Senin, 24 April 2023

Essay 2: Review & Meringkas Film Youtube _ Nurul Khasanah (22310410033)

 Essay 2 Meringkas Film Youtube Dan Opini Saya Hilangnya Identitas Diri Sebab Tuntutan Untuk Berperilaku Sama Dengan Perilaku Sosial Yang Ada.


Remember The Goal

Essay 2

Psikologi Sosial

Nurul Khasanah

22310410033

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Topik 

Pelari lintas negara harus berlatih lari dengan sangat cepat agar dapat menang seperti yang biasanya dilakukan pelatih professional.

Sumber 

Remember The Goal - 1:28:13

https://www.youtube.com/watch?v=zH0EGqlb7eg&list=LL&index=1

Ringkasan 

  • Datangnya seorang guru baru biologi dan sains Courtney Smith-Donnellyn yang juga menjadi pelatih baru untuk lari lintas negara tim Orange Hill yang awalnya tidak disambut dengan baik. Seorang pelari bernama Kristen Sims tidak menyukai cara pelatihan yang diajarkan Donnelly sebab dianggap tidak professional dan Donnelly juga untuk pertama kalinya menjadi pelatih untuk lintas negara. Donnelyn memberikan pelatihan dengan mengajarkan gadis-gadis itu melakukan lari dengan cara lambat tapi tempo yang stabil.

  • Awalnya Kristen Sims mengajak kedua temannya Anna dan Heidi untuk melakukan dua kali latihan yang pertama dengan pelatih professional dan yang kedua dengan Donnelly, karena tidak percaya dengan yang dilakukan Donnellyn untuk membuatnya berlari dengan lambat daripada menyuruhnya berlari cepat. Kedua teman Kristen mulai kesulitan dengan permintaannya dan memutuskan untuk menyudahi latihan dengan pelatih dari Kristen. Karena keangkuhannya, Kristen di keluarkan dari tim Orange Hill yang membuat Kristen juga membujuk teman lainnya di tim untuk keluar juga dan menyisakan 5 gadis saja yaitu Anna, Heidi, Rebecca, Shelby, dan Katelyn.

  • Donnellyn membuat jadwal latihan menjadi dua kali lipat dari jadwal sebelumnya karena menyisakan sedikit gadis yang bisa membuatnya jadi lebih terfokus. Kelima gadis berusia 15 tahun itu memiliki permasalahan pribadi masing-masing yang terkadang menggangu latihan, tapi Donnellyn bisa melihat permasalahan mereka dan membantunya sebisa mungkin. Seperti Heidi yang merasa iri dengan pencapaian anna tetapi Donnellyn mengatakan jika kecemburuannya tak beralasan sebab Heidi memiliki keistimewaannya sendiri. Rebecca yang selalu diteriaki ibunya, Donnellyn memberitahu ibu Rebecca bahwa itu akan membuat Rebecca menjadi anak bermasalah nantinya. Shelby yang menutupi hubungannya dari ayahnya sebab ayah Shelby tidak ingin dia berpacaran karena masih 15 tahun. Donnellyn memberi pengertian jika dia menutupinya dari ayahnya jika dia bermasalah ayahnya tidak bisa banyak membantu. Katelyn yang ingin ayahnya melihatnya berlari tapi karena pekerjaan ayahnya yang seorang dokter sehingga ayahnya melewatkan setiap perlombaan yang diikuti Shelby. Donnellyn memberitahu kesedihan Shelby kepada ayah Shelby sehingga ayah Shelby mulai perhatian dengan anaknya. Dan Anna yang bimbang akan latihan dari Donnelly dan ayahnya yang menuntut Anna untuk berlari lebih cepat. Tapi Anna masih percaya dengan ucapan Donnellyn.

  • Para gadis tetap disuruh melakukan lari dengan lambat saat mengikuti lomba seperti dengan latihan yang telah mereka lakukan yang membuat orang tua dari para gadis dan orang disekitarnya merasa marah dan tidak percaya. 

  • Berkat kepercayaan dari kelima gadis pelari itu terhadap Donnellyn dan usaha keras meraka saat latihan lintas negara membuat Orange Hill yang tersisa Anna, Heidi, Rebecca, Shelby, dan Katelyn akhirnya mendapatkan kemenangan yang tidak mereka dapatkan pada perlombaan tahun lalu.

Permasalahan 

Pengaruh sosial bisa membuat seseorang merubah tingkah laku mereka untuk mengikuti tingkah laku yang serupa dalam sosialnya agar dianggap sama dan menjadi bagian dari lingkup sosial tersebut. Dan jika ada salah satu tidak sesuai dengan kebiasaan norma sosial yang ada mereka akan dikucilkan, dibenci, dan dijauhi. Seperti yang dilakukan Donnellyn yang membuat para gadis berlari lambat daripada berlari dengan sangat cepat seperti yang biasanya pelatih professional lakukan yang membuat Donnellyn dibenci, dijauhi, dan dihina.

Opini Saya

  • Kebanyakan orang memang memiliki kecenderungan mengikut gaya atau tingkah laku orang lain agar bisa dianggap sama, tetapi jika apa yang dilakukannya bisa berdampak negatif dan membuatnya tidak menjadi diri sendiri sebaiknya lebih mensortir lagi apa yang perlu dilakukannya dalam mengikuti tingkah laku orang lain.

  • Dalam ilmu psikolog ada fenomena bandwagon effect dimana seseorang suka mengikuti sesuatu yang lagi trend di ranah sosialnya. Bisa jadi hal negatif jika dilakukan tanpa memilahnya terlebih dahulu. Alangkah baiknya jika kita bisa menjadi diri sendiri dengan tidak harus mengikuti apa yang biasanya orang lain lakukan. Kita bisa membuat trend dan gaya yang positif yang nantinya bisa juga dinikmati orang lain dan diikuti dengan hal yang positif.

  • Perlu memiliki prinsip yang kuat dan jangan membiarkan orang lain bisa mempengaruhi keputusan kita. Sebagai orang dewasa kita harus bertanggung jawab atas diri da Tindakan kita sendiri.






0 komentar:

Posting Komentar