Kamis, 05 Januari 2023

PERUBAHAN DIRI UNTUK JADI INDIVIDU YANG LEBIH BAIK

 

Essay untuk Ujian Akhir Psikologi Inovasi Semester Lima

Dosen Pengampu Arundati Shinta

Rosita Permatahati (20310410075)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Perubahan diri merupakan proses dimana individu melakukan sesuatu yang baru dalam dirinya kearah yang positif atau bisa dikatakan individu melakukan perubahan pada dirinya untuk menjadi individu yang lebih baik (Quora, 2021). Permasalahan dari kegiatan perubahan diri yaitu kesiapan diri dan konsistensi. Jika diri itu tidak siap maka mau sekuat apapun lingkungan memberi semangat perubahan, diri tetap tidak bersemangat, serta jika perubahan tiddak dilakukan secara konsisten, maka hasil dari perubahan diri akan terasa lama dicapainya dan membuat bosan. Sebagai penyelesaian dari permasalahan diatas terutama permasalahan yang pertama yaitu kesiapan diri, terutama bagi mahasiswa perlu adanya stimulus agar kegiatan perubahan itu terjadi, yaitu dengan mewajibkan kegiatan perubahan diri. Akan tetapi tak sedikit mahasiswa yang salah mengartikan melaksanakan kegiatan hanya demi nilai, padahal dibalik semua itu ada manfaat yang banyak sekali.

Dalam rangka perubahan diri, kegiatan yang saya lakukan yaitu Jogging selama satu jam. Jogging adalah lari-lari kecil atau berjalan cepat. Kegiatan tersebut saya lakukan selama satu jam, lalu penambahannya yaitu jogging lebih dari satu jam atau jarak tempuh jogging saya tambah dari jarak tempuh jogging hari sebelumnya. Akan tetapi saya tidak melakukan kegiatan jogging selama 8 minggu berturut-turut. Karena pernah suatu ketika dimana selama seminggu full tersebut saya harus mempersiapkan suatu acara, sehingga membuat saya tidak bisa jogging.

Alasan saya memilih jogging karena jogging merupakan olahraga yang simple, untuk melakukannya cukup dengan persiapan yang sederhana. Seperti menyiapkan sepatu jogging dan memilih tempat untuk jogging. Selain itu, jogging bisa dilakukan di luar ruangan, sehingga kettika sedang jogging bisa sambil melihat pemandangan, sehingga tidak mudah bosan dan jenuh. Seperti yang saya lakukan, saya memilih tempat jogging di embung, dengan tujuan sekaligus melihat pemandangan yang asri dan sejuk.

Dalam kegiatan perubahan diri ada penambahan nilai. Makna nilai tambah dalam kegiatan perubahan diri yaitu menambah kuantitas kegiatan perubahan diri. Misalnya yang aslinya dilakukan satu jam, ditambah menjadi satu setengah jam. Atau di Hari Senin saya jogging 4 KM lalu di minggu selanjutnya saya jogging 5 KM. Tujuan nilai tambah agar intensitas kegiatan perubahan diri itu grafiknya bisa naik, tidak malah menurun. Bila grafiknya naik maka skala perubahan diri yang kita lakukan itu juga semakin tinggi nilainya. Sehingga hasil dari perubahan diri cepat dirasakan.

Kemudian cara saya agar kegiatan perubahan diri ini terus berlanjut walaupun sudah tidak mengambil mata kuliah psikologi inovasi yaitu dengan menanamkan semangat perubahan diri di dalam hati.dan pahami makna perubahan diri, bahwa perubahan diri ini hasilnya pasti akan dirasakan sutau saat. Dan perubahan diri itu penting bagi diri sendiri, jika ingin menjadi idnividu yang lebih baik di masa yang akan datang. Kemudian selain memberi motivasi untuk diri sendiri, yaitu dengan memberi reward, tujuan reward agar tubuh terpacu untuk melakukan perubahan diri. Reward yang saya pilih yaitu membeli takoyaki yang mana itu  hanya dijual di daerah embung tempat saya jogging.

Kemudian yang terkahir pelaksanaa kegiatan Jogging ini berkaitan dengan readiness to change atau kesiapan menghadapi perubahan. karena berkaitan dengan apa yang berubah setelah melakukan jogging, bagaimana proses perubahan/ jogging itu, di lingkungan seperti apa perubahan ini terjadi (misalnya lingkungan kampus yang mana sebagai mahasiswa harus memiliki fisik yang kuat dan sehat), serta menaati peraturan, yaitu peraturan bahwa kegiatan perubahan ini harus dilakukan secara rutin, karena jika tidak rutin maka hasilnya akan lama munculnya (Selviani, Et.al., 2019).

Referensi

Selviani, WIdawati, & Dwarawati. (2019). Studi deskriptif readiness to change pada karyawan perusahaan manufaktur di PT “X” Bandung, prosiding psikologi .vol 5(2).

Quora. (2021). Apa yang kamu ketahui tentang perubahan diri? https://id.quora.com/Apa-yang-kamu-ketahui-tentang-perubahan-diri/answer/Onja-Sinaga-1?ch=15&oid=251078448&share=60f01298&target_type=answer. diakses pada tanggal 6 januari 2023.

0 komentar:

Posting Komentar