Kamis, 20 April 2023

Meringkas Koran Essay Ke -1 : Depen Telenggen


TUGAS PSIKOLOGI SOSIAL

 

 

 Depen Telenggen

 22310410128


Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 2023

 

Topik 

 

Pelaku Mutilasi Binggung Mau Nyerah Kabur Atau Bunuh Diri

 

 Sumber

Polisi Temukan surat di kos tersangka yang berisi curhat usai memutilasi korban. Koran Merpai: Pada Tanggal Jumat Wage  24  Maret 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 Ringkasan

 

 

 

 

 

 

 

 

Siapapun baca surat ini ini tolong, maafkan aku yang sering biking kalian jengkel,” ujar pelaku dalam surat itu. Dia menyiratkan rasa kegalauan yang tinggi usai membunuh dan memutilasi korban ayu Idrawasri. Bahkan smpai beniat bunuh diri “ saya pergi dari sini (ko-kosan) sampai ketemu lagi di penyarah atau akhirat,” ujar pelaku. Dia mengaku terjerat utang di pinjaman online hingga harus melunasi nya. Beres nya RP 8 juta.” Untuk uang biar allah yang memutuskan, jika ada waktu dan jalan keluar akan saya lunasi dengan cara saja sendiri .

Tersangka juga mengaku terjerat pinjol untuk memenuhi gengsinya. Bisa jadi, meminjam uang secara  instan biar bisa hidup mewah.  kenapa  aku melakukan ini karena sering berda di bawah tekanan akibat gengsi. Dan maaf untuk segala kebohonganku, “kata pelaku tampe merinci tindakan bohon seperti apa yang sering dilakukan bahkan sekali lagi menyatakan ingin bunuh diri usai membunuh korban. “aku hanya punya waktu kurang lebih 24 jam. Dengan waktu segitu aku akan  memutuskan untuk menyerahkan diri ke polisi atau lari sebisa mungkin atau dari dari kehidupan ini ( bunuh diri).

Surat itu ditemukan polisis dalam penggeledahan di kos-kosan pelaku di wilayah  gemplak, Sleman dan kemudian dijadikan barang bukti. Di ketahui bawah pelaku sempat kembali di kos –kosan usai membunuh dan mencari motor korban ayu. Di kos itu dia diduga  menulis surat tersebut sebelum akhir kabur menggunakan motor milik korban. di beritakan sebelumnya, apparat Polda DIY akhirnya mengungkap kasus mutilasi di sebuah losmen di kaliurang Sleman. Korban ayu indraswari (34) atau Al warga kecamatan kraton Yogyakarta ternyata dimutilasi oleh teman dekatnya.pelaku membunuh korban lantaran ingin merampok uang dan motor untuk membayar utang pinjaman online. Menurut keterangan yang diamankan adalah P alias P (23) warga temanggung. Dia dibekuk selasa (21/3) saat sembunyi di rumah kerabat nya  di temanggung.

 

 

 Masalah

Masalahnya karena adanya pinjaman uang lewat online baru belum bisa bertanggun jawab Sebesar RP 8 juta. Sehingga palaku meminjam uang ingin membunuh diri.

 

 

Opini saya 

Terjadi mutilasi, karena adanya  dampak yang  begitu muncul  pelaku  menyerah atau mau bunuh diri karena tidak punya uang untuk pemnbayaran tenaga  korban. sehingga dia lari kabur ke hutan. sebab itu, bila mana harus bertanggun jawab karena meminjam oleh orang lain punya uang hanya secara gampang-gampang baru hanya mau bunuh diri ini kalo pribadi saya tidak masuk akal karena dia gampang sekali pinjam uang Rp 8  juta baru dia  ini tidak mampu bayar berarti buka tanggan saja ke polisi supaya masalahnya aman. dengan demikian hal begini dilakukan merusak nama baik daerah yang terlebih khususnya DIY kraton Yogyakarta. 

  


0 komentar:

Posting Komentar