Minggu, 14 Mei 2023

Essay 2: review film psikologi sosial - Dimas Mahendra Wijaya 22310410107

 Essay 2. Meringkas Film & Opini Saya tentang Dampak Pola Asuh Orang Tua terhadap Pola Pikir Anak


Tugas 2

Psikologi Sosial


Dimas Mahendra Wijaya

22310410107


Dosen Pengampu: Dr., Dra. Arundati Shinta, MA


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi ’45 Yogyakarta


(Foto)


Topik

Trauma masa lalu menentukan bagaimana kita bertindak di masa depan. Pola asuh orang tua sangat berpengaruh terhadap pola pikir anak.

Sumber

Finding Nemo 2003 – 1:42:21

Ringkasan

Ikan badut bernama Martin memiliki seorang istri dan sedang menantikan telur-telur mereka menetas. Akan tetapi, pada suatu hari ada musibah yang menimpa keluarga kecil mereka yang merenggut nyawa dari istri dan telur-telur ikan mereka. Ada sebuah telur yang berhasil di selamatkan oleh Martin. Telur tersebut diberi nama Nemo. Musibah yang terjadi menjadikan trauma berat dalam diri Martin. Sehingga memengaruhi pola asuh Martin kepada anak semata wayangnya yaitu Nemo. 

Ringkasan (Lanjutan)

Nemo adalah seekor ikan badut yang memiliki cacat pada sirip kirinya. Cacat tersebut didapatkan ketika musibah menimpa keluarga kecil mereka. Hal tersebut menyebabkan Martin, sang ayah, memiliki kekhawatiran yang berlebihan terhadap Nemo. Ada beberapa larangan yang diberikan oleh Martin kepada Nemo. Salah satunya adalah Martin tidak memperbolehkan Nemo berenang di laut lepas.


Pada hari pertama Nemo masuk sekolah, Martin sangat berhati-hati. Martin memberikan banyak nasihat kepada Nemo, teman-teman Nemo, dan kepada guru Nemo.


Saat guru sedang menjelaskan beberapa hal kepada murid-murid, beberapa teman Nemo diam-diam pergi ke suatu tempat. Nemo, yang melihat hal tersebut juga mengikutinya. Akhirnya mereka tiba di laut lepas. Teman-teman Nemo kemudian bermain di laut lepas dan menantang Nemo untuk mengikuti mereka. Nemo yang sangat patuh terhadap ayahnya, Matin, awalnya tidak mau mengikuti teman mereka. Akan tetapi, Martin akhirnya menemukan mereka di laut lepas. Martin yang melihat hal tersebut kemudian memarahi Nemo dan teman-temannya. Nemo, yang tadinya menuruti perkataan ayahnya agar tidak bermain di laut lepas akhirnya berenang mendekati kapal yang ada di laut lepas. Hal ini karena Nemo merasa malu dan dianggap terlalu lemah oleh ayahnya. Bahaya muncul ketika akhirnya seorang penyelam menangkap Nemo dan membawanya ke daratan. 

Permasalahan

Kenyataan yang ada, orang tua yang terlalu protektif kepada anaknya menyebabkan perasaan remeh dan malu yang dirasakan oleh anak. 

Opini saya

  • Trauma masa lalu memang sangat menghantui orang yang mengalaminya secara langsung. Akan tetapi, hal tersebut tidak baik apabila dibawa terus menerus.

  • Sebagai orang tua harus menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masa lalu dan tidak membawanya di masa sekarang.

  • Orang tua harus memiliki ilmu parenting agar dapat memberikan asuhan yang baik kepada anak.

  • Memberikan pengertian kepada anak bahwa ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

  • Tidak menegur anak di depan umum karena akan membuat anak merasa malu dan remeh.


0 komentar:

Posting Komentar