Minggu, 14 Mei 2023

Uts Psikologi Sosial : Mengikuti lomba foto dan membuat essay " Quality time with family"

Nama : Risa Jois Amara

Nim    : 22310410075

Prodi  : Psikologi

Dosen pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta. MA


Link postingan : https://www.instagram.com/p/CsOggQZSvB-/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==



Pendahuluan


quality time adalah waktu yang dihabiskan untuk memberikan perhatian penuh kepada orang-orang yang disayangi, seperti keluarga, pasangan, atau sahabat, tanpa ada gangguan disaat bersamaan. Tak hanya sebatas menyenangkan pikiran, ternyata menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki banyak pengaruh positif. Memiliki waktu khusus untuk keluarga bermanfaat untuk membantu membentuk ikatan yang baik antar anggota keluarga, menciptakan komunikasi yang sehat dan terbuka. Semakin sering meluangkan waktu bersama keluarga, maka akan semakin kuat ikatan antar anggota keluarga itu. Keluarga yang baik merupakan awal terciptanya anggota keluarga yang baik pula. Baik dari segi mental dan juga psikologisnya, dengan ikatan keluarga yang semakin kuat, ketika permasalahan muncul tiba-tiba, maka akan dengan mudah untuk mencari solusi terbaik.


Permasalahan


Salah satu hal yang tidak bisa di hindari oleh seorang anak ketika sedang menempuh pendidikan yaitu "jarak", menjadi seorang anak yang sudah terbiasa jauh dengan keluarga mungkin tidak jika ia sangat sedkit mempunyai waktu bersama untuk keluarga tetapi itu semua tidak menjadi hambatan untuk tetap bisa bersama keluarga karena sekrang sudah canggih apa salahnya berkabar lewat handphone, bisa bertatap muka mendengar suara orang tua, intinya mau sejauh apapun kita jalan keluarga adalah rumah satu-satunya yang akan menjadi tujuan pulang kita.

Pembahasan

Setiap keluarga pasti punya cara masing-masing untuk melakukan quality time.Meluangkan waktu secara teratur untuk quality time keluarga, misalnya menetapkan hari minggu sebagai waktu berkumpul keluarga di rumah. Dengan demikian, seluruh anggota keluarga bisa melakukan aktivitas pribadi pada hari lain dan meluangkan waktu pada hari quality time yang telah ditentukan. quality time juga termasuk salah satu bahasa cinta yang penting bagi kehidupan manusia. Quality time bisa didefinisikan sebagai waktu yang di gunakan untuk memberikan perhatian serta beraktivitas bersama seluruh anggota keluarga di rumah, yaitu pasangan, anak, orang tua, dan saudara tanpa terganggu oleh hal-hal lain pada saat bersamaan. Kesibukan apapun tak boleh membuat kita lalai melakukan quality time keluarga supaya bisa mendapatkan banyak manfaat dari rutinitas tersebut. 


Penyelesaian

Kemungkinan akan sulit bagi kita yang selalu jauh dari rumah untuk merasakan family quality time dengan cara liburan bersama karena jika ingin seperti itu kita harus mempunyai waktu senggang yang sangat lama agar kita bisa merasakan bagaimna rasanya belibur atau mengahbiskan waktu dengan keluarag, tetapi walapun kita terhalang oleh jarak jangan sampai komunikasi dengan keluarga renggang dan menjadi alasan untuk tidak saling berkabar, sesibuk apapun pastikan luangkan waktu sebentar untuk menghubungi keluarga.



Referensi

https://parboaboa.com/quality-time-bersama-keluarga

https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html

https://www.sehatq.com/artikel/cara-menerapkan-family-time-di-tengah-pandemi

0 komentar:

Posting Komentar