Jumat, 06 Januari 2023

PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PARTISIPASI DALAM OLAHRAGA

                                                            Essay Ujian Akhir Semester

Psikologi Inovasi

(Semester Ganjil 2022/2023)

Rahayu (20310410061)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Olahraga adalah aktivitas gerak tubuh yang memiliki peran penting untuk kesehatan. Dengan olahraga, tubuh seseorang menjadi lebih sehat dan kuat. Tidak hanya menjaga kesehatan jasmani, olahraga juga berpengaruh terhadap kesehatan rohani. Tujuan olahraga adalah untuk meningkatkan kesehatan seseorang. Selain meningkatkan kebugaran fisik, olahraga juga dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerja otak manusia sehingga dapat bekerja lebih maksimal. Maka dari itu, olahraga dianggap mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Jenis olahraga yang telah saya lakukan untuk memenuhi perubahan diri dalam mata kuliah Psikologi Inovasi adalah Jogging, Jogging merupakan olahraga yang populer dan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari untuk menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesehatan paru-paru. Jogging merupakan salah satu bentuk olahraga yang dilakukan dengan cara berlari kecil, dengan kecepatan dibawah 11 km/jam yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran(purwanto, 2012). Jogging termasuk dalam latihan aerobik dimana jogging dilakukan berdasarkan frekuensi, intensitas, waktu dan tipe yang sudah ditentukan(Sepnu, 2015). Manfaat jogging sangat banyak ragam dan jenisnya, kemudian olahraga yang saya tambahi untuk memenuhi tugas mata kuliah ini adalah Sit Up, Sit up merupakan gerakan body weight yang tidak perlu menggunakan beban berat ataupun alat bantu lain. Selama menjalankan perubahan diri melalui olahraga ini saya mengalami kendala atau masalah yaitu kendala di cuaca pada saat itu memang musim hujan dan di saat itu pula dilaksanakan UTS, jadi selama UTS atau sebelum UTS saya tidak olahraga demi menyiapkan tubuh yang fit untuk menghadapi UTS.

Alasan saya melakukan olahraga tersebut adalah  karena selain dari mudah dilakukan Jogging dilaksanakan pada  waktu pagi hari. Saat pagi hari, tubuh kita akan mendapatkan kualitas udara serta oksigen yang baik untuk sistem pernapasan. Dan beraktivitas di pagi hari sangatlah banyak manfaatnya salah satunya adalah mengurangi stress, meningkatkan imunitas atau kekebalan dalam tubuh dan bisa berjemur di pagi hari kebetulan saya juga suka beraktivitas di pagi hari menurut saya bisa memulai atau melakukan aktivitas di pagi  bisa membuat saya produktif dan meningkatkan mood saya ketika di pagi hari.

Makna “nilai tambah” bagi saya dalam melakukan perubahan ini yang diwujudkan olahraga adalah mengatur waktu dan berkomitmen dengan diri sendiri untuk berubah atau biasa disebut dengan pendisplininan saya bisa melihat pendisiplinan itu adalah dengan melihat frekuensi perubahan didalam setiap pelaksanaan selama 8 minggu yang sudah dilakukan tersebut. Selain dari pendisiplinan adalah kalau ditinjau dari segi kesehatan fisik adalah Jogging merupakan olahraga yang sangat banyak manfaatnya untuk menyehatkan fisik kita dan kalau dikaitkan dengan Psikologi olahraga tersebut bisa mengurangi stress. Bagi saya perubahan diri tersebut membawa dampak yang berkelanjutan bagi saya karena selam 8 minggu ini saya melakukan dengan enjoy dan tidak terpaksa karena saya menyukai hal tersebut. Kemudian kegiatan tersebut menjadi kebiasaan bagi saya yang tadinya setelah sholat shubuh tidur lagi saya menjadi tidak tidur lagi.

Pelaksanaan kegiatan olahraga itu juga berkaitan dengan readiness to change (kesiapan untuk berubah). Readiness for change sendiri merupakan proses psikologis yang bersifat laten dari kemauan untuk melakukan pola perilaku baru dalam jangka waktu tertentu (Nurthaibah, 2019). Adanya sikap perubahan diri akan menjadikan banyak sikap yang bervariasi. Melalui perubahan diri olahraga Jogging dan sit up ini, tentunya tidak terlepas dari banyaknya faktor yang mempengaruhi individu tersebut agar dapat menyesuaikan dengan rutinitas yang akan dilakukan disetiap minnggunya pada pelaksanaan perubahan diri dengan berolahraga Jogging dan melakukan penambahan sit up



Daftar Pustaka 

Desy Anggar Aditia, SURVEI PENERAPAN NILAI-NILAI POSITIF OLAHRAGA DALAM INTERAKSI SOSIAL ANTAR SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2014/2015, Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation 4 (12) (2015).

Nurthaibah, S. (2019). Readiness for change ditinjau dari persepsi transformational leadership dan adaptability pada pegawai rumah sakit umum. Tesis Magister Psikologi Profesi.

0 komentar:

Posting Komentar