Minggu, 14 Mei 2023

Essay 3 meringkas jurnal psikologi industri dan organisasi

Nama : Putri Arumsari

Nim   : 22310410074

Kelas : Reguler A1

Dosen Pengampu : Dr.,Dra. Arundati Shinta MA


Topik

Komitmen organisasi, kinerja karyawan, kepuasan kerja pegawai

Sumber

Abni Anisah&Hamdani Rizki . 2023. Komitmen organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada perusahaan perkebunan di Indonesia. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance.  Volume 5, 2023 Hal. 311-318.

Permasalahan

Artikel ini deviasi positif, penulis yang meneliti menggunakan kuisioner yang disebar kepada karyawan PTPN VI dan berhasil mengumpulkan sebanyak 130 responden .Penelitian ini juga merupakan penelitian explanatory karena berusaha menjelaskan fenomena yang ada.

Tujuan

Penelitian

Bertujuan untuk mengetahui pengaruh komitmen organisasi, kepuasan kerja, dan disiplin kerja karyawan terhadap kinerja karyawan.

 

Isi

-Keberadaan karyawan dalam organisasi menentukan keberhasilan dan kelanjutan organisasi dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Manajemen perlu memberikan dukungan yang kuat dalam memotivasi karyawan untuk bekerja secara profesional sehingga karyawan dapat mencapai kinerja sesuai dengan harapan organisasi mereka.

-Kinerja yang baik untuk individu dan kelompok menjadi pusat perhatian dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi. Tujuan organisasi dalam mencapai produktivitas yang tinggi dengan melakukan penilaian kinerja karyawan untuk mengetahui sejauh mana karyawan mampu berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan perusahaan demi mengikuti zaman yang mengalami perubahan dan persaingan yang sangat ketat.

Metode

- Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan metode penelitian asosiatif dan pendekatan survey. Penelitian ini menggunakan variabel dependen dan independen.

-Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dari sumber data primer berupa kuesioner yang diisi oleh karyawan yang bekerja pada kantor Perkebunan Nusantara VI di Jambi dengan jumlah 130 karyawan.

-Rancangan uji hipotesis didasarkan pada tujuan penelitian yaitu uji regresi untuk menilai hubungan variabel independen secara terpisah. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model kausalitas atau hubungan antar variabel penelitian. Penelitian ini menggunakan software SPSS sebagai metode analisis data.

Hasil

Menurut hasil yang didapatkan dari analisis regresi linear berganda yang dilakukan hasil menunjukkan bahwa secara signifikan variabel komitmen organisasional, disiplin kerja, dan juga kepuasan karyawan yang dilakukan memberikan pengaruh positif signifikan untuk kinerja karyawan PT. Perkebunan Nusantara VI kantor pusat Jambi. Untuk memotivasi individu yang bekerja dengan menerapkan komitmen organsisasi maka pekerja akan tetap bertahan di suatu perusahaan dan melakukan pekerjaannya dengan baik. Ketika perasaan senang didapatkan dari organisasi oleh suatu individu ketika sedang bekerja maka kepuasan kerja mendapatkan pengaruh positif terhadap kinerja para karyawan dan begitu pula kepuasan kerja dapat diasumsikan bagaimana individu mendapatkan kesenangan saat bekerja. Saat melakukan pekerjaan individu, para karyawan juga merasa nyaman dan puas terhadap apa yang sedang dikerjakannya sehingga ini dapat dikatakan sebagai faktor pendorong untuk meningkatkan kinerja karyawan di dalam suatu perusahaan. jika disiplin kerja karyawan semakin baik maka kinerja karyawan semakin baik pula, namun secara signifikan memengaruhi naiknya kinerja karyawan.

Diskusi

Perusahaan dapat membuat perbaikan pada tingkat pelayanan khususnya dalam kegiatan yang merealisasikan sarana dan juga prasarana, lalu memberikan jaminan berupa promosi jabatan yang adil serta sesuai dengan pengalaman dan masa kerja agar karyawan merasa jika menetap dalam perusahaan tersebut tetap dapat memiliki kesempatan dalam peningkatan karir, serta kesesuaian antara pekerjaan dengan gaji ataupun tunjangan yang didapat.

 


0 komentar:

Posting Komentar