Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial : Lomba Foto dan Essay "Quality Time With Family"

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA


Tema

Quality Time  With Family

Informasi lomba

https://www.instagram.com/p/CrZpH7kyB01/

Pendahuluan

-Quality time adalah suatu hal terjadwal yang dimana setiap kegiatan yang akan dilakukan bersama pasangan terjadwal secara khusus untuk menghabiskan waktu bersama. Aspek utama dari saat-saat mengesankan ini adalah kebersamaan. Kebersamaan berarti perhatian yang dipusatkan . Apabila seorang ayah sedang duduk di lantai, menggelindingkan bola kepada anaknya yang berusia 2 tahun, perhatiannya bukan dipusatkan pada bola itu tetapi kepada anaknya. Untuk saat pendek itu, selama apapun saat itu berlangsung mereka sedang bersama. Saat-saat mengesankan bukan berarti bahwa kita harus menghabiskan saat-saat kebersamaan kita dengan menatap tanpa henti ke dalam mata satu sama lain.

-Family didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang tinggal dalam satu rumah yang masih mempunyai hubungan kekerabatan / hubungan darah karena perkawinan, kelahiran, adopsi dan lain sebagainya.

-Komunikasi love language adalah bahasa cinta yang dimiliki setiap orang untuk kepuasan dalam menjalin sebuah hubungan dalam keluarga, yang diekpresikan melalui tindakan ataupun ucapan kepada pasangannya yang mencakup words of affirmation (kata-kata pendukung), quality time (waktu yang berkualitas), acts of service (pelayanan), receiving gifts (menerima hadiah) dan physical touch (sentuhan fisik) te pop pori ini dikembangkan dan dikemukakan oleh Gary Chapman pada tahun 1992.

Permasalahan

Kurangnya waktu berkualitas dengan keluarga menyebabkan percakapan menjadi kurang bermakna . Interaksi yang berkurang dapat mengurangi nilai-nilai keluarga seperti cinta, empati, pengertian, dan berbagi aktivitas dan hobi di antara anak-anak.

 

Pembahasan

-Quality Time Family bisa didefinisikan sebagai waktu yang Anda gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah; yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan.

-Artinya ialah saat sedang melakukan sesuatu bersama dan bahwa kita sedang memberi perhatian sepenuhnya kepada orang yang sedang berhadapan langsung. Aktivitas dimana pasangan yang sama-sama terlibat dalam suatu kegiatan. Yang terpenting dari segi emosi adalah bahwa pasangan ini sedang menghabiskan waktu yang dipusatkan satu sama lain. Aktivitas itu hanya merupakan wahana yang menciptakan rasa kebersamaan.

-Banyak orang yang berpikir jika keluarga adalah hal yang paling berharga dalam hidupnya. Namun, pikiran ini tidak dibarengi dengan tindakan nyata. Salah satu cara yang paling tepat untuk membuat kedekatan satu sama lain dalam keluarga adalah menghabiskan waktu bersama. Maka dari itu, sebagai orangtua, kamu harus tahu kegiatan yang tepat untuk mendapatkan quality time yang baik dalam keluarga.

-Keluarga merupakan konsep yang bersifat multidimensi. Para ilmuan sosial bersilang pendapat mengenai rumusan definisi keluarga yang bersifat universal. Salah satu ilmuwan yang permulaan mengkaji tentang keluarga adalah Goerge Murdock. Murdock menguraikan bahwa keluarga merupakan kelompok sosial yang memiliki karakteristik tinggal bersama, terdapat kerjasama ekonomi, dan terjadi proses reproduksi.

Penyelesaian

-Menyempatkan / menyisihkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, karena waktu itu sangat penting dalam rumah tangga.

-Menciptakan suasana/komunikasi menyenangkan supaya interaksi antar keluarga selalu terjaga (Komunikasi adalah salah satu dari aktivitas manusia yang dikenali oleh semua orang namun sangat sedikit yang dapat mendefinisikannya secara memuaskan. )

-Saling perhatian satu sama lain terutama suami terhadap istri dan istri kepada anak.

Daftar pustaka

-Cleanipedia.com. 2022. Pentingnya Quality Time Bersama Keluarga. https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html. 14 Mei 2023, 20.40.

-Sari Nurmala, Murdiati Eni, Hamandia Muhammad Randicha. 2023. Komunikasi “Love Language” Dalam Keluarga (Studi Pada Pasangan Suami Istri Di Kelurahan Bukit Baru Palembang). Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS). Vol. 3 No. 1 Maret 2023 Hal. 104-109.

 



0 komentar:

Posting Komentar