Minggu, 19 November 2023

EPres Mendidik Generasi Muda Sebagai Pengajar Les - AISYAH ZULAINA

 

PERAN MAHASISWA DALAM MEMBERIKAN PELAJARAN TAMBAHAN BAGI GENERASI MUDA

Essay Prestasi Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat Dengan Mendidik Generasi Muda Untuk Indonesia Maju

Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta MA

AISYAH ZULAINA

22310410067

Psikologi SJ

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 

Selain belajar di sekolah, siswa harus belajar di luar sekolah seperti di rumah. Salah satu tujuan dari belajar di rumah adalah untuk mengulang kembali semua pelajaran yang telah mereka pelajari. Oleh karena itu, orang tua harus memotivasi dan mendampingi untuk meningkatkan prestasi belajar anak-anaknya. Namun, banyak orang tua tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk membantu anak-anaknya dalam belajar. Akibatnya, orang tua mungkin memilih untuk memberikan les privat atau belajar tambahan. Dengan harapan mampu membantu dan mengatasi kesulitan belajar pada anak seperti meningkatkan konsentrasi, meningkatkan prestasi anak, dan juga meningkatkan pemahaman anak terhadap mata pelajaran yang dianggap sulit serta mengembangkan kemampuan atau potensi yang dimilikinya. Permasalahan dalam belajar yang biasanya sering muncul yaitu mengenai keterlambatan akademik, kecepatan dalam belajar, sangat lamban dalam belajar, kurangnya motivasi dalam belajar, dan biasa bersikap buruk dalam belajar. Hal seperti itu juga mampu membuat siswa menjadi tidak dapat mengembangkan potensinya.

Saya bersyukur karena beberapa orang tua percaya pada saya untuk membantu dan mengajarkan anak-anaknya belajar. Selain merasa bangga dan senang dengan hal itu, meskipun ada tanggung jawab yang besar di dalamnya. Saya percaya bahwa pengetahuan saya dapat membantu orang-orang di sekitar saya. Karena saya bisa mendapatkan pengalaman mengajar, belajar cara menghadapi anak dengan berbagai karakter, mengasah otak, menjalin hubungan, merasa mampu memanfaatkan dan menghargai waktu, dan menambah pemasukan dengan cara ini.

Seperti hal nya ilustrasi diatas, saya memberikan pengertian dan pengajaran kepada anak sekolah dasar kelas 4 dan disebelahnya ada adik kecil juga ikut belajar. Biasanya untuk anak sekolah dasar saya menerapkan sitematika belajar dengan mengulang kembali pelajaran yang telah disampaikan disekolah, menemani dan membantu anak mengerjakan tugas seperti PR Matematika, dan menyiapkan pembelajaran yang kemungkinan keeesokannya akan dibahas disekolah. Jika aka ada ujian saya akan membuatkan beberapa soal dan pelatihan lebih intens. Sedangkan anak usia TK biasanya saya menggunakan media pembelajaran seperti kertas bermain yang didalamnya ada berbagai macam nama-nama buah, alphabet, angka dan sebagiannya. Dengan media seperti itu, akan memudahkan saya dalam memberikan pembelajaran kepada anak. Anak bisa mengenal, membaca, menulis, menggambar. Tingkat antara memberikan pembelajaran ke anak SD dengan TK juga pasti berbeda dan menggunakan media yang tidak sama.

Dalam memberikan les tambahan ini berlangsung sesuai dengan waktu yang disepakati. Pada ilustrasi diatas saya sedang memberikan pelajaran tambahan di Sabtu sore, 7 Oktober 2023 sekitar pukul 15.00 sampai dengan pukul 16.30 WIB. Waktu itu saya sedang fokus ke kakaknya, dan saya senang ketika adiknya memiliki keinginan untuk ikut belajar bersama meskipun akhirnya sibuk sendiri, hihi.  Menurut saya, itu merupakan suatu sikap yang baik dalam belajar. Memberikan suatu pembelajaran kepada anak memanglah tidak mudah tetapi bukan berarti tidak bisa.

Saya percaya bahwa salah satu bagian dari pengabdian masyarakat adalah mengajar anak-anak atau generasi muda di lingkungan kita, baik individu maupun kelompok. Pengabdian kepada masyarakat adalah serangkaian tindakan yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Cara untuk mencapai peradaban maju adalah dengan membangun masyarakat maju yang saling mempengaruhi dan saling melengkapi. Mengabdikan diri sebagai bukti tanggung jawab dan kewajibannya sebagai masyarakat berintelektual. Maka dari itu, mari teman-temanku sebagai mahasiswa kita tidak hanya menerima ilmu tetapi juga mampu untuk mentransfer ilmu positif bagi generasi muda disekitar kita. Agar Indonesia mampu mencetak generasi-generasi muda yang beretika, berakhlak dan berilmu. Dengan mendidik generasi muda sama dengan kita menyiapkan bangsa Indonesia untuk lebih maju. J

0 komentar:

Posting Komentar