Jumat, 06 Januari 2023

PENTINGNYA OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN TUBUH

 

PENTINGNYA OLAHRAGA DALAM UNTUK KESEHATAN TUBUH

Essay untuk Ujian Akhir Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu        : Dr., Dra. Arundati Shinta MA

Nama                           : Thadika Oudy Amaya

NIM                            : 20310410048

Kelas                           : Psikologi B


    Hai, perkenalkan nama saya Thadika Oudy Amaya. Saya biasa dipanggi Oudy. Saat ini usia saya 21tahun. Di umur saya yang sekarang ini, saya ingin mengubah pola hidup saya dengan cara rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang saat ini saya lakukan sebagai bentuk kegiatan perubahan diri adalah jogging, nge-gym dan juga bersepeda. Karena dengan saya melakukan kegiatan olahraga tersebut, saya menemukan banyak perubahan yang terjadi dalam diri saya, terutama dalam hal kesehatan. Selama saya menjalani beberapa aktivitas olahraga yang sedang saya jalani, saya merasa jadi lebih segar dan sehat. Terlebih dalam hal mengatur nafas dan juga pola tidur. Dimana sebelumnya saya sering mengalami insomnia, sekarang berangsur-angsur saya mulai bisa mengatur pola tidur saya.

    Saya melakukan kegiatan perubahan diri dengan melakukan olahraga ini selama 9 minggu terus-menerus. Awal saya menjalani aktivitas olahraga ini tidak dapat dipungkiri saya merasa sangat capek dan lelah, apalagi di tengah-tengah kesibukan saya sebagai seorang pekerja yang sistem kerjanya masih shift-shift an. Bermula saya mencoba untuk rutin nge-gym lagi, untuk awalan saya hanya mengambil harian. Akan tetapi, lama-kelamaan saya merasa nge-gym sangat menyenangkan bahkan apabila dalam waktu seminggu saya tidak nge-gym badan terasa capek dan pegal-pegal. Olahraga ini seperti candu menurut saya.

    Disaat nge-gym saya sudah kembali aktif kembali, saya merasa ingin menambah aktivitas olahraga saya dengan mencoba olahraga lain yaitu jogging dan bersepeda. Waktu jogging selalu saya ambil di sore hai selepas saya pulang kerja atau disaat saya sedang libur. 1 putaran menurut saya sangat berat awalnya, tetapi lama-kelamaan terbiasa juga, karena saya sembari berlatih mengatur pernafasan.

    Yang awalnya aktivitas olahraga ini saya lakukan sebagai acuan untuk tugas kuliah, sekarang kegiatan ini benar-benar akan menjadi rutinitas yang akan saya lakukan setiap minggunya. Karena saya merasa aktivitas olahraga ini sangat banyak keuntungannya bagi diri saya.

    Agar saya lebih semangat lagi menjalani aktivitas perubahan diri ini, tidak lupa saya selalu mengajak teman-teman saya untuk mengikuti aktivitas perubahan diri ini bersama-sama. Disamping agar saya mempunyai teman untuk melakukan kegiatan ini mereka juga pasti akan merasakan keuntungannya juga sama seperti saya.

Berikut saya sampaikan beberapa manfaat GYM :

·       1. Meningkatkan kekuatan

Angkat beban dapat memperkuat otot dan juga bisa menambah massa otot.

·       2. Membakar lebih banyak lemak

Untuk membantu meningkatkan metabolism dan massa otot tubuh.

·       3. Meningkatkan suasana hati dan mengurangi stress

Karena angkat beban menjadi pendorong pelepasan hormone endorphin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan suasana hati, mencegah rasa sakit dan melawan depresi.

·       4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes





 

Daftar Pustaka :

https://www.sehatq.com/artikel/manfaat-angkat-beban-untuk-wanita

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170719205732-255-229046/selain-ramping-ada-enam-manfaat-latihan-beban-bagi-wanita

 

 

 

 

 

0 komentar:

Posting Komentar