dan Mahasiswa. 

Seiring perkembangannya dari awal didirikan, TPS 3R Randu Alas kini telah mengembangkan berbagai aktivitas untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. Aktivitas tersebut mencakup pengelolaan sampah, pembuatan pupuk organik cair, pembuatan kompos, budidaya belatung/maggots , dan pembuatan Eco Lindi (hasil temuan salah satu mahasiswi UGM).

0 komentar:

Posting Komentar