Minggu, 14 Mei 2023

UTS PSIKOLOGI SOSIAL : Lomba Foto 'Quality Time With Family'

Quality Time Bersama Keluarga

Endy Zhuans Saputra

22310410071

Reguler A1

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



Link Partisipasi Lomba :

https://www.instagram.com/p/CsOdl6YPS1r/?igshid=NTc4MTIwNjQ2YQ==

Pendahuluan

     Quality time with family adalah waktu yang dihabiskan bersama keluarga dengan fokus pada interaksi dan kualitas waktu yang dihabiskan bersama. Tujuan dari quality time adalah untuk mempererat hubungan antara anggota keluarga dan menciptakan kenangan yang positif. Kegiatan yang dilakukan selama quality time dapat beragam, tergantung pada minat dan keinginan anggota keluarga, seperti bermain game, berbicara, makan bersama, atau melakukan kegiatan luar ruangan. Yang penting adalah kegiatan tersebut memungkinkan anggota keluarga untuk saling terhubung dan menikmati waktu bersama secara positif.

Komunikasi adalah suatu kegiatan yang pasti dalam kehidupan keluarga. Menurut Soelaeman (Djamarah 2004:16) keluarga adalah sekumpulan orang yang hidup bersama dalam tempat tinggal bersama dan masing – masing anggota keluarga saling mempengaruhi, saling memperhatikan, dan saling menyerah diri. Interaksi sosial yang berlangsung dalam keluarga tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi karena ada tujuan atau kebutuhan bersama antara ibu, ayah, dan anak.

Permasalahan

Permasalahan quality time pada anggota keluarga yang merantau adalah jarak yang memisahkan anggota keluarga tersebut dan kesibukan masing-masing anggota keluarga. Jarak yang jauh dapat menghambat terjadinya interaksi dan kegiatan bersama keluarga secara fisik, sehingga membuat anggota keluarga yang merantau merasa terisolasi dan kesepian. Selain itu, kesibukan masing-masing anggota keluarga juga dapat membuat waktu yang tersedia untuk quality time menjadi terbatas.

Penyelesaian dan Pembahasan

Perkembangan zaman yang terus berkembang akan mempengaruhi setiap keluarga untuk membentuk anggota keluarga menjadi individu yang cerdas. Karena itu, banyak orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak mereka. Para orang tua juga rela terpisah jauh dengan anak mereka demi masa depan dan cita-cita yang akan dicapai oleh anak yang mereka cintai. Perkembangan teknologi dan komunikasi yang juga semakin pesat pada saat ini mempengaruhi komunikasi yang terjalin diantara anggota keluarga. Hal ini dapat dilihat dari munculnya aplikasi dan alat komunikasi yang setiap saat dapat digunakan oleh setiap individu seperti BBM (Blackberry Messenger), Instagram, Whatsapp, dan media komunikasi lainnya. Bagi para orang tua dan anak yang tinggal terpisah,maka perkembangan ini akan membantu mereka untuk menjaga komunikasi diantara orangtua dan anak. Misalnya dengan menggunakan alat komunikasi handphone, para orang tua dapat menghubungi anak mereka setiap saat. Sedangkan jika para orang tua ingin melihat keadaan fisik anak mereka apakah semakin kurus atau bertambah gemuk, maka orangtua dapat menggunakan fasilitas video call atau sejenisnya melalui internet.

Cara membuat Quality Time Efektif Bersama Keluarga

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

1.     Anggota keluarga dapat mengatur jadwal rutin untuk melakukan video call atau panggilan telepon dengan keluarga yang merantau.

2.     Memanfaatkan teknologi media sosial seperti aplikasi WhatsApp, Line, Instagram, Messeger, dan lain-lain. untuk tetap berkomunikasi dan berbagi informasi secara rutin.

3.     Anggota keluarga yang merantau juga dapat merencanakan kunjungan ke keluarga di kampung halaman atau mengundang keluarga untuk berkunjung ke tempat tinggal mereka.

Sehingga meskipun jarak memisahkan antara anggota keluarga yang sedang merantau. Quality time dapat terus di jalankan dengan baik serta dengan cara yang unik agar terjaganya komunikasi antara keluarga.

Pustaka dan Daftar Pustaka

Sari, C. P., & Fitri, N. A. (2018). Komunikasi Keluarga Dalam Hubungan Jarak Jauh Pada Mahasiswa Perantau Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Jurnalisme7(2), 136-157.

 

Sabrina, E. R., & Aprianti, A. (2021). Komunikasi Keluarga Antara Mahasiswa Rantau Dan Orangtua Dalam Penggunaan Media Sosial Di Telkom University. eProceedings of Management8(3).

0 komentar:

Posting Komentar