Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME WITH FAMILY

 

Quality Time With Family

Momen Sore Ini Menjadi Kenangan Berharga Di Masa Depan

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

 

Alfiyan Hidayat

22310410030

 

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

 

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Alun – Alun Kidul Yogyakarta Jumat 12 Mei 2023 Pukul 17.32 WIB

 



Momen Sore Ini Menjadi Kenangan Berharga Di Masa Depan

 

  1. Link Partisipasi Lomba

            https://www.instagram.com/p/CsNYnK0L4R-/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

  1. Pendahuluan

Apa itu Quality time Salah satu bahasa cinta yang bisa menciptakan rasa kasih sayang lebih dalam sekaligus meningkatkan kualitas hubungan adalah quality time. Mengutip situs Verywellmind, quality time juga disebut sebagai waktu berkualitas yang berpusat pada suasana kebersamaan. Hal itu berkaitan dengan bagaimana cara mengekspresikan cinta dan kasih sayang kepada seseorang dengan perhatian penuh.Dalam hal ini dalam keluarga bagaimana ayah dan ibu memberikan perhatian penuh pada putrinya yang masih masa kanak-kanak.

  1. Permasalahan

Permasalahan yang sering ditemui atau kendala yang dihadapi sehingga sulit mewujudkan quality time dalam hal ini keluarga adalah kesibukan anggota keluarga misalnya seorang ayah yang sedang sibuk bekerja atau ibu yang sedang sibuk dengan kegiatan diluar rumahnya atau waku yang sering tidak bisa bersama karena perbedaan hari libur dan sebagainya sehingga quality time itu perlu diluangkan agar dapat dilakukan.

  1. Pembahasan

Quality time with family dalam foto diatas dapat kita lihat adanya interaksi dari ayah dan ibu kepada putrinya yang masih masa kanak – kanak yang otomatis butuh perhatian penuh , quality time with family tersebut terwujud karena ayah dan ibu anak tersebut sudah sepulang kesibukan bekerja dan kebetulan di hari weekend yaitu Juma’at sore sehingga orang tua berusaha mengajak putrinya untuk jalan – jalan sore mengelilingi seputaran alun – alun kidul .Dalam perjalananya sang anak meginginkan untuk mewarnai gambar – gambar tokoh animasi anak , dia sangat antusias lalu ayah dan ibunya menemani putrinya menggambar dan mewarnai sambil makan dan duduk disampinnya menjaga .Sang anak terkadang meminta bantuan kepada ayahnya dalam mewarnai dan bertanya berbagai hal tentang sekitarnya kepada orang tuanya ,lalu orang tua juga memberikan pengertian – pengertian apa yang ditanyakan oleh anaknya.

Kegiatan interaksi quality time with family ini sangat bagus bagi tumbuh kembang sang anak yang mana pada periode usia ini sangat butuh perhatian kasih dan sayang dari kedua orang tua , orang tua jadi dapat melihat pola perkembangan anak dengan menlihat cara dia bertanya ,cara dia melihat dan memandang suatu hal keberagaman yang terjadi dalam kegiatan sosial di Alun-Alun Kidul sehingga orang tua dapat membimbing memberikan contoh – contoh yang baik bagi anak .

Ketika anak diajak keluar rumah anak akan menjadi pribadi yang bisa melihat dunia luar secara nyata terlepas dari kebiasaan anak di jaman sekarang yang cenderung bermain gawai dirumah dan berinterksi hanya dalam kelompok kecil sepermainan dirumah sehingga anak jadi tahu akan hal – hal baru yang dia tidak temukan dilingkungan sekitar rumahnya.quality time bersama anak akan berdampak pada pembentukan mental dan fisik mereka. Dengan memberikan waktu berkumpul yang berkualitas dengan anak, akan membangun sebuah ikatan yang lebih erat antara orang tua dan sang buah hati.

Manfaat baik lainya dari quality time with family  bagi seorang ayah dan ibu dan anak seperti dapat mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental, melepas penat sehabis bekerja dan tekanan – tekanan mental lainya bisa di release dengan kegiatan tersebut.

 

 

  1. Penyelesaian

Dari apa yang telah dijabarkan diatas seberapa pentingnya quality time with family bagi sebuah keluarga yang sangat berdampak positif bagi setiap anggota keluarga ketika interaksi berkualitas itu terjadi dapat saya sebutkan beberapa solusi agar hal tersebut dapat konsisten terjaga kualitas serta intensitasnya :

  1. Sebagai pasangan suami istri dan orang tua bagi anak bijaknya saling memahami tugas – tugas non materil atau kewajiban non materil atau nafkah non materil secara batiniah dengan memberikan waktu atau meluangkan waktu dalam sela- sela kesibukan untuk dihabiskan bersama keluarga .
  2. Sebagai orang tua sudah selayaknya memberikan contoh – contoh terbaik dalam memberikan contoh interaksi didalam dan diluar rumah.
  3. Sebagai seorang ayah dalam keluarga kewajiban menafkahi secara bathin dan materil memang menjadi prioritas namun sudah kewajiban lain seperti merawat dan mengasuh anak tidak boleh di tinggalkan karena merupakan bagian yang penting bagi figur sang anak.
  4. Juga sebagai seroang ibu yang memiliki ikatan emosi dan juga memiliki kewajiban untuk merawat dan mengasuh anak figurnya harus selalu hadir dan mendampingi tumbuh kembang anak.
  5. Sebagai orang tua pola asuh dan parenting yang tepat akan menghasilkan tumbuh kembang anak yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan mental dan fsisiknya.
  6. Interkasi sosial dalam lingkup kecil seperti keluarga akan memberikan sumbangsi yang besar bagi anak dalam proses pembentukan kepribadianya.
  7. Orang tua wajib paham akan edukasi yang berhubungan dengan parenting pola asuh dan mendidik anak sebagai kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan sama sekali
  8. Kerekatan sebuah keluarga ditentutkan bagiamana kualitas komunkasi anatara suami dengan istri serta orang tua ke anak dapat berjalan secara konsisten , dan intens.

 

 

  1. Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari essay berjudul quality time with family adalah bahwa keluarga merupakan rumah secara emosional  bagi seorang ayah , ibu dan anak , maka jadikan rumah itu senyaman mungkin  seaman mungkin dan semenyenangkan mungkin sehingga setiap individu dalam keluarga dapat mendapatkan kebahagiaan yang hakiki serta berkualitas ketika mereka semua bersama secara emosional.

 

Daftar Pustaka

https://wolipop.detik.com/love/d-6673420/mengenal-quality-time-pengertian-dan-cara-mengekspresikannya

 

http://repository.maranatha.edu/22781/3/1364069_Chapter1.pdf

 

 

https://www.rejuve.co.id/blog/pentingnya-quality-time-bersama-sang-buah-hati#:~:text=Menjalin%20quality%20time%20bersama%20anak,tua%20dan%20sang%20buah%20hati.

 



0 komentar:

Posting Komentar