Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi, Lomba Foto dan Essay : Quality Time With Family

 

Quality Time With Family
Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial
Rizqi Bayu Nur Hanafi
22310410134
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, Ma
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Momen bersama keluarga di Lebaran 2023


Pentingnya selalu menjalin silaturahmi kepada keluarga di lebaran sekaligus mengajarkan tentang quality time with family

 

 

A. Link Partisipasi Instagram

https://www.instagram.com/p/CsOg7Xivs3Q/

 

B. Pendahuluan

Family quality time dibutuhkan untuk menjaga keharmonisan keluarga. Namun ingat, family quality bukan hanya sekadar kumpul bareng keluarga.
family quality time merupakan momen penting untuk keluarga. Momen ini tidak boleh dilewatkan dan harus dilakukan secara tepat. family quality time adalah momen bersama keluarga. Namun momen tersebut harus dilakukan dengan bersama-sama dan aktivitas yang menyenangkan.


C. Permasalahan

Permasalahan yang paling umum mengenai dari quality time with family adalah pekerjaan. Kesibukan dalam bekerja maupun tempat mereka bekerja yang jauh dengan keluarga membuat permasalahan yang umum di quality time with family. Karena hal tersebut mereka memanfaatkan momen lebaran untuk dapat bekumpul bersama keluarga di kampung halaman meeka masing-masing. Anak-anak pun kena imbasnya mereka di tuntut untuk ikut dengan orang tuanya dan harus menunggu momen seperti lebaran untuk dapat berkumpul bersama keluarga besarnya.

 

D. Pembahasan

Quality family time diatas adalah potret sebuah keluarga besar yang berkumpul bersama di momen lebaran. Potret foto diatas ada seorang nenek dan itu adalah akar dari anak-anaknya yang membuat anak-anaknya berkumpul bersama di momen lebaran. Anak kecil di foto itu adalah bagian dari keluarga itu yang merupakan anak, dan cucu mereka. Momen lebaran di manfaatkan mereka untuk bberkumpul bersama dengan keluarga besar untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga besar mereka sekaligus memberikan pemahaman mereka tentang quality time with family kepada anak, cucu mereka untuk di teruskan di masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

E. Penyelesaian

Pentingnya saling menjaga keharmonisan dan juga silaturahmi antara keluarga satu dengan keluarga lainya agar tetap rukun sampai anak, cucu dan juga dapat di ketahui

Dari penjabaran di atas mengenai quality time with family bisa di ketahui bahwa hal tersebut sangat bermanfaat bagi keluarga dana anak, cucu di antaranya Menguatkan ikatan emosional antara keluarga. Sehingga seluruh anggota keluarga bisa saling mengasihi dan memahami satu sama lain. Hal ini membuat masing-masing anggota keluarga tak segan mengutarakan permasalahannya karena anggota keluarga lain pasti turut membantu mencarikan solusi. Quality time juga sangat penting untuk menjaga keharmonisan hubungan dengan pasangan.

Menunjukkan kepedulian kepada keluarga, terutama di sela-sela rutinitas kerja atau bisnis yang super sibuk. Menghabiskan waktu senggang bersama keluarga adalah cara terbaik untuk memperlihatkan bahwa Anda sangat menyayangi keluarga.

 

F. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dalam essay diatas adalah disamping kita dapat berkumpul bersama-sama keluarga untuk menjalin silaturahmi adalah pentingnya kita untuk menanamkan quality time with family untuk anak, dan cucu kita di masa yang akan datang. Quality time with family juga menjadikan anak merasa aman dan  nyaman berkumpul bersama keluarganya dan mengingatkan kepada anak dan cucu kita bahwa mereka punya keluarga besar di kampung halamannya.

 

Daftar Pustaka

l  https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3224472/ingat-family-quality-time-bukan-sekadar-kumpul-bareng-lho

 

l  https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html

0 komentar:

Posting Komentar