Jumat, 06 Januari 2023

PERUBAHAN DIRI DENGAN BEROLAHARGA

 PERUBAHAN DIRI DENGAN BEROLAHARGA


Essay Ujian Akhir Semester Tahun 2022/ 2023

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Indri Valeni (20310410050)

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta







    Jenis olahraga yang saya lakukan untuk kegiatan perubahan diri adalah dengan melakukan  jogging. Saya memilih kegiatan perubahan diri tersebut karena menurut saya dengan melakukan olahraga jogging dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan stamina daya tubuh. Joging merupakan latihan yang cocok bagi seluruh kelompok umur, di samping itu' berdasarkan hasil percobaan joging merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kebugaran jasmani (Vitale, 1973:129).

    Untuk nilai tambahannya sendiri kegiatan jogging dapat membangun ketangguhan mental dan bisa lebih kuat untuk menghadapi tantangan-tantangan dalam hidup serta dapat memicu pelepasan hormon endorfin oleh tubuh, sehingga timbul rasa senang mirip euforia saat selesai berlari dan bermanfaat mengurangi stres.

    Selama 8 minggu saya berusaha melakukan kegiatan olahraga tanpa terputus. Alasan tidak pernah putus dalam melaksanakan kegiatan olahraga tersebut karena  aktivitas fisik dapat mampu mengurangi lemak tubuh serta membangun massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Dan disertai dengan asupan nutrisi yang sesuai, olahraga dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus mencegah obesitas sebagai pemicu berbagai penyakit. 

    Alasan saya melakukan kegiatan olahraga tersebut karena saya sangat menyukai kegiatan tersebut. Dan dari kegiatan jogging pun saya juga dapat tambahan nilai dari kegiatan sepele tersebut dapat merubah diri agar menjadi sehat dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

   Makna untuk perubahan diri dengan melakukan kegiatan olahraga jogging manfaatnya juga bukan cuma fisik saja, namun  untuk meningkatkan kualitas hidup. Olahraga ini jikadilakukan secara teratur juga dapat membuat diri kita lebih percaya diri, dan  Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya bersama-sama. Adapun cara yang penulis lakukan agar tetap melakukan kegiatan ini meskipun sudah tidak mengambil mata kuliah Psikologi Inovasi yaitu tetap konsisten meluangkan waktu setiap minggunya untuk berolahraga, sehingga nantinya akan menjadi kebiasan yang biasa dilakukan, memotivasi diri terkait pentingnya dan manfaat dari berolahraga secara teratur.

    Adapun cara agar kegiatan olahraga tetap dilaksanakan meskipun sudah tidak mengambil mata kuliah psikologi inovasi yakni tetap dijadikan kebiasaan dengan menjadikan kegiatan olaharga ini sebagai kegiatan sehari-hari sesuai jadwal dan waktu yang telah diatur, selalu konsisten untuk menunjang motivasi olahraga. Konsisten merupakan harus fokus dengan tujuan awal ingin melakukan olahraga karena apa dengan begitu akan menumbuhkan komitmen dalam diri sendiri untuk tetap melakukan kegiatan olahraga dengan goals yang ingin dicapai. Maka dari itu pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kapasitas diri sendiri alangkah lebih baiknya memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kapasitas diri sendiri. Alangkah baiknya memilih jenis olahraga sesuai keinginan atau hobi dan minatan yang kita sukai, ajaklah teman-temanmu dan keluargamu untuk melakukan aktivitas olahraga agar menumbuhkan rasa semangat untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

    Untuk pelaksaan readiness to change  berkaitan dengan apa yang berubah setelah melakukan jogging, bagaimana proses perubahan itu, di lingkungan seperti apa perubahan ini terjadi dilingkungan kampus, masyarakat, serta menaati peraturan yaitu peraturan bahwa kegiatan perubahan diri ini harus dapat dilakukan secara rutin, karena jika tidak teratur melaksanakan kegiatan tersebut  maka hasil atau prosenya  akan lama berubahnya dan konsisten sehingga saya menganggap bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai sebuah ancaman.


DAFTAR PUSTAKA : 

Schurink, Johan dan Tel, Sjouk. 1987. "Joging. Jakarta: PT Rosda Jayaputra.

Vitale, Fr'fnk. 1973. lndividualized Fitness Program. Englewood Cliffs New Jersey: Prentice-Hall, Inc.


0 komentar:

Posting Komentar