Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Industri dan Organisasi : Lomba Poster dan Essay "MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI UNTUK MENDUKUNG PERKEMBANGAN INOVASI DI ERA SOCIETY 5.0"

 Nama :  Risa Jois Amara

Nim   : 22310410075

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA


Link postingan : 

https://www.instagram.com/p/CsOxBl9Sddj/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==




PENDAHULUAN

Mengutip Western Sydney, literasi digital merupakan keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup, belajar, maupun beraktivitas dalam masyarakat seiring berkembangnya akses informasi dan komunikasi. Contohnya, adanya Internet, media sosial, hingga perangkat seluler.

Bisa dibilang, literasi digital merupakan sebuah kemampuan atau kecakapan individu untuk memanfaatkan teknologi di kehidupan sehari-harinya. Adapun yang dimaksud dengan kecakapan tersebut di antaranya mencari, menjawab, menemukan, mengoperasikan, dan memanfaatkan teknologi dengan bijak sesuai kegunaannya.


PERMASALAHAN


Di era sekarang atau zamanya milenial minim sekali orang yang menyukai literasi, di karenakan dunia yang semakin canggih dengan adanya gadget dari berbagai produk dan semua orang meanggap bahwa membaca bisa di lakukan di mana dan kapan saja karena sudah canggih, tetapi justru dengan kecanggihan tersebut otak taua pikiran kita tidak akan sinkron contohnya ketika kita sedang membaca di handphone tetapi terlintas d pikiran kita untuk menunda dan bermain game sabentar alhasil kegiatan literasi pun tertunda, jika menggunakan buku maka kita bisa fokus karena tidak ada hal yang menggangu seperti tadi.


PEMBAHASAN


Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam berbagai bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer sebagaimana yang dikatakan oleh Paul Gilster dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy. Saat ini, literasi digital memiliki peran yang besar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat terlebih generasi muda. Dapat dikatakan bahwa generasi muda menghabiskan waktu yang sangat banyak dalam menggunakan internet. Di era globalisasi ini, generasi muda dan literasi digital merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan mengingat konsumsi waktu yang digunakan remaja dalam berliterasi digital.
Literasi digital tentunya memudahkan generasi muda untuk mencari segala jenis informasi yang tersedia di internet. Apabila digunakan dengan bijak, segala informasi yang dapat diakses bisa memudahkan dalam mempelajari hal yang bermanfaat. Literasi digital dapat mempermudah pencarian sumber penelitian dan lain sebagainya. Literasi digital juga dapat dimanfaatkan generasi muda sebagai sumber pengetahuan terhadap berbagai media ekonomi, politik, finansial, dan lain-lain. Generasi muda juga bisa memperoleh informasi untuk mengasah skill mereka dari internet. Dahulu, buku merupakan sumber belajar utama yang mana tidak semua orang memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan buku-buku, tetapi literasi digital mampu menjadi solusi dari permasalahan tersebut


PENYELESAIAN


Secanggih apapun zaman kita harus tetap menanamkan jiwa literasi pada diri kita karena jika kita tkdak membaca kita tidak akan mempunyai pengetahuan, dan sebisa mungkin tanamkan jiwa literasi sejak dini.


REFERENSI


https://binus.ac.id/character-building/2023/02/pengaruh-literasi-digital-terhadap-generasi-penerus-bangsa/#:~:text=Literasi%20digital%20dapat%20mempermudah%20pencarian,finansial%2C%20dan%20lain%2Dlain

https://m.kumparan.com/how-to-tekno/contoh-literasi-digital-pengertian-dan-manfaatnya-1zWGBEhPOTv#:~:text=Mengutip%20Western%20Sydney%2C%20literasi%20digital,media%20sosial%2C%20hingga%20perangkat%20seluler

0 komentar:

Posting Komentar