Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL: ESSAY DENGAN TEMA QUALITY TIME WITH FAMILY

 

Quality Time With Family

Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Ahmad Faris Danardana

22310410080

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA, MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


 


 

Menumbuhkan quality time with family sejak dini

a.       Link Partisipasi Lomba

https://www.instagram.com/p/CsM11PvSRZxzn45L0w8ORh5LSXNIsgHS6Veays0/?igshid=NzJjY2FjNWJiZg==

 

b.      Pendahuluan

Berkumpul bersama keluarga tentunya merupakan momen yang sangat membahagiakan. Namun, terkadang pekerjaan menyita waktu dengan keluarga dan mengurangi quality time atau waktu berkualitas bersama keluarga. Padahal quality time bersama keluarga merupakan salah satu cara menjalin hubungan intim dengan keluarga untuk membangun keluarga yang harmonis serta membawa keseimbangan pada kehidupan pribadi. Kita perlu mengenalkan anak kita untuk meluangkan waktu bersama keluarga sejak dini supaya kehidupan rumah tangga semakin erat.

 

c.       Permasalahan

Untuk anak-anak yang masih kecil biasanya belum memahami esensi yang sebenarnya dari quality time bersama keluarga. Kebanyakan dari mereka hanya akan fokus dengan aktivitas yang dilakukan tersebut. Sehingga jangan heran jika anak tampak malas-malasan, bosan, atau tidak nyaman, karena tidak semua aktivitas akan terasa menyenangkan bagi mereka.

 

d.      Pembahasan

Quality time with family dalam foto diatas terdapat foto ibu sedang menggendong anaknya yang masih kecil di sebuah pusat perbelanjaan untuk mengenalkan quality time sejak dini sembari mendidik anaknya untuk mengetahui lingkungan disekitarnya. Di sepanjang jalan ibu tersebut mengenalkan kepada anaknya tentang lingkungan yang ada di sekitar mall, anak tersebut tertarik dengan tempat dimana banyak wahana game di dalam mall. Kegiatan Quality time tersebut sangat baik bagi tumbuh kembang anak, di sisi lain juga menambah pengetahuan dan wawasan anak walaupun masih kecil. Peran orang tua juga penting dalam hal ini. Mereka bisa mengenalkan hal-hal yang positif dan dapat dicontoh untuk anak mereka.

 

e.      Penyelesaian

Untuk menghindarinya, sebelum quality time cobalah untuk mengajak anak berdiskusi seputar kegiatan apa yang ia ingin lakukan. Dengan melakukan hal yang telah disepakati bersama, tentu akan memberikan rasa nyaman bagi anak dan terasa seru bagi keluarga. Buatlah momen quality time ini menjadi waktu istirahat bagi setiap anggota keluarga. Pilihlah topik yang menyenangkan dan ringan agar menjaga suasana hati anak tetap baik.

 

f.        Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat kita ambil dalam essay di atas adalah selain kita sebagai orang tua perlu mengenalkan quality time with family sejak dini ke keluarga kita, kita juga harus dapat meluangkan waktu kita untuk keluarga. Kita perlu memilih topik yang menyenangkan dan ringan dalam quality time bersama dengan anak kita sehingga anak kita merasa aman dan nyaman, kita juga sebagai orang tua merasa senang dan kegiatan quality time jauh lebih bermanfaat bagi keluarga kita.

 

Daftar Pustaka

https://www.popmama.com/amp/big-kid/6-9-years-old/jemima/penyebab-anak-tak-nyaman-saat-quality-time-bareng-keluarga?page=all#page-2

 

https://www.alodokter.com/ini-pentingnya-quality-time-bersama-orang-terdekat

 

https://www.cleanipedia.com/id/keluarga/mengapa-quality-time-bersama-keluarga-sangat-penting.html

 





0 komentar:

Posting Komentar