Jumat, 06 Januari 2023

SUKSES MERUBAH DIRI DENGAN BEROLAHRAGA SEPEDA DAN SEPAKBOLA

 SUKSES MERUBAH DIRI DENGAN BEROLAHRAGA SEPEDA DAN SEPAKBOLA

Essay Ujian Akhir Semester Ganjil 2022/2023

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Ikhsan Arifudin (20310410029)

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A.

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA



    Merubah diri menjadi lebih baik sehat dan kuat banyak cara yang dapat dipilih. Saya memilih program berolahraga dengan bersepeda dan sepakbola. Program latihan ini saya lakukan selama 8 minggu sebagai permulaan dengan harapan akan menjadi sebuah kebiasaan sehat untuk diri saya kedepannya.

    Bersepeda dan sepak bola adalah olahraga yang banyak memakan kalori karena termasuk kategori kardio dalam olah raga. Saya memilih olahraga tersebut karena menurut saya dengan bersepeda dan sepak bola semua otot tubuh dari kepala sampai ujung kaki dapat bergerak secara merata. Setiap kali saya akan bersepeda dan sepakbola maka saya akan lebih dulu melakukan penguluran otot/pemanasan terlebih dahulu agar menghindari cedera pada saat berolahraga nantinya.

    Kebiasaan melakukan penguluran otot/pemanasan sebelum melakukan olahraga berat sangat penting dan baik untuk tubuh. Otot yang lebih dulu dilatih penguluran akan merasa lebih siap dan nantinya ketika berolahraga berat tidak akan terjadi yang namanya cedera otot/otot kaget.

    Saya berkomitmen untuk tetap terus melanjutkan program olahraga ini dan tidak hanya berhenti di 8 minggu saja. Saya lebih meniatkan diri bahwa olahraga itu manfaatnya sangat besar untuk diri saya, bukan hanya sekadar terpaksa untuk menopang nilai saja.

    Olahraga bersepeda dan sepak bola yang saya lakukan ini merupakan salah satu komitmen saya untuk merubah diri saya yang dahulu senang berolahraga yang kemudian berhenti lama dan kini saya akan kembali seperti dulu dengan senang dan rutin berolahraga demi kesehatan badan saya.

    Hal yang dapat saya sampaikan sebagai wujud komitmen saya untuk merubah diri dengan berolahraga salah satunya dengan yang biasanya setiap weekend saya bersepeda sejauh 20km di minggu berikutnya saya menambah menjadi 25km. Sesekali saya beristirahat untuk memulihkan otot saya agar tidak terforsir dan menghindari cedera otot.

0 komentar:

Posting Komentar