Kamis, 27 April 2023

MERINGKAS JURNAL

 

MERINGKAS JURNAL DAN OPINI SAYA TENTANG KURANGNYA KEPEDULIAN SOSIAL PADA GENERASI MUDA DAN PENGUATAN MELALUI EKSTRAKURIKULER RELAWAN

Essay 3

Psikologi Sosial

Febrianti Mutiara Ansik

22310420018

Dosen Pengampu : Dr., Dra. ARUNDATI SHINTA MA

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Topik

Generasi muda, krisis karakter, penguatan melalui ekstrakurikuler relawan.

Sumber

Muhamadi, S, I. & Hasanah, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Peduli Sesama Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Relawan. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 16(1), 1 Juni 2019, 95-114.

Permasalahan

Krisis karakter berupa kurangnya kepedulian social dikalangan generasi muda khususnya para pelajar perlu ditindak lanjuti sejak dini. Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung  yaitu dengan melakukan pendidikan karakter kepedulian terhadap sesama melalui pembelajaran dikelas dan di perkuat dengan adanya kegiatan ekstrakulikuler relawan yang bernama Al-Huda Volunteer.

Tujuan Penelitian

Untuk mendapatkan gambaran mengenai penguatan karakter peduli sesama dan untuk mengetahui hasil dari pembinaan karakter peduli sesama melalui kegiatan ekstrakulikuler yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung.

Isi

-    Kepedulian social yang merupakan karakter utama didalam diri setiap orang (khususnya para siswa) harus dididik dan dibantuk sejak dini seperti pembinaan moral dan pendidikan karakter yang diberikan oleh orang tua, sekolah dan masyarakat serta mengikutsertakan para generasi muda ini untuk turun langsung berpartisipasi dan membantu dilingkungan sekitarnya.

-    Para siswa di sekolah Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung menjadi relawan diwilayah sekitar sekolah yaitu dengan menjadi Volunteer yang diadakan oleh kegiatan ekstrakulikuler disekolahnya.

-    Kegiatan ekstrakurikuler disekolah ini bersifat pilihan sehingga siswa tidak merasa dipaksa dan banyak dituntut. Para siswa dapat secara mandiri mengembangkan karakter positif mereka.

-    Kegiatan ekstrakurikuler Al-Huda Volunteer ini dilaksanakan setiap hari kamis sepulang sekolah, Mulai pukul 14.00 - 16.00. Adapun materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan ini adalah materi penyelamatan darat, sungai, api dan lain-lain.

-    Selain kegiatan rutin mingguan berupa penyampaian materi, Al-Huda Volunteer juga memiliki kegiatan-kegiatan rutin lainnya, seperti bersih-bersih masjid, bersih-bersih sampah, bersih-bersih sungai dan lain-lain.

-    Mereka juga melakukan kegiatan insidental berupa penggalangan dana guna kemanusiaan maupun adanya musibah.

-    Tidak semua siswa dapat ikut serta dalam aksi penyelamatan di daerah terdampak bencana. Hal ini terkendala dengan jadwal sekolah mereka serta izin dari orang tua.

Metode

-    penelitian ini menggunakan metode studi kasus dilokasi penelitian dengan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini merupakan penelitian yang mengamati secara langsung orang-orang yang berada dilokasi serta ikut berinteraksi dengan mereka.

-    Penelitian ini bersifat natural setting, dengan teknik pengumpulan data triangulasi (gabungan) yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi.

-    Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan yaitu sejak bulan Mei – Oktober 2018 di Madrasah Aliyah Al-Huda Pameungpeuk Kabupaten Bandung karena sekolah ini adalah salah satu sekolah yang menyelenggarakan ekstrakurikuler yang berkaitan langsung dengan problem kepedulian dan lokasinya berada di pinggir sungai Cisangkuy yang mengalir ke sungai Citarum yang menjadi area terdampak banjir.

-    Validasi Data : Menggunakan lima teknik yakni: triangulasi, member checks, metode partisipatori, jurnal reflektif dan catatan pengambilan keputusan.

-    Realibilitas Data : Pada penelitian kualitatif reliabilitas ini sulit dipenuhi karena perilaku manusia senantiasa berubah-ubah

Hasil

-    Wawancara dengan kepala sekolah :

. Penanaman akidah dan akhlak yang baik selalu menjadi perhatian utama di sekolah ini.

. Mengenai Ekstrakurikuler Al-Huda Volunteer : Ekstrakurikuler ini didirikan karna beberapa alasan seperti sebagai bentuk kepedulian madrasah terhadap situasi dan kondisi sekitar, memberikan keterampilan kepada siswa untuk saling memberi bantuan, serta melatih siswa untuk memiliki rasa peduli dan perhatian terhadap sesama.

-    Wawancara dengan Pembimbing ekstrakurikuler Al-Huda Volunteer : ekstrakurikuler ini didirikan untuk menyiapkan para relawan yang siap sedia, serta Secara individual, Al-Huda Volunteer pun mampu mengubah siswa secara drastis. Karena dengan melalui ekstra kurikuler ini, siapa pun dapat berubah menjadi baik apalagi jika dihadapkan dengan bencana yang menimpa sesama.

-    Wawancara dengan Para siswa :

. mereka sudah sudah memahami tentang visi misi madrasah, terutama dalam membina akhlak dan karakter

. terkait ekstrakulikuler : mayoritas mereka mengatakan bahwa ekstrakurikuler ini mengajarkan mereka untuk bersedia membantu sesame tanpa mengharapkan apapun kecuali ridho Allah.

. terkait motivasi mereka untuk ikut ekstrakurikuler ini : beragam, seperti membantu sesama, cari pengalaman, belajar skill baru dan lain-lain.

. Faktor yang menurut mereka dapat mendukung penguatan karakter ini yaitu terutama adalah keteladanan para guru dan secara khusus yaitu adanya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, baik secara rutin maupun yang bersifat incidental.

-    Faktor penghambat dalam penguatan karakter peduli melalui ekstrakurikuler Al-Huda Volunteer adalah faktor dari luar seperti minimnya dana dan peralatan serta perizinan dari orang tua.

Diskusi

-    Pembinaan moral dan pendidikan karakter kepada generasi muda harus dididik dan dibina sejak dini, agar bisa mengurangi krisis karakter yang ada dinegri ini.

-    Adanya kegiatan yang bersifat positif dan mengutamakan visimisi kemanusiaan perlu diterapkan disekolah-sekolah di Indonesia, agar kelak generasi muda yang ada tidak krisis karakter terutama berupa kepedulian social.

-    Peran keluarga, Sekolah dan masyarakat juga harus ikut andil dalam pembentukan, pembinaan dan pendidikan karakter untuk generasi muda.

-    Kesadaran diri, jeli terhadap sesuatu yang terjadi disekitar kita juga perlu di perhatikan agar nantinya kita sebagai manusia yang bersosial bisa saling membantu untuk sesama.

 


0 komentar:

Posting Komentar