Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME WITH FAMILY

 

UJIAN TENGAH SEMESTER  PSIKOLOGI SOSIAL
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Quality time with family

ALFIAN MAULI AWALUDIN

22310410095

Dosen pengampun: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

 

Manfaat Quality time untuk pembelajaran dasar anak  dalam membangun kepribadian 

LINK PARTISIPASI LOMBA

https://www.instagram.com/p/CsO6uIyPNubGY_r05VQBGP28jUUbfnMUTllZj00/

 

PENDAHULUAN

Di dalam hidupnya anak-anak ada tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting bagi nya, yaitu keluarga, perguruan dan alam pergerakkan- Ki hajar dewantara. Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi anaknya, banyak cara yang dapat diambil dalam mendidik anak seperti dalam bentuk non formal yang didapatkan dari didikan pertama adalah dari orang tua, maka dari itulah peran ibu dan ayah sangat penting dalam pembentukkan  kepribadian seorang anak. Pendidikan dari orangtua tidak hanya yang bersifat umum saja seperti bertata karma, beribadah, sopan santun dan lain sebagainya yang mengajarkan seorang anak agar mengerti budi pekerti yang baik serta berakhlak mulia atau terpuji yang membawa kebaikkan serta manfaat bagi masyarakat disekitarnya.

PERMASALAHAN

Anak yang orang tuanya sibuk bekerja, dia akan merasa menjadi anak yang kurang diperhatikan. Kurangnya perhatian pada anak akan mengakibatkan masalah pada anak terutama pada mentalnya. Anak yang pada awalnya ceria tiba tiba menjadi murung dan lain sebagainya sehingga mengakibatkan anak memiliki sifat yang buruk dan sikap acuh tak acuh, maka dari itu yang dibutuhkan seorang anak yang paling dasar ialah perhatian dari ayah dan ibunya meskipun hanya sebuah bentuk kasih dan pelukan yang hangat.

PEMBAHASAN

Menghabiskan waktu bersama keluarga ialah hal yang diinginkan setiap orang, tak semua orang dapat selalu menghabiskan waktunya dengan keluarga karena faktor tertentu salah satunya kesibukan urusan masing-masing.

Quality time adalah serangkaian kegiatan yang direncanakan serta harus dimanfaatkan dengan meluangkan sedikit waktunya untuk menjalin sebuah kebersamaan, keluarga ialah suatu unit terkecil dalam suatu kelompok masyarakat, dan juga setiap anggota keluarga memiliki peran yang dapat saling menlengkapi satu sama lainnya. Setiap orang mengidam idamkan memiliki sebuah keluarga yang harmonis, untuk menciptakan suasana yang keluarga yang harmonis tersebut keluarga harus saling mengenal satu sama lainnya seperti saling berbagi, menghargai dan yang terpenting adalah berkumpul dan melakukan aktifitas bersama. Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendidik/membimbing serta mengarahkan dengan membuat lingkungan keluarga yang harmonis. Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah menjadi role model/ panutan hidup bagi anak.  Dengan melakukan setidaknya quality time  pada situasi situasi yang sedang mereka hadapi, Pada dasarnya tidak ada waktu dalam melakukan quality time yang ideal dikarenakan quality time ialah keterampilan yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tergantung dengan kondisi yang sedang dihadapi ketika sedang menghabiskan waktu bersama anak.salah satunya  Semisal saat menonton tv bersama, orang tua dapat melihat dan memilah apa-apa saja yang di tonton oleh anak dan perhatikan serta diberikan bimbingan kepada sang anak agar memiliki pemahaman atau hikmah yang dapat diambil dari tayangan tersebut.

PENYELESAIAN

 Quality time harus selalu diterapkan dalam keluarga, kegiatan ini bisa meliputi :

·         Kedekatan antar keluarga

Keluarga yang baik akan selalu menjaga kedekatan dan kenyamanan pada setiap anggota keluarganya

·         Berbagi tugas dan tanggung jawab

Setiap anggota keluarga perlu dibagi tugas dan tanggung jawab masing-masing sehingga waktu dapat dipersingkat sehingga dapat meluangkan waktu untuk keluarga

·         Menunjukan rasa saling peduli

Rutinitas tiap harinya kadang membuat kita lelah secara fisik maupun pikiran yang membuat rasa kepedulian keluarga hilang supaya hal itu tidak terjadi setelah melakukan aktifitas seharian ada baiknya ketika makan bersama bisa digunakan untuk menunjukkan rasa peduli seperti obrolan hangat tentang kesibukkan hari ini atau saat bersantai-santai seperti nonton tv bersama, memberikan bantuan dan lain sebagainya

·         Meningkatkan  keimanan  

Melakukan ibadah bersama juga menjadi salah satu dari quality time bersama selain dapat membersihkan hati dan pikiran keluarga juga dapat meningkatkan keimanan setiap anggota keluarga

KESIMPULAN

peran penting orang tua dalam mendidik anak dengan mengunakan waktunya untuk sekedar melakukan  quality time bersama sangatlah efisien bukan hanya untuk membangun keluarga yang harmonis namun juga dapat memberikan manfaat yang lebih yaitu dapat mengantarkan keluarga hidup dengan berkualitas dari fisik maupun mental.

Jadi, sudahkah anda meluangkan waktu untuk quality time  bersama?

DAFTAR PUSTAKA

https://doi.org/10.36088/islamika.v4i4.2064

https://www.alodokter.com/ini-pentingnya-quality-time-bersama-orang-terdekat

https://www.depokpos.com/2023/01/sepenting-apa-quality-time-bersama-keluarga/

 


 



0 komentar:

Posting Komentar