Jumat, 06 Januari 2023

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

 

ESSAY UJIAN AKHIR SEMESTER

Psikologi Inovasi

(Semester Ganjil 2022/2023)

David Michael Tulaseket (20310410073)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi



 

Mata kuliah Psikologi Inovasi mengajak kami untuk melakukan sebuah perubahan diri kita dalam hal yang sederhana yaitu dalam berolahraga. Mengapa harus olahraga? Sebab olahraga sangat mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal yang besar. Kami ditugaskan untuk melakukan kegiatan perubahan diri tersebut dalam kurung waktu 8 minggu.

Dalam hal ini saya memilih olahraga berenang. Kenapa saya memilih berenang? Sebab bagi saya berenang sudah menjadi hobi saya, sejak masa kanak-kanak saya sering bepergian untuk berenang di pantai dan pada saat remaja saya suka mendaki gunung untuk mencari air terju, agar apa? Yup agar dapat berenang sembari menikmati pemandangan yang indah.

Berenang juga memiliki banyak sekali nilai dan manfaat, dan yang paling saya rasakan dengan berenang saya dapat menambah rasa percaya diri saya, menggapa demikian? Karena jika kita berenang kita harus percaya pada diri, bahwa kita dapat berenang jika tidak maka kita akan tenggelam.

Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri saya, dengan berenang saya dapat melatih rasa tanggung jawab saya terlebih lagi tanggung jawab akan diri sendiri sebab saya harus tau kapan harus beristirahat dan berhenti jika tidak maka dapat berakibat fatal.

Dan yang terakhir manfaat yang saya rasakan dari berenang yaitu melatih kerja sama, terlebih lagi jika saya pergi berenang dengan teman. Kita harus saling bekerja sama untuk menjaka keselamatan kita saat berenang, sebab bisa saja terjadi sebuah kecelakan dalam air yang tidak diinginkan.

Karena melihat potensi dari olahraga ini begitu besar saya memilih olahraga ini sebagai kegiatan perubahan diri saya dan yang akan terus bertambah saat olahraga ini yaitu jarak saya berenang. Saat di minggu pertama saya hanya dapat berenang sejauh 50m tetapi seiring berjalannya waktu saya telah berhasil berenang sejauh 155m di minggu ke delapan.

Dengan bertambahnya jarak ini memiliki arti bahwa kekuatan dan daya tahan saya telah bertambah dan bahkan saya juga dapat mengatur nafas saya sehingga dapat bertahan cukup lama di dalam air.

Dalam kuliah Psikologi Inovasi saat melakukan kegiatan perubahan diri ada beberapa halangan yang saya temui seperti hujan da nada acara penting di hari yang ditentukan, tetapi saya memiliki rencana cadangan yaitu memilih 2 hari dalam 1 minggu sehingga jika hari lain tidak terlaksanakan saya dapat melaksanakannya dihari yang lain, sehingga saya dapat melaksanakan perubahan diri ini selama delapan minggu bertut-turut.

Walaupun saya sudah tidak mengambil mata kuliah Psikologi Inovasi saya akan terus melakukan kegiatan berenang sebab saya telah memiliki motivasi internal yaitu kegiatan berenang telah menjadi kebiasaan dalam hidup saya, sehingga dalam satu minggu setidaknya ada hari dimana saya akan pergi ke kolam maupun pantai. Saya juga memiliki teman untuk diajak jalan sehingga jika saya merasa malas saya akan memiliki dorongan motivasi eksternal.

Menurut saya kegiatan kegiatan olah raga ini juga berkaitan dengan readiness to change atau kesiapan untuk berubah, mengapa? Sebab kegiatan olah raga ini sangat sederhana untuk dilakukan tetapi itu juka merupakan suatu latihan bagi kita agar dapat menerima perubahan dari diri kita yang dimana kita yang bermalas-malasan hanya mengikuti kegiatan perkuliahan harus menyesuaikan diri kita dan waktu kita demi menambahkan suatu kegiatan baru dalam hidup kita. Jadi bagi saya kegiatan olah raga ini sangat positif untuk dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk latihan kesiapan untuk berubah dalam kehidupan sehari-hari terlabih lagi dalam pekerjaan yang sewaktu-waktu akan menuntuk kita untuk berubah dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada.

 

Referensi :

Susanto Ermawan.( 2010). Manfaat Olahraga Renang Bagi Lanjut Usia. Vol VI. No 1

Putri Vanya. (2020). Nilai dan Manfaat dalam Olahraga Renang. Diakses pada 6 januari 2023, dari https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/06/161500769/nilai-dan-manfaat-dalam-olahraga-renang?page=all#page2

0 komentar:

Posting Komentar