Minggu, 14 Mei 2023

UTS Psikologi Sosial, Lomba Foto dan Essay " Quality Time With Family ". RIFKY BACHTIAR LISANDRA

(MENGERJAKAN ESSAY BERJUDUL LIBURAN BERSAMA KELUARGADAN MENGIKUTI LOMBA)

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial
Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, MA.






RIFKY BACHTIAR LISANDRA

22310410011

Fakultas Psikologi 

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Link Partisipasi Lomba : 

https://www.instagram.com/p/CsN-IIevTYD/igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

 

Pendahuluan :

Liburan adalah hal yang sangat penting. Aktivitas ini bisa membuat kamu tetap waras di tengah kehidupan yang penuh dengan tekanan. Liburan juga memiliki banyak manfaat, apalagi bersama keluarga.  Liburan  bersama  keluarga mempunyai  banyak  hal-hal positif seperti meningkatnya kasih sayang kepada anggota keluarga, perilaku anak yang lebih baik di sekolah dan di rumah, optimisme, serta ambisi yang lebih besar untuk masa depan mereka.


Permasalahan :

Permasalahan saat ini adalah ketika aktivitas atau pekerjaan yang sangat padat akan membuat kita menjadi stress dan jarang berkomunikasi dengan keluarga kita, sehingga mengakibatkan keluarga menjadi tidak harmonis, renggang, dan tidak memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga kita.


Pembahasan :

Keluarga merupakan kelompok sosial yang paling utama bagi seorang anak. Berbeda dengan kelompok pertemanan, keluarga memiliki struktur dan peran yang tidak dapat digantikan oleh teman-teman seusia mereka. Peranan orang tua serta saudara sebagai tim membuat keluarga menjadi wadah yang lebih efektif dalam membentuk kepribadian anak. Namun seiring dengan perkembangan zaman, semakin sedikit waktu yang diluangkan oleh individu untuk quality time Bersama keluarga. Waktu liburan, makan malam, ataupun jalan-ajaln mulai lebih banyak dihabiskan Bersama dengan teman-sebaya atau diisi dengan kesibukan lainnya. Waktu Bersama keluarga kadang bukanlah yang utama.


Ketika kita menghabiskan waktu Bersama keluarga, ada rutinitas dan ritual yang dilakukan. Rutinitas keluarga adalah aktivitas yang biasa dilakukan oleh keluarga secara bersama-sama (Spagnola & Fiese, 2007). Makan malam Bersama, perayaan hari special, atau menghabiskan liburan Bersama adalah bentuk rutinitas keluarga. Sedangkan ritual keluarga adalah identitas keluarga yang dituangkan saat menghabiskan waktu Bersama. Ritual keluarga mencakup budaya dan kepercayaan, seperti menggunakan baju merah saat perayaan tahun baru, berdoa sebelum makan, atau bisa juga kembaran baju untuk acara-acara tertentu.


Terlepas dari tren dan apa yang sudah dianggap biasa oleh masyarakat, menghabiskan quality time bersama dengan keluarga masih sangat penting. Selain untuk menjaga hubungan, manfaat lain dari quality time bersama keluarga adalah memberikan orang tua kesempatan untuk menunjang pertumbuhan yang positif pada anak.



Penyelesaian :

Terlepas dari permasalahan di atas, berikut ini adalah cara dan manfaat menghabiskan waktu Bersama keluarga antara lain :


1. Makan Bersama

Cobalah untuk meluangkan waktu agar bisa sarapan atau makan malam bersama keluarga. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Developmental & Behavioral Pediatrics, makan bersama keluarga menjaga dan mengembangkan kesehatan mental anak hingga ia dewasa.

Linda Pagani, profesor psikoedukasi dalam penelitian tersebut berkata bahwa anak yang terbiasa makan bersama keluarga memiliki kemampuan bersosialisasi lebih baik. Hal ini karena saat makan malam, para orang tua melatih kemampuan anak berinteraksi, membicarakan masalah bersama, dan kondisi keseharian mereka.

 2. Bicarakan masalah Bersama keluarga

Luangkan sedikit waktu baik saat makan bersama ataupun sebelum tidur untuk mengobrol bersama keluarga. Kebiasaan ini akan membantu anak tumbuh dengan memiliki mekanisme koping yang lebih sehat saat dia memiliki masalah.

Membentuk kebiasaan membicarakan masalah bersama di keluarga juga dapat membantu menghilangkan stres dan menemukan solusi yang efektif. Stres secara signifikan memengaruhi kesehatan fisik, seperti kelelahan, tekanan darah, dan kesehatan jantung.

 3. Mengerjakan PR Bersama anak

Menurut penelitian, anak-anak sekolah dasar yang menghabiskan waktu bersama orang tua cenderung berprestasi lebih baik. Karena bersama orang tua, mereka belajar keterampilan komunikasi dan pentingnya pendidikan.

Anda bisa meluangkan waktu sepulang kerja untuk membantu anak belajar atau mengerjakan PR mereka. Bahkan jika Anda hanya bertanya seperti apa hari yang mereka lalui atau apa yang mereka pelajari hari itu, hal tersebut akan bermanfaat bagi perkembangan mental anak. 

 4. Aktivitas fisik Bersama

Berkegiatan di luar ruangan seperti olahraga, mendaki, atau berkebun bersama keluarga membantu meningkatkan kebugaran. Anda bisa meluangkan waktu ketika akhir pekan untuk melakukan banyak aktivitas fisik bersama.

Dr. Thatcher, DO, CMRO, Direktur Keperawatan Valley Behavioral Health menjelaskan bahwa melakukan aktivitas fisik bersama keluarga dapat meningkatkan kebiasaan olahraga dan gaya hidup sehat lainnya.

Dalam jangka panjang, aktivitas ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, hormonal, dan kekebalan tubuh. Berkumpul bersama keluarga juga bisa saling menyemangati untuk menjaga pola hidup sehat.

Anda bisa merancang agenda akhir pekan dengan berkemah, berkebun, memasak, atau bahkan sekadar membersihkan rumah bersama.

5. Perkuat aturan dalam keluarga

Mengutip dari VOI, aturan keluarga penting untuk memastikan rumah tangga berjalan dengan baik. Oleh karena itu, perlu meluangkan waktu bersama untuk memperkuatnya.

Orang tua dan anak-anak dapat membicarakan acara kumpul bersama tanpa harus menunggu libur. Misalnya, Anda bisa membuat aturan tidak ada ponsel selama makan bersama sehingga semuanya hanya fokus di acara makan bersama keluarga.

Membiasakan sarapan, makan malam bersama, belanja bulanan, hingga berkebun setiap minggunya bisa menjadi cara efektif untuk menjadi momen berdiskusi orang tua dan anak-anaknya.

Anda juga bisa membiasakan anak untuk selalu merapikan mainan dan buku pelajaran setelah digunakan. Ajak juga anak untuk selalu menjaga kerapihan serta kebersihan kamar tidurnya.

Daftar Pustaka atau Referensi :

 1.    https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_IdYEAAAQBAJ&oi=fnd&p g=PA7&dq=liburan+bersama+keluarga&ots=kbEuUoeJ6Z&sig=jG_9aa- yvqy5g4H0NpMuXhsQoMc&redir_esc=y#v=onepage&q=liburan%20bersa ma%20keluarga&f=false

2.    https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=_IdYEAAAQBAJ&oi=fnd&p g=PA7&dq=liburan+bersama+keluarga&ots=kbEuUoeJ6Z&sig=jG_9aa- yvqy5g4H0NpMuXhsQoMc&redir_esc=y#v=onepage&q=liburan%20bersa ma%20keluarga&f=false

 

 


0 komentar:

Posting Komentar