Jumat, 06 Januari 2023

JOGGING, UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI

 Essay Ujian Akhir Semester

Psikologi Inovasi

(Semester Ganjil 2022/2023)

Lilian Diva Ramadhani (20310410014)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Jogging adalah aktivitas lari santai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Meski terlihat sederhana, olahraga jogging perlu dilakukan dengan benar untuk mengurangi risiko cedera. Jogging adalah salah satu latihan lengkap yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk mempersiapkan tubuh guna mendapatkan latihan intens dan aktivitas fisik lainnya. Tentunya, ada banyak manfaat dari aktivitas fisik ini pada tubuh, salah satunya adalah menurunkan berat badan dengan membakar kalori berlebih. 

1. Meningkatkan produktivitas
manfaat dari jogging di pagi hari adalah mampu meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Hal ini karena olahraga dapat memberikan stimulasi mental dan fisik. Setelah berlari, endorphin dan adrenalin lebih banyak mengalir ke seluruh tubuh yang menghasilkan perasaan senang yang mampu bertahan selama berjam-jam setelah aktivitas fisik ini dilakukan.
2. Meningkatkan Kesehatan Jantung
Sebuah penelitian menyebut jika pelari memiliki risiko kematian dini 27% lebih rendah dan risiko kematian akibat masalah kardiovaskular 30% lebih rendah. Hal ini berlaku untuk semua orang, tidak tergantung seberapa cepat atau lamanya berlari.
3. Kesehatan Sendi Yang Lebih Baik
Selain itu, manfaat jogging adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Saat mulai jogging, tulang merasakan tekanan dan beban sehingga terbiasa akan hal tersebut dan menjadi lebih kuat. Saat tulang lebih kuat, trauma dan cedera tulang dapat dicegah. Dengan meningkatnya ketebalan tulang, beberapa masalah tulang dapat dihindari, seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.
4. Meningkatkan Kualitas Tidur
 Disebutkan jika seseorang yang berolahraga di pagi hari mendapatkan tidur yang nyenyak dibandingkan seseorang yang berolahraga di sore atau malam hari. Manfaat jogging di pagi hari juga dapat membuat seseorang membangun rutinitas tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Saya melakukan kegiatan ini 1 minggu sekali kadang juga 2 minggu sekali karena pengaruh cuaca dan adanya kepentingan pribadi. kegiatan ini saya lakukan sebanyak 8 kali. di setiap minggunya saya melakukan penambahan intensitas lari sejauh 200 meter dengan jarak pertama saya melakukan kegiatan ini sejauh 1 kilometer. Alasan saya memilih kegiatan ini karena saya sering melakukannya walaupun tidak begitu sering. kegiatan ini juga menurut saya yang mudah dilakukan, selain itu tidak memakan banyak biaya, karena bisa dilakukan di lapangan, distadion, embung, atau bisa juga dilakukan di lingkungan komplek perumahan. kegiatan olahraga ini dapat melatih konsistensi diri dan memberikan kegiatan positif yang lebih bermanfaat.  joging yang dikerjakan secara sistematis, terukur,
maju dan berkelanjutan akan memberi pengaruh pada seluruh sistem di tubuh, Kerja seluruh sistem di tubuh, menopang kebugaran karenanya jelas latihan joging akan memberi pengaruh pada kebugaran. 

Menurut saya, melaksanaan kegiatan olahraga itu juga berkaitan dengan readiness to change (kesiapan untuk berubah)Kesiapan individu dalam berubah ialah seberapa besar individu secara kognitif dan emosional menampilkan penerimaan dan usaha untuk dapat melaksanakan rencana dalam rangka melakukan perubahan terhadap kondisi saat itu.

 


REFERENSI

Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseBased on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index. 

0 komentar:

Posting Komentar