Kamis, 05 Januari 2023

 

 

Perubahan diri melalui olahraga

Essay UAS

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta,M.A

Qho’isul Saufus Salfwa (20310410057)

Fakultas Psikologi

Di era modern sekarang ini, aktivitas yang dilakukan manusia sangat beraneka ragam serta begitu padat dimana mereka bersaing demi memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Pola kehidupan mereka pun berbeda-beda yang kemudian menimbulkan gaya hidup yang serba praktis serta tidak menimbulkan rasa capek maupun kelelahan berarti dalam melakukan aktivitas lain dimana sering melakukan olahraga aerobik seperti joging, bersepeda, berenang, dan latihan beban. Tetapi dari kebanyakan olahraga yang telah disebutkan, jogging menjadi olahraga yang paling sering dilakukan. Sebab jogging dilakukan dengan berlari kecil-kecil dan pelan-pelan dan selain mudah dilakukan oleh semua kalangan termasuk dari kelas atas sampai kelas bawah. Joging atau lari di atas treadmill akan lebih efektif untuk pemantauan program latihan penurunan persentase lemak tubuh dengan melakukan latihan hingga training zone latihan tertentu dapat tercapai, treadmill sendiri merupakan salah satu jenis olahraga yang akan melatih otot jantung atau disebut juga cardio. Sama seperti olahraga lari, dengan menggunakan alat treadmill ini penggunanya akan mengaplikasikan gerakan jalan, dari lambat hingga cepat dimana mempunyai nilai tambah yang yaitu dapat diatur sesuai dengan keinginan baik jalan, berlari, maupun kegiatan menanjak yang dilakukan di satu alat dan lebih meringkas efesiensi waktu yang mana dapat dilakukan kapanpun .

Sebagai penunjang efektifitas kebugaran olahraga yang saya kerjakan, saya melakukan kegiatan ini full selama 8 minggu untuk melihat perubahan apa yang saya rasakan selama melakukannya dengan rutin, kegiatan treadmill ini saya lakukan di malam hari setelah selesai bekerja sehingga secara tidak langsung dapat membuat saya mendapat nilai tambah untuk menghilangkan stress yang dikarenankan seharian bekerja  sehingga menurut saya  selain terdapat nilai tambah dari efesiensi alatnya sendiri saya juga mendapatkan nilai tambah perubahan positif kedalam diri saya dalam perilaku sehari-hari yakni adanya perubahan pada pola hidup yang lebih sehat (seperti tubuh tetapi vit, daya tahan tubuh lebih meningkat, menurunkan / meredakan tingkat stress, menjaga kesehatan kardiovaskuler, memperkuat ketahanan otot), lebih disiplin, kerjasama, memiliki kepercayaan dengan teman, tidak saling menjatuhkan teman sendiri, mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi serta memiliki ketekunan dan kebiasaan untuk selalu berfikir cepat sehingga bagi saya makna nilai tambah yang saya rasakan selama rutin menjalani aktivitas ini yaitu adanya perubahan kecil yang signifikan terhadap perubahan positif dalam kebiasaan sehari-hari baik dalam kehidupan pribadi, kegiatan sosial serta kegiatan yang menyangkut tentang karir sehingga mebuatnya menjadi nilai tambah yang bermakna dalam segala hal.

Aktivitas ini akan saya lakukan secara berkala meskipun tidak lagi mengikuti mata kuliah psikologi inovasi dimana diantara nya dengan cara tidak malas dalam melakukan olahraga ini meskipun mempunyai pekerjaan yang memakan waktu padat dimana saya akan menyisihkan setidak nya 1 jam setelah pulang kerja pada sore atau malam hari untuk melakukna olah raga ini, untuk kemungkinan  terburuknya meskipun tidka dapat dilakukan setiap hari maka akan saya lakukan setidaknya pada akhir pekan.

Pelaksanaan kegiatan olahraga treadmill yang saya lakukan telah berkaitan dengan readiness to change (kesiapan untuk perubahan) dimana ha ini saya sudah siap untuk melakukan perubahan terhadap diri dengan menunjukkan perilaku menerima dan menaati kegiatan olahraga treadmill ini secara teratur dan konsisten sehingga saya menganggap bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai sebuah ancaman.

 

.

DAFTAR PUSTAKA

Archer D, Coulson M (2009). Practical Fitness Testing. Published by A&C Black
Publishers Ltd Soho Square, London

Megha S Sheth, M. T. (2014). Effect Of Cycling Versus Treadmill Walking On Function And Quality Of Life In Patients With Osteoarthritis Of Knee. International Journal of Medical Science and Public Health , 1393-1397

0 komentar:

Posting Komentar