Jumat, 06 Januari 2023

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

Psikologi Inovasi

(Semester Ganjil 2022/2023)

Kanza Gatand Viesyszico (20310410046)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi



 

Pada mata kuliah Psikologi Inovasi ini kami diajak untuk melakukan sebuah perubahan diri kita dalam hal yang sederhana yaitu dalam hal berolahraga. Mengapa harus olahraga? Sebab olahraga sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal yang besar, dan juga olahraga lebih mudah untuk diukur sebagai perubahan diri. Kami ditugaskan untuk melakukan kegiatan perubahan diri tersebut dalam kurung waktu 8 minggu.

Dalam hal ini saya memilih olahraga Push up, Sit up dan Squad. Kenapa saya memilih olahraga tersebut? Sebab bagi saya olahraga tersebut sudah menjadi kebiasaan saya setiap pekan, sejak saya masih berusia 15 tahun, saya terobsesi dengan seorang binaragawan, dengan itu saya terus berolahraga melatih otot saya agar seperti para binaragawan, walaupun sudah 5 tahun ini tidak ada perubahan besar pada tubuh saya, namun saya merasakan sebuah perubahan pada daya tahan tubuh saya yang jarang sekali sakit.

Olahraga ini juga memiliki banyak sekali nilai dan manfaat, dan yang paling saya rasakan dengan berolahraga, saya dapat menambah kekuatan saya, meskipun tubuh saya tidak berotot seperti para binaraga, namun kekuatan saya dalam mengangkat beban berat seperti beras 10kg, saya mampu mengangkatnya sendirian.

Selain dapat meningkatkan kekuatan, dengan berolahraga saya dapat melatih kedisiplinan, dan kekonsistenan yang ada pada diri saya, saya dapat membuat schedule untuk mengatur kapan saya harus bangun pagi, sarapan, berolahraga dan juga istirahat.

Karena melihat potensi dari olahraga ini begitu besar saya memilih olahraga ini sebagai kegiatan perubahan diri saya dan yang akan terus bertambah saat olahraga ini yaitu banyaknya repetisi yang saya lakukan. Saat di minggu pertama saya hanya dapat Push up sebanyak 10 repetisi dengan 3 set tetapi seiring berjalannya waktu saya telah berhasil melakukan Push up sebanyak 20 repetisi dengan 3 set.

Dengan bertambahnya kemampuan ini memiliki arti bahwa kekuatan dan daya tahan saya telah bertambah dan bahkan saya juga tidak merasakan kelelahan walau sudah melakukan push up dengan repetisi sebanyak itu.

Dalam kuliah Psikologi Inovasi saat melakukan kegiatan perubahan diri ada beberapa halangan yang saya temui seperti ada rapat dari pekerjaan ketika hendak berolahraga, tetapi saya memiliki rencana cadangan yaitu saya sempatkan untuk berolahraga walau harus tengah malam sekalipun.

Walaupun saya sudah tidak mengambil mata kuliah Psikologi Inovasi saya akan terus melakukan kegiatan olahraga sebab saya telah memiliki motivasi internal yaitu kegiatan ini telah menjadi kebiasaan dalam hidup saya, sehingga dalam satu minggu setidaknya ada hari dimana saya akan berolahraga.

Menurut saya kegiatan kegiatan olah raga ini juga berkaitan dengan readiness to change atau kesiapan untuk berubah, mengapa? Sebab kegiatan olah raga ini sangat sederhana untuk dilakukan tetapi itu juka merupakan suatu latihan bagi kita agar dapat menerima perubahan dari diri kita yang dimana kita yang bermalas-malasan hanya mengikuti kegiatan perkuliahan harus menyesuaikan diri kita dan waktu kita demi menambahkan suatu kegiatan baru dalam hidup kita. Jadi bagi saya kegiatan olah raga ini sangat positif untuk dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk latihan kesiapan untuk berubah dalam kehidupan sehari-hari terlabih lagi dalam pekerjaan yang sewaktu-waktu akan menuntuk kita untuk berubah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

 

Referensi :

KUSMINDARI, CH DESI and pasmawati, Yanti and Muzakir, Ari (2015) PENINGKATAN KUALITAS POSISI PUSH UP MELALUI RANCANG BANGUN PUSH UP DETECTOR. PROSIDING SEMNASTI – MUSINDEEP 2015. pp. 7-13. ISSN 978-602-73549-0-6


0 komentar:

Posting Komentar