Rabu, 19 April 2023

Meringkas Jurnal 2

 

Meringkas Jurnal 2

Teknik Penyusunan Skripsi

(Semester Ganjil 2023/2024)

Elyza Alvinna Mu’arif (20310410074)

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


Topik

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Status Ekonomi

Sumber

Ibnu,F., Windartik, E., Yulianti, I. (2018). Hubungan status ekonomi dengan perilaku hidup bersih dan sehat dalan rumah tangga. Journal of Health Science. Vol 10 (2), Desember.

Permasalahan

Ini adalah penelitian dengan deviasi positif bahwa status ekonomi sangat erat berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Tujuan penelitian

Untuk mengetahui hubungan status ekonomi dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam rumah tangga di Dusun Muteran Desa Wonodadi Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto. 

Isi

·    Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku, melalui pendekatan pimpinan (advocacy), bina suasana (social support) dan pemberdayaan masyarakat (empowerment) (Dinkes, 2008).

·     PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

·     Hasil penelitian Zaahara yang dilakukan di Bekasi (2001), status sosial ekonomi yang meliputi (1) jenis pekerjaan, (2) pendidikan, (3) pemilikan aset dan (4) prestis berupa penghormatan masyarakat dilihat dari kedudukan formal, informal maupun lembaga adat dan agama mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan perilaku hidup sehat dalam keluarga (Furwanto, 2013).

Metode

·     Rancangan penelitian ini adalah analitik korelasi metode rancangan cross sectional.

·    Subjek penelitian adalah semua kepala keluarga di Dusun Muteran Desa Wonodadi Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto sebanyak 112 orang menggunakan teknik sistematik random sampling hingga didapatkan sampel 88 orang.

·     Metode pengambilan informasi adalah wawancara . Topik wawancara adalah 10 indikator PHBS dalam tatanan rumah, antara lain anggota keluarga masih merokok kurangnya pemberian ASI ekslusif, dan lantai rumah masih terbuat dari tanah. 

Hasil

·     Hasil uji Rank Spearman menunjukkan nilai ρ sebesar 0,000, dimana ρ = 0,000 < 0,05 maka artinya terdapat hubungan antara status ekonomi dengan perilaku hidup bersih dan sehat di Dusun Muteran Desa Wonodadi Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto.

·    Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi status sosial ekonomi maka semakin baik pula perilaku hidup bersih dan sehat. Hasil ini menunjukkan bahwa status ekonomi sangat erat berkaitan dengan perilaku hidup bersih dan sehat.

Diskusi

·    Untuk mewujudkan sebuah bangsa yang lebih sehat, masyarakat diajak berkomitmen untuk melakukan hidup sehat melalui perilaku hidup bersih dan sehat. Sedangkan yang tidak memenuhi indikator phbs dikatakan phbs tidak sehat. Dampak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang tidak baik dapat menimbulkan suatu penyakit diantaranya adalah mencret, muntaber, desentri, typus, dan DBD.

0 komentar:

Posting Komentar