Kamis, 05 Januari 2023

BENTUK KEPEDULIAN DIRI MELALUI OLAHRAGA

 

BENTUK KEPEDULIAN DIRI MELALUI OLAHRAGA

Essay Ujian Akhir Semester Psikologi Inovasi

Semester Ganjil (2022/2023)

Ade Rei Enggi Wijaya (20310410034)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA.


Olahraga merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap diri sendiri. Memiliki kondisi fisik yang ideal merupakan salah satu cara untuk bisa menjadi lebih percaya diri, dan fakta dilapangan terlihat bahwa banyak sekali seseorang yang memiliki kelebihan fisik mulai dari paras wajah, berat badan ideal, dan kondisi fisik lainnya mendapatkan kemudahan didalam hidupnya. Selama mengikuti perkuliahan Psikologi Inovasi ini, kita diajarkan untuk melakukan kegiatan perubahan diri kurang lebih selama 8 minggu yang kemudian dilaporkan hasilnya.

Mengutip prinsip dari buku filosofi teras bahwa satu-satunya hal yang dapat kita kendalikan adalah diri kita sendiri. Dalam hal ini, kegiatan perubahan diri berupa olahraga yang saya pilih adalah jogging dan kegiatan penambahannya yakni push up. Saya berusaha membagi waktu dengan baik antara bekerja atau beraktivitas sehari-hari dan dengan olahraga, sehingga saya mampu melakukan kegiatan perubahan diri tersebut selama 8 minggu tanpa terputus-putus. Alasan saya mampu konsisten melakukan olahraga tersebut ialah olahraga sebagai kegiatan perubahan diri mampu meningkatkan kesehatan fisik, membuat pikiran lebih tenang, dan meningkatkan kapasitas produktivitas kita. Jogging saya pilih sebagai kegiatan perubahan diri karena saya sudah terbiasa melakukannya dan jogging tidak memerlukan latihan khusus, bisa dilakukan siapa saja, dimana saja, bahkan dengan minim biaya yang harus dikeluarkan. Selanjutnya kegiatan penambahan berupa push up saya pilih karena saya ingin memperkuat otot tubuh secara optimal karena pada bagian atas, push up dapat melatih otot dada, biseps, triseps, bahu, dan otot punggung bersamaan. Sementara pada bagian bawah, push up melatih otot kaki dan pinggul.

Makna kegiatan perubahan diri berupa olahraga jogging bermanfaat untuk memperkuat tulang dan otot, menjaga berat badan, memperkuat jantung, dan meningkatkan stamina, sedangkan kegiatan penambahan berupa push up bermanfaat untuk  memperbaiki postur tubuh seseorang melalui banyaknya titik otot yang terlatih dari postur tubuh yang sebelumnya tidak sempurna, selain itu push up mampu meningkatkan kesimbangan atau kebugaran tubuh bahkan meningkatkan kualitas tidur. Apabila kuliah Psikologi Inovasi sudah berakhir, saya tetap berkeinginan untuk menjadikan olahraga jogging sebagai kegiatan utama dan push up sebagai kegiatan penambahan secara berkelanjutan dengan cara memperkuat motivasi terkait tujuan dan rencana yang ingin dicapai dan rutin memberikan reward terhadap diri sendiri atas pencapaian yang sudah dicapai.

Pelaksanaan kegiatan olah raga itu juga berkaitan dengan readiness to change (kesiapan untuk berubah) karena menurut saya, olahraga dijadikan sebagai sarana untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan fungsional fisik, psikologi dan social hingga mampu meingkatkan kualitas hidup seseorang melalui perubahan yang dihasilkannya.


DAFTAR PUSTAKA

Sari, A. S., Wibowo, A. T., & Gupita, E. C. (2020). Workout From Home Sebagai Aktivitas Mahasiswa Menjaga Kebugaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani (JPJ)1(2), 94-100.

0 komentar:

Posting Komentar