Senin, 15 Mei 2023

UTS Psikologi Industri dan Organisasi : Lomba Poster dan Essay "Industri Konten Digital dalam Perspektif Society 5.0

 Nama :Maulana Malik Ibrahim 

Nim : 22310410091

Kelas : RegulerA1

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA








Link postingan

https://www.instagram.com/p/CsQfw6IpkME/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==


Pendahuluan

 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memacu terjadinya transformasi 

digital yang mengubah tatanan industri (Fukuyama 2018). Gelombang transformasi tersebut 

menjadi salah satu elemen dari terciptanya kerangka berpikir serta kebijakan industri baru, 

misalnya konsep Revolusi Industri 4.0, Industri Internet, dan Made in China 2025. Kecanggihan 

teknologi Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan robotik pada sektor industri telah 

membawa perubahan signifikan kepada masyarakat (Fukuyama 2018). Melalui teknologi tersebut, 

manusia dapat lebih mudah dan cepat dalam menemukan solusi dari masalah-masalah sosial 

serta menggantikan kerja fisik (Potočan, Mulej, and Nedelko 2020). Fenomena ini pada akhirnya 

membangun suatu gagasan tentang teknologi dan manusia yang hidup berdampingan sehingga 

terciptalah kehidupan yang lebih bernilai (Ellitan 2020).


Permasalahan :

Society 5.0 merupakan konsep yang mengimplementasikan teknologi pada Revolusi 

Industri 4.0 dengan mempertimbangkan aspek humaniora sehingga dapat menyelesaikan 

berbagai permasalahan sosial dan menciptakan keberlanjutan (Faruqi 2019). Melalui teknologi AI 

pada Industri 4.0, big data atau mahadata pada seluruh aspek kehidupan dapat dikumpulkan 

melalui internet dan diubah menjadi pengetahuan baru yang mampu membangun kehidupan 

manusia yang lebih berarti (Widiastuti 2020). Jika Industri 4.0 menempatkan teknologi hanya 

sebagai mesin atau alat untuk mengakses informasi, maka Society 5.0 menekankan bahwa 

teknologi dan fungsinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia (Ellitan 2020). Selain itu, 

dengan mengadaptasi teknologi di Revolusi Industri 4.0, aktivitas pemasaran konten (content 

marketing) akan lebih efektif melalui AI karena mampu menyasar segmen atau target yang tepat 

(Kose and Sert 2016).


Pembahasan:


Konsep mendasar dari Society 5.0 adalah bagaimana ekonomi dapat bertumbuh tanpa 

melupakan aspek keberlanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia (Fukuyama 2018; 

Potočan, Mulej, and Nedelko 2020). Hal tersebut menunjukkan bahwa telaah terhadap industri 

konten digital melalui perspektif Society 5.0 membutuhkan analisis mendalam mengenai aspek 

ekonomi dan keberlanjutan yang diciptakan dari ekosistem industri tersebut. Pembahasan 

mengenai kedua aspek tersebut akan bertumpu pada komponen-komponen yang membangun 

ekosistem industri konten digital. Komponen-komponen tersebut akan dikaji dengan perspektif 

digital karena Society 5.0 tidak bisa dipisahkan dengan ruang siber (Fukuyama 2018). Kolaborasi 

dan inovasi menjadi konsep yang tidak dapat dipisahkan dalam membahas isu keberlanjutan yang 

muncul dari komponen ekosistem industri tersebut.


Penyelesaian :


Industri konten digital memerlukan kebijakan inovasi sebagai penggerak 

untuk dapat melanjutkan bisnisnya. Hadirnya kebijakan menyatakan bahwa pemerintah harus 

turut berperan dalam membangun Society 5.0. Penelitian lebih lanjut terkait pengembangan 

framework industri konten digital dalam Society 5.0 perlu dilakukan untuk memetakan berbagai 

stakeholders dan konsep-konsep yang mendukungnya.


Referensi:

Binninger, Anne Sophie, Nacima Ourahmoune, and Isabelle Robert. 2015. “Collaborative Consumption and 

Sustainability: A Discursive Analysis of Consumer Representations and Collaborative Website

Narratives.” Journal of Applied Business Research 31 (3): 969–86. 

https://doi.org/10.19030/jabr.v31i3.9229.

Carter, Craig R., and Dale S. Rogers. 2008. “A Framework of Sustainable Supply Chain Management: Moving 

toward New Theory.” International Journal of Physical Distribution and Logistics Management 38 

(5): 360–87. https://doi.org/10.1108/09600030810882816.

Cunningham, S D, M A Keane, M D Ryan, and G N Hearn. 2003. “RESEARCH AND INNOVATION SYSTEMS IN 

THE PRODUCTION OF DIGITAL CONTENT AND APPLICATIONS.” Vol. III. 

https://eprints.qut.edu.au/2467/.

Deloitte. 2018. “Digital Media: Rise of On-Demand Content,” 5–7. 

www.deloitte.com/in%0Ahttps://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/in/Documents/tech

nology-media-telecommunications/in-tmt-rise-of-on-demand-content.pdf.

0 komentar:

Posting Komentar