Senin, 15 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI: "LOMBA POSTER DAN ESSAY"

Endy Zhuans Saputra

22310410071

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 





Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsQ5f7Cvp0B/?igshid=MmJiY2I4NDBkZg==

Pendahuluan

Literasi memiliki beragam definisi, salah satunya dari UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa). Literasi adalah kemampuan seseorang untuk mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, menghitung, mengomunikasikan, dan menggunakan informasi yang disajikan melalui berbagai bentuk media.

Permasalahan

Literasi atau kemampuan membaca dan menulis menjadi sangat penting di era 5.0 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat. Meskipun era ini menawarkan akses mudah ke informasi melalui internet dan teknologi lainnya, masih ada beberapa permasalahan yang terkait dengan literasi di era 5.0.

-       -Overload informasi

-       -Disinformasi dan hoaks

-       -Kurangnya keterampilan kritis

-       -Penurunan minat membaca dan menulis

Penyelesaian dan Pembahasan

Saat ini kita telah memasuki era digital, yang mana pada era ini teknologi masa lalu telah digantikan dengan teknologi yang lebih modern dan canggih. Perkembangan digital saat ini berkembang dengan pesat mengikuti tuntutan zaman dan tuntutan manusia. Hampir seluruh manusia di dunia ini menginginkan segala hal menjadi lebih praktis dan lebih efisien.

Apa yang kalian bayangkan saat mendengar istilah teknologi digital? Pasti benda yang sudah tidak asing lagi, yakni seperti komputer dan segala perangkat pendukungnya.Ternyata, hal tersebut kurang tepat mengingat komputer hanya merupakan salah satu hasil dari teknologi digital. Lalu sebenarnya apa pengertian dari teknologi digital itu sendiri?

Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoperasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat terbaca oleh komputer.Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik (kode digital).

Menurut Maryland Technology Education State Curriculum literasi teknologi adalah kemampuan untuk menggunakan, memahami, mengatur, dan menilai suatu inovasi yang melibatkan proses dan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah dan memperluas kemampuan seseorang.

Selain itu beberapa permasalahan bisa diselesaikan dengan cara berikut.

-       Menggunakan media digital dengan bijak

Mengintegrasikan teknologi dan media digital dalam kegiatan membaca dan menulis dapat meningkatkan minat dan keterampilan literasi. Dapat dilakukan dengan memanfaatkan platform pembelajaran online, aplikasi mobile, dan media sosial yang didesain secara khusus untuk meningkatkan literasi. Namun, penting untuk mengajarkan penggunaan teknologi secara bijak, termasuk pemahaman tentang privasi online, verifikasi informasi, dan kritis terhadap konten digital.

-       Mendorong membaca dan menulis kreatif

Selain membaca dan menulis akademis, penting untuk mendorong kegiatan membaca dan menulis kreatif. Ini dapat meliputi kegiatan menulis cerita, puisi, blog, atau menggambar ilustrasi untuk cerita. Mendorong imajinasi dan kreativitas dapat meningkatkan minat dan keterampilan literasi secara menyenangkan.

Pustaka dan Daftar Pustaka

Hermawati, A. (2022, June 6). Pentingnya Literasi Digital di Era Digital. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/user-11052022163534/pentingnya-literasi-digital-di-era-digital-1y3VcgyxLYl

Mampuono. (2022, May 22). Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan, Penguatan Literasi Itu Sebaiknya Bukan Hanya Membaca. Retrieved from kemdikbud.go.id: https://bbpmpjateng.kemdikbud.go.id/draft-postliterasi-itu-bukan-membaca-saja

 Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika2(1), 14-18.

0 komentar:

Posting Komentar