Kamis, 05 Januari 2023

KAITAN PERUBAHAN DIRI DENGAN READINESS TO CHANGE MELALUI OLAHRAGA BOLA BASKET

 

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

Mata Kuliah Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta,M.A

ATIKA NURYANTI (20310410064)

Fakultas Psikologi


Jenis olahraga yang saya lakukan sebagai kegiatan perubahan diri yakni olahraga bola basket, saya memilih olahraga bola basket sebagai kegiatan perubahan diri karena menurut saya olahraga bola basket menekankan pada unsur happy and fun serta memiliki berbagai teknik, seperti teknik dasar menangkap bola, teknik menggiring bola, teknik mengoper bola dan teknik menembak. Selain hal tersebut, menurut saya olahraga bola basket cukup menguras energi karena dibutuhkan waktu yakni 4x10 menit untuk permainan, 5 menit pemanasan, istirahat 10 menit. Permainan bola basket memiliki nilai tambah yang dapat membawa perubahan positif terhadap diri kita yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai tambah dari kegiatan olahraga bola basket yang membawa perubahan positif kedalam diri saya dalam perilaku sehari-hari yakni adanya perubahan pada pola hidup yang lebih sehat (seperti tubuh tetapi vit, daya tahan tubuh lebih meningkat, menurunkan / meredakan tingkat stress, menjaga kesehatan kardiovaskuler, memperkuat ketahanan otot), lebih disiplin, kerjasama, memiliki kepercayaan dengan teman, tidak saling menjatuhkan teman sendiri, mendahulukan kepentingan bersama dibanding kepentingan pribadi serta memiliki ketekunan dan kebiasaan untuk selalu berfikir cepat.

Setelah mengetahui nilai tambah yang ada dalam permainan bola basket maka saya melakukan kegiatan perubahan diri tersebut lebih dari 8 minggu, yakni 11 minggu berturut yang dilakukan pada hari sabtu dari jam 16.00-17.00 WIB secara konsisten yang dimulai dari tanggal 17 September 2022 hingga 26 November 2022.

Alasan saya melakukan kegiatan olahraga tersebut yakni kembali lagi ke konsep happy dan fun serta dari kegiatan tersebut saya memiliki niali tambah yang sangat banyak dan dapat diterapkan dalam kegiatan sehari-hari dan hal tersebut membawa pengaruh positif dari dalam diri saya.

Makna konsep “nilai tambah” dari kegiatan perubahan diri pada olahraga bola basket yang saya lakukan yakni suatu pertambahan nilai yang dapat terjadi karena adanya perubahan kecil yang signifikan terhadap perubahan positif dalam kebiasaan sehari-hari baik dalam kehidupan pribadi, kegiatan sosial serta kegiatan yang menyangkut tentang karir. Dari nilai tambah tersebut dapat menjadikan segala hal dapat lebih bermakna.

Kegiatan perubahan diri yang saya lakukan dengan olahraga bola basket akan terus saya lakukan (tetap berkelanjutan) meskipun saya sudah tidak mengambil mata kuliah psikologi inovasi dengan cara :

a)      Tidak malas melakukan kegiatan olahraga bola basket yakni menerapkan disiplin waktu dengan fleksibilitas dengan meluangkan waktu selama 1 jam untuk berolahraga setiap hari sabtu, memiliki komitmen mengenai waktu tersebut dan kegiatan yang akan dilakukan, melakukan olahraga dengan senang sehingga tidak ada tekanan dan beban pada saat melakukannya, serta mencatat semua kemajuan/perubahan yang telah dilakukan seperti perubahan kedisiplinan, perubahan pola hidup sehat, perubahan berat badan, perubahan kekuatan otot dan lain sebagainya.

b)      Konsisten terhadap olahraga yang telah dilakukan yakni dengan :

ü Menanamkan pola pikir bahwa olahraga bukan untuk diet, akan tetapi olahraga untuk menjada pola hidup sehat yang dapat menjaga tubuh tetap fit dan bugar sehingga dapat meningkatkan ketrampilan koordinasi tubuh, meningnkatkan kesehatan kardiovaskuler sehingga dapat menjauhkan penyakit kardiovaskuler seperti darah tinggi, dapat mengembangkan kekuatan otot, dapat meningkatkan stamina dan membangun daya tahan tubuh, serta dapat membantu menurunkan berat badan yang mana olahraga bola basket ini dapat membakar 650-750 kalori per jam.

ü Menerapkan pemberian hadiah untuk diri sendiri jika telah melakukan olahraga dengan teratur selama 4x berturut (satu bulan penuh).

Pelaksanaan kegiatan olahraga basket yang saya lakukan telah berkaitan dengan readiness to change (kesiapan untuk perubahan) hal tersebut dikarenakan bahwa saya telah siap untuk melakukan perubahan terhadap diri dengan menunjukkan perilaku menerima dan menaati kegiatan olahraga bola basket, serta tidak menganggap bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai sebuah ancaman.

 

 

PUATAKA.

Annonim. (2019). 5 Manfaat Olahraga Bola Basket Bagi Kesehatan. Bekasi : Summarecon Bekasi

Bidang III PB PERBASI. (2006). Bola Basket Untuk Semua 2004. Jakarta: PB PERBASI.

FIBA. (2005). Mini-Basketball Rules. Switzerland: FIBA

Selviani. S., Lisa. W., Dinda. D. (2019). Studi Deskriptif Readiness To Change Pada Karyawan Perusahaan Manufaktur Di PT. “X” Bandung. Prosiding Psikologi. ISSN : 2460-6448

0 komentar:

Posting Komentar