Kamis, 20 April 2023

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGAN SOSIAL

OUTSOURCED
Juliani Mariati Larosa
Program Studi Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

 

Menjadi karyawan yang unggul dalam suatu perusahaan mengharuskan kita memiliki kesehatan mental yang kuat agar bisa menghadapi tuntutan pekerjaan. Kita harus bisa bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan sosial agar bisa fokus pada tujuan.

Sumber

Outsourced | Full Romantic Comedy Movie | Asif Basra - 1:42:28.

https://www.youtube.com/watch?v=lI9x9cKpwHc

Ringkasan

 

 

Todd Hamilton, adalah seorang pria muda dari Seattle-Amerika Serikat. Kantor tempat Todd bekerja mengirimnya ke benua seberang, tepatnya ke India. Di sana mereka membuka cabang baru khusus untuk menangani keluhan atau pertanyaan via telepon untuk produk mereka. Maka berangkatlah Todd dengan pakaian dan pola pikir Amerika-nya ke tanah asing di Asia Selatan itu. Sesampainya di India Todd terjebak dalam situasi yang membuat dia mengalami shock culture, melihat Ketidakteraturan dan kesederhanaan India yang  berbenturan dengan keteraturan dan modernitas Amerika.

Ringkasan (lanjutan)

 

Tetapi mengingat tugas dan tanggung jawabnya untuk memperbaiki kinerja karyawan outsourcing dari India itu, dia pun berusaha untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sosial tempat ia bekerja itu. Walaupun sempat merasa mustahil untuk bisa bersosialisasi dengan lingkungan itu karena segala sesuatu yang berbeda dari tempat dia berasal baik dari segi adat, budaya, bahasa, ekonomi dan teknologi yang ada tetapi dia tetap berusaha agar dia bisa menjalankan tugas dan pekerjaannya.

Ringkasan (lanjutan)

 

 

 

 

Cara Todd agar bisa berinteraksi dengan lingkungan sosialnya dan lingkungan kerja yakni dengan sesama karyawan outsourcing nya itu dia berusaha untuk bisa mengambil peran seakan-akan dia berasal dari lingkungan tempat dia bekerja. Todd mencoba untuk sementara melupakan pola pikir amerikanya dan juga mengganti cara berpikir dan berpakaiannya sesuai dengan tempat dia tinggal sekarang yakni India. Ternyata cara Todd berhasil dan akhirnya dengan kerja kerasnya target perusahaannya pun akhirnya terpenuhi. Strategi tak ternyata tidak lah sia-sia karena dengan cara dan pola pikir yang ia sesuaikan dengan India akhirnya dia berhasil mengalahkan target yang dibuat oleh sang atasannya. Namun tak lama setelah itu Todd menerima kabar kalau kantor pusat dia bekerja menurunkan perintah supaya menutup kantor yang ada di India. Dan akhirnya mereka pindah ke Cina di mana tempat itu menjadikan pengeluaran lebih sedikit, walaupun seluruh karyawan outsourcing Todd terpaksa jadi pengangguran, termasuk sang manager yang sebenarnya berharap bisa menikah dengan sang kekasih di tahun ini berbekal dengan gaji kantor Todd.

Ringkasan (lanjutan)

 

 

Todd hanya bisa menerima keadaan dengan menghela nafas karena semua yang terjadi di luar kekuasaannya. Todd tidak bisa berbuat apa-apa, namun semua kenangan dan juga pelajaran yang ia dapat dari tempat ia bekerja yaitu India di mana dia harus berinteraksi dan bersosialisasi dengan individu-individu yang memiliki kepribadian dan juga lingkungan yang berbeda dengannya sudah terlalu jauh ke dalam memori dan darahnya. Todd mengambil banyak pelajaran kehidupan yang ia dapatkan dari negeri India.

Permasalahan

 

 

India yang memiliki modernitas dan lingkungan sosial yang berbeda jauh dari Amerika, perbedaan itu muncul dari segi budaya, bahasa, serta teknologi yang ada. Individu menjadi orang asing atau stranger yang mengalami kecemasan atau ketidakpastian pada tahap awal berinteraksi hal itu membuat Todd terpaksa harus bisa beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan tempat tinggalnya sekarang. Idealnya Todd harus bisa bersosialisasi dengan lingkungannya, Todd juga harus bisa beradaptasi dengan perilaku individu lain yang ada di lingkungan tersebut agar bisa fokus pada tujuannya.

Opini Saya

 

 

 

 

 

 

 

 

§        Strategi individu untuk beradaptasi dengan perilaku individu lain, ketika memiliki ketertarikan atau persamaan perilaku beliefs maka memungkinkan antar individu mengalami konvergensi. Sedangkan divergensi merupakan strategi individu untuk mempertahankan jati dirinya dengan menunjukkan perbedaan yang ada. Akomodasi berlebihan menunjukkan perilaku berlebihan seorang individu atas perilaku individu lain yang memiliki perbedaan budaya, semata-mata untuk mempersepsikan bahwa mereka tidak setara.

§        Budaya konteks rendah dan budaya konteks tinggi merupakan bentuk dari pengelompokan budaya di dunia yang didasari oleh teori individual dan kolektif.

§        Adanya perspektif yang berbeda antara perempuan dan laki-laki, di mana masing-masing memiliki pandangan yang tidak setara, kedudukan yang berbeda dalam hierarki sosial, di mana lingkungan sosial memandang perempuan bersifat minoritas sedangkan laki-laki berkuasa secara mayoritas. di mana kelompok dominan mampu membuat aturan terhadap kelompok minoritas yang dianggapnya baik bagi kaum minoritas tersebut.

§        Dalam kehidupan bermasyarakat, apalagi saya sebagai pendatang baru di Jogja akan berusaha untuk bisa beradaptasi baik itu terhadap adat, budaya, bahasa serta keragaman lainnya sehingga saya bisa bersosialisasi dan diterima oleh masyarakat serta lingkungan tempat saya tinggal sekarang. dengan mencoba untuk ikut berperan selayaknya seperti masyarakat setempat agar tidak terjadi bentrokan dalam kehidupan sosial.


 

0 komentar:

Posting Komentar